Investasi memang sebaiknya dilakukan sejak muda supaya bisa mendapat hasil maksimal di masa tua. Tapi kamu pastinya tidak suka sesuatu yang rumit, ribet dan tak bisa lepas dari gadget. Untuk berinvestasi pun kamu juga tentu lebih menyukai yang prosesnya simpel tapi aman atau bisa dipantau setiap hari tanpa harus datang ke perusahaan yang menawarkan produk investasi.

Sejak beberapa tahun belakangan, banyak bermunculan aplikasi online yang menawarkan beragam jenis investasi. Dengan adanya website atau aplikasi tersebut, kamu sudah bisa membeli produk investasi secara online serta bisa mengakses portofolio investasi secara mudah dan cepat.

Tertarik menggunakannya? Berikut ini beberapa jenis aplikasi investasi online yang bisa kamu pilih untuk menambah pundi-pundi uangmu di masa depan.

Aplikasi investasi reksa dana

Seiring dengan perkembangan teknologi, kini hadir supermarket reksa dana online non-bank yang bisa memudahkan kamu membeli reksa dana sesuai kebutuhan. Misalnya POEMS ID dari Phillip Securities Indonesia yang menawarkan ProFund dengan jumlah produk reksa dana lebih dari 100, terdiri dari reksa dana saham, campuran, pendapatan tetap, pasar uang dan indeks yang berasal dari lebih 20 Manajer Investasi.

Selain POEMS ID, ada Bareksa dari PT Bareksa Portal Investasi, yang juga menjual ratusan jenis produk reksa dana, seperti reksa dana saham, campuran, pendapatan tetap, pasar uang dan indeks dari banyak Manajer Investasi.

Ada juga BRAVO – portal jual beli reksa dana online yang dikeluarkan oleh Valbury. Lewat BRAVO kamu bisa langsung memesan dan menjual kembali reksa dana, mengecek saldo dan catatan transaksi setiap hari hanya dengan mengunakan smartphone. Menariknya lagi, dengan BRAVO kamu juga bisa melakukan pembelian awal reksa dana hanya dengan Rp100.000 dari kocekmu.

Aplikasi investasi dan trading saham

Saat ini banyak perusahaan sekuritas yang menyediakan fasilitas untuk memudahkan nasabahnya bertransaksi saham. Salah satunya adalah aplikasi investasi dan trading saham online, sehingga transaksi saham bisa dilakukan di mana saja. Aplikasi berbasis online ini membantu investor mengetahui kondisi pasar secara real time.

Beberapa aplikasi tersebut di antaranya IPOTGO dari Indo Premier Sekuritas, POEMS ID (Phillip’s Online Electronic Mart System) dari Phillip Sekuritas Indonesia, Esmart dari BNI Securities, dan MOST Mobile dari Mandiri Sekuritas.

Kamu juga bisa mencoba aplikasi Valbury OnLine Trading atau sering disebut VOLT. Aplikasi yang satu ini akan membuat data kamu lebih aman dari para hacker. Yup, VOLT menggunakan sistem multiple gatewaydan server yang terpisah, sehingga tidak perlu khawatir datamu akan dicuri. Pembukaan rekening pun lebih mudah karena dilakukan secara online dan ada fasilitas free trial untuk 30 hari.

Aplikasi investasi emas

Sekarang kamu juga bisa investasi emas secara online, tanpa perlu repot datang ke tempat atau perusahaan penjual emas. Kamu tinggal download aplikasinya, membuka virtual account dan berinvestasi emas di mana pun dan kapan pun kamu mau.

Salah satu aplikasi untuk investasi ini adalah E-Mas yang diluncurkan perusahaan Orori selaku penyedia jasa jual dan beli emas secara online. Ada tiga fitur utama di aplikasi E-mas yakni beli emas, jual emas, dan ambil emas. Di sini, kamu bisa beli emas mulai dari 0,02 gram. E-mas pun memberikan kemudahan dalam pembayaran dari beberapa bank melalui ATM, mobile banking dan internet banking.

Selain itu, ada IndoGold dari PT Sinar Rezeki Handal yang menjual dan membeli emas atau perak. Produk yang ditawarkan adalah emas logam mulia PT Aneka Tambang (Antam), emas logam mulia PT UBS serta perak.

Ada juga Tamasia, sebuah aplikasi yang memungkinkan penggunanya membeli emas batangan Antam secara online dengan konsep syariat. Nasabah bisa membeli emas mulai dari 1 gram hingga 100 gram dengan cara mencicil.

Peer to Peer Lending atau P2P Fintech Lending

Kedengarannya memang agak asing di telinga masyarakat karena investasi ini merupakan barang baru di Indonesia. Singkatnya, fintech lending adalah sebuah wadah atau perusahaan yang mempertemukan para pemberi pinjaman alias investor dengan pencari pinjaman.

Aplikasi investasi ini misalnya Koinworks. Lewat aplikasi ini hanya dengan Rp100 ribu, kamu sudah bisa berinvestasi di fintech lending. Imbal hasil investasi yang ditawarkan pada pemberi pinjaman bervariasi dari tinggi hingga rendah, tergantung kategori risiko profil peminjam.

Selain itu, ada Investree dari PT Investree Radhika Jaya, yang menjadi penghubung pemberi pinjaman dan peminjam meliputi pendanaan dari individu, organisasi, maupun badan hukum kepada individu atau badan hukum tertentu.

Nah, mana aplikasi investasi online yang paling cocok untukmu?