Traveling bisa menguras isi dompetmu, tapi dengan perencanaan yang matang, kamu dapat menekan anggaran dan tetap bisa jalan-jalan meski hanya punya budget terbatas. Cek lima pos pengeluaran terbesar yang bisa kamu hemat saat traveling ini.

Hemat Pengeluaran Liburan

Tiket pesawat

Jika kamu bisa fleksibel menentukan tanggal liburan, peluang untuk mendapatkan tiket penerbangan murah akan lebih besar. Harga tiket penerbangan di tengah minggu seperti pada hari Selasa dan Rabu biasanya lebih murah dibandingkan di akhir pekan.

Bila merencanakan liburan beberapa bulan sebelumnya, kamu juga masih sempat memantau fluktuasi harga tiket dan memesan tiket saat harga sedang turun atau sedang ada promosi dari maskapai penerbangan.

Banyak aplikasi dan website pemesanan tiket pesawat yang bisa kamu pakai untuk membandingkan harga tiket. Setelah membandingkan lewat aplikasi, coba cek harga tiket langsung di website maskapai penerbangan. Terkadang maskapai memberikan diskon harga yang lebih murah bila memesan langsung lewat website atau aplikasi maskapai tersebut.

Akomodasi

Selain menginap di budget hotel dan hostel, ada sejumlah cara yang bisa kamu lakukan untuk menghemat biaya akomodasi selama liburan. Jika kamu bepergian dengan keluarga atau sejumlah teman, menyewa apartemen adalah pilihan yang lebih murah dibandingkan menyewa beberapa kamar di hotel.

Bila kamu cukup merasa nyaman menginap di rumah orang yang baru dikenal, kamu bisa ikut komunitas traveler seperti Couchsurfing. Komunitas ini menghubungkan traveler dengan warga lokal di kota tujuan yang menawarkan tempat menginap bagi para traveler di rumah mereka.

Tipe penginapan bed and breakfast pun biasanya menawarkan harga yang lebih murah. Kadangkala pemilik bed and breakfast juga tinggal di rumah yang mereka sewakan sebagai penginapan. Tak hanya memperoleh penginapan murah, menginap di rumah warga lokal pun bisa kamu manfaatkan untuk lebih mengenal budaya setempat.

Konsumsi

Jika hotelmu tidak menyediakan sarapan, beli buah-buahan atau menu sarapan ringan lain yang praktis seperti roti. Alih-alih membeli air mineral saat sedang bepergian, bawa botol minummu sendiri. Cara-cara ini cukup bisa menghemat pengeluaran konsumsimu.

Bila kamu menginap di apartemen atau penginapan bed and breakfast yang menyediakan peralatan memasak, kenapa tidak memasak sendiri? Membeli bahan makanan di pasar lokal dan memasak sendiri akan jauh lebih hemat ketimbang makan di luar.

Hindari juga bersantap di tempat wisata, karena harga makanan pasti akan lebih mahal. Coba cari tempat makan satu atau dua blok agak jauh dari situ untuk mencari pilihan harga makanan yang lebih murah.

Transportasi lokal

Sejumlah kota tujuan wisata mengeluarkan tourism card yang bisa dipakai untuk transportasi umum dan tiket masuk ke tempat-tempat wisata. Manfaatkan diskon yang diberikan dengan menggunakan tourism card tersebut. Di sejumlah tempat wisata, kamu juga bisa menyewa sepeda atau motor yang akan menghemat pengeluaran transportasimu.

Jika lokasi tempat-tempat wisata yang jadi incaranmu berdekatan dan masih bisa ditempuh dengan berjalan kaki, lakukan pilihan ini. Dengan berjalan kaki, kamu bisa lebih menikmati suasana kota, mengamati kebiasaan warga lokal dari dekat bahkan dapat berbincang-bincang dengan mereka untuk menyelami budaya setempat.

Tiket atraksi wisata

Jika kamu ingin mengunjungi sebuah tempat wisata yang populer, membeli tiket masuknya lewat websitetempat wisata tersebut jauh hari sebelum tanggal kedatanganmu biasanya akan lebih murah. Tempat wisata juga sering menawarkan diskon tiket dengan pembelian menggunakan kartu kredit atau debit yang bekerja sama.

Cek juga penawaran diskon tiket atraksi wisata lewat berbagai aplikasi traveling. Selain mengunjungi tempat wisata yang populer, banyak kegiatan menarik yang bisa kamu lakukan dengan gratis. Misalnya saja mengunjungi tempat-tempat publik seperti taman atau pameran seni gratis di museum. Lakukan riset melalui internet untuk mencari kegiatan gratis di kota tujuan wisata sebelum tanggal keberangkatanmu.

Jadi, traveling tidak harus mahal, bukan? Happy traveling, guys!