Saat kamu sudah bekerja dan memiliki penghasilan sendiri, tentu kamu mulai punya impian untuk bisa traveling ke tempat-tempat yang eksotis, punya mobil atau bahkan punya rumah sendiri. Tapi, bagaimana kalau penghasilanmu setiap bulan sepertinya hanya pas-pasan untuk mencukupi kebutuhan sehari-hari?

Jangan berputus asa dulu. Kamu bisa mulai mencoba mencari tambahan penghasilan lewat berbagai pekerjaan yang dapat dilakukan di waktu senggang. Uang ekstra yang kamu peroleh pun bisa kamu tabung atau investasikan demi mencapai impianmu.

Tertarik mulai mencari tambahan penghasilan? Berikut ini daftar pekerjaan yang bisa kamu coba:

1. Menjual Makanan Ringan atau Kue

Buat kamu yang masih kuliah, kegiatan ini bisa dilakukan di sela-sela waktu kuliahmu. Buat yang karyawan, kamu bisa melakukannya saat jam makan siang. Pekerjaan ini tidak terlalu merepotkan, apalagi jika melihat potensi keuntungannya yang bisa lumayan menambah tebal dompet kamu. Kamu enggak perlu repot membuat kue sendiri, cukup beli kue usaha rumahan di sekitar rumah kamu lalu jual lagi ke teman di kantor atau kampus. Sebagai contoh, kamu bisa membeli keripik pisang keju atau sambal dalam kemasan. Jika kamu dapat untung Rp5000 per bungkus dan bisa menjual 20 bungkus, kamu sudah mendapat untung Rp100.000. Lumayan, bukan?

2. Broker Properti

Menjadi perantara jual beli properti atau broker properti dapat kamu jalani saat libur di akhir pekan. Bisa juga kamu lakukan pada malam hari setelah kamu pulang kerja atau pulang kuliah. Agar menjadi broker properti yang terpercaya, kamu harus belajar mengenai pasar properti, mulai dari harga, peraturan hingga seluk beluk hukum pertanahan. Selain itu, utamakan kejujuran karena sikap jujur disukai semua orang, baik penjual yang mempercayakan propertinya untuk kamu pasarkan maupun calon pembeli.

3. Penerjemah

Pekerjaan sebagai penerjemah merupakan pekerjaan sampingan yang menyenangkan. Mengapa demikian? Karena kamu tidak perlu modal besar untuk mengerjakannya. Jika kamu memiliki komputer di rumah atau laptop, kamu bisa mengerjakannya di rumah. Tentu saja kamu perlu memiliki kemampuan bahasa asing. Untuk yang tidak terlalu menguasai bahasa asing, sekarang banyak aplikasi dan tools yang membantu menerjemahkan bahasa asing ke bahasa Indonesia. Kamu hanya tinggal menyesuaikan hasil terjemahan dari tools itu sesuai konteks bahasanya.

4. Buka Toko Online

Pekerjaan sampingan sebagai pedagang online kini banyak dilakukan orang. Seiring zaman yang serba digital, toko tidak harus berbentuk fisik, tetapi bisa dalam bentuk digital atau toko online. Cukup bermodalkan komputer dan jaringan internet, kamu bisa memasarkan barang dan jasa yang ingin kamu jual. Jangkauan pemasaran barang yang dijual pun jadi lebih luas dan efisien.

5. Penulis Lepas

Saat ini bertebaran banyak situs atau aplikasi berita yang bersedia membayar setiap tulisan yang kamu kirim. Bagi kamu yang memiliki hobi menulis, tentu menjadi penulis lepas di aplikasi berita ini merupakan kabar bagus karena bisa menambah kocek kamu.

6. Fotografer

Bagi kamu yang memiliki hobi fotografi sejak kuliah atau SMA, bisa menekuni lebih serius hobi kamu ini karena ternyata hobi ini bisa menghasilkan uang, lho. Kamu enggak harus punya studio foto untuk mendulang rupiah karena kamu bisa jadi fotografer untuk kegiatan-kegiatan seperti pesta pernikahan, acara perusahaan atau kegiatan lain yang memerlukan dokumentasi.

7. Menjadi Blogger

Kamu bisa juga mencoba peluang menjadi blogger untuk mendapat penghasilan tambahan. Namun, pendapatan dari blogging ini umumnya baru bisa didapat dalam jangka panjang. Syaratnya adalah trafficpengunjung yang banyak ke blog kamu. Semakin banyak pengunjung blog kamu, maka pendapatan kamu pun makin banyak.

Selamat mencoba!