Kamu pasti sudah enggak asing dengan istilah blogger dan blogging. Ternyata, hobi menulis di blog bisa jadi bisnis yang menghasilkan juga, lo. Contohnya pengalaman Miranti Andi Kasim dan Nike Prima yang mengelola blog LivingLoving.net sejak tahun 2013. Ide memulai blog yang berisi inspirasi dekor rumah, kerajinan tangan dan tren gaya hidup ini muncul dari minat Miranti dan Nike yang sama pada dekorasi rumah.

“Kami berdua memang senang melihat-lihat inspirasi seputar home decor. Dulu biasa baca di website luar negeri seperti Design Love Fest, DesignSponge, Apartment Therapy dan lain sebagainya. Lalu setelah menikah dan mulai mengisi rumah, kami kesulitan mencari info serupa di website yang ada di Indonesia. Akhirnya kami membuat Living Loving untuk sharing tentang info-info seputar home decor yang kami temukan,” kata Miranti.

Di awal mengisi blog, selain dari pengalaman pribadi, Miranti dan Nike juga melakukan riset kecil-kecilan pada teman-teman mereka mengenai gaya dekor rumah yang banyak disukai dan topik mendekor rumah yang ingin dicari. Selama tahun pertama, mereka rajin membagikan link blog pada teman-teman dan menanyakan masukan dari yang sudah membaca konten LivingLoving.net.

“Di awal itu tantangannya lebih ke mencari waktu untuk bekerja karena kami berdua rumahnya berjauhan. Ditambah waktu itu anak kami berdua baru berusia 6-7 bulan. Jadi kami kerja remote dari rumah masing-masing. Kalau perlu ketemuan, kami cari tempat di tengah kota lalu menghabiskan waktu seharian untuk koordinasi kerjaan,” beber Miranti.

Tak disangka, belum setahun setelah diluncurkan, pertumbuhan blog LivingLoving.net melesat cukup cepat. Pada saat itu memang belum banyak blog dan website lokal yang membahas khusus tentang inspirasi mendekor rumah dan kerajinan tangan. Kenaikan jumlah pengunjung blog pun membuat sejumlah brand meminta Miranti dan Nike menulis sponsored content.

Di tahun kedua, LivingLoving.net juga mulai mengadakan offline events dengan nama Living Loving Class (#LLClass) dan Afternoon Delight (#Llafternoondelight). Acara-acara tersebut biasanya berupa workshopatau talk show mulai dari cara mendekor rumah dan membuat kerajinan tangan sendiri hingga tren gaya hidup lainnya. Sponsored content dan offline events kemudian menjadi sumber pemasukan utama LivingLoving.net.

Sekarang, LivingLoving.net yang bermodal awal Rp1 juta ini sudah memperoleh 80 ribu pageview per bulan dan punya sekitar 72 ribu follower di media sosial mereka. Dari mengerjakan blog hanya berdua, kini Miranti dan Nike sudah dibantu sebuah tim yang terdiri dari 11 orang termasuk lima kontributor konten tetap. Untuk pembagian kerja di antara keduanya, Nike menjadi Creative Director dan berhubungan dengan klien untuk urusan sponsored content dibantu satu orang client relation. Sementara Miranti bertindak seperti Editor-in-Chief yang mengontrol kualitas konten, baik untuk artikel di website maupun di media sosial. Karena kegiatan dan properti LivingLoving.net makin banyak, di tahun kedua mereka pun mulai mengelola blog dari sebuah kantor merangkap studio di daerah Cipete, Jakarta Selatan.

Apa kunci sukses LivingLoving.net sehingga bisa bertahan dan berkembang seperti sekarang?

“Kalau ditanya seperti ini, bingung juga menjawabnya he he he. Tapi selama ini yang kami lakukan adalah mengerjakan hal yang memang kami suka. Jadi pekerjaan pun enggak terasa jadi beban. Dan kami selalu mencoba melihat segala sesuatu dari sisi pembaca dan peserta workshop. Untuk artikel, selain inspiratif kami juga buat seinformatif mungkin. Kalau ada rekomendasi tempat membeli produk sekalian kami beri link agar pembaca bisa langsung klik dan mengecek produknya. Lalu ada perkiraan harga, dan sebagainya,” ujar Miranti.

“Begitupun untuk offline events seperti workshop. Kami memikirkan bagaimana agar peserta merasa terakomodir. Misalnya dengan menyediakan semua alat dan bahan sehingga mereka enggak perlu bawa apa-apa lagi. Kami juga menjaga peserta maksimal 15 orang agar tutor bisa membantu setiap peserta dengan lebih intens. Intinya lebih memikirkan bagaimana cara untuk memberikan consumer’s experienceyang baik,” tambah Nike.

Jadi, buat kamu yang blogger dan ingin menjadikan blog kamu sebagai sebuah bisnis, peluangnya sangat besar, bukan? Yuk, wujudkan mimpimu sekarang juga!

Tips Membuat Konten Blog dari Miranti dan Nike:

1. Tulislah sesuatu yang memang kamu suka. Bila suka dengan subjeknya, kamu akan lebih mudah menuliskan topik-topik yang detail pada pembaca.

2. Atur konten menjadi beberapa kategori dalam blog sehingga lebih mudah dibaca.

3. Posting konten secara konsisten misalnya 2-3 kali seminggu untuk mempertahankan loyalitas pembaca.