Mudik menjadi tradisi yang sangat lekat pada masyarakat perantau di Indonesia. Sejauh mana pun mereka pergi mencari sesuap nasi atau pun ilmu, pasti menyempatkan diri kembali pulang ke kampung halaman untuk bersilaturahmi, terutama di hari-hari penting seperti hari raya Idul Fitri, Natal, bahkan juga tahun baru.

Buat mereka yang mengandalkan mudik dengan pesawat terbang, pengeluaran untuk membeli tiket menjadi sangat besar dibanding pemudik dengan mengunakan kendaraan pribadi atau moda transportasi lainnya. Maklum, liburan yang datang secara bersamaan membuat harga tiket laris manis bak kacang goreng meskipun harganya melangit.

Tips Tiket Murah untuk Mudik

Sebenarnya pengeluaran besar untuk membeli tiket itu bisa saja dicegah. Bahkan, ada kemungkinan mendapatkan tiket dengan harga yang lebih miring.

Nah, buat kamu yang kebetulan mudik dan mengandalkan pesawat terbang, lakukan enam trik berikut ini.

Beli lebih awal

Membeli tiket pesawat menjelang liburan tiba ibaratnya merogoh kocek lebih dalam, karena harganya pasti sudah “maksimal” mahalnya. Baiknya kamu membeli tiket pesawat lebih awal. Kalau bisa beberapa bulan sebelum libur tiba. Jadi sangat penting untuk tahu kapan kamu mulai libur. Siapa tahu kamu beruntung mendapatkan tiket harga promo yang pastinya lebih “miring” dibandingkan harga normal.

Sebelum membeli, pastikan kamu membandingkan harga beberapa maskapai di hari rencana terbang, karena semua maskapai biasanya punya harga berbeda.

Kunjungi Travel Fair

Beberapa maskapai di Indonesia sering mengadakan travel fair, yang biasanya menawarkan tiket dengan harga sangat rendah.

Tetapi kamu harus super jeli dalam waktu berkunjung dan bertransaksi. Misalnya saja datang ketika Happy Hour, saat harga tiket bisa diskon sampai 80 persen. Di waktu biasa harga tiket paling hanya diskon 30 persen.

Sebelum datang ke travel fair sebaiknya kamu tahu betul harga tiket normal menuju destinasi yang kamu inginkan, jadi kamu terhindar dari membeli tiket yang harganya tidak jauh beda dari harga normal.

Pilih Maskapai Full Service

Apa usulan ini tidak salah? Tenang, ada penjelasannya, kok.

Buat kamu yang terbiasa mudik dengan maskapai ber-budget murah atau LCC (Low Cost Carrier), mungkin tidak ada salahnya membeli tiket penerbangan yang full service. Bukan apa-apa, menjelang libur panjang, rata-rata harga tiket maskapai LCC justru sangat tinggi dan sering mengalahkan maskapai full service.

Masalahnya banyak pemudik yang berpikir kalau maskapai full service pastinya lebih mahal, sehingga mereka malas mengecek dan membandingkan harga tiket.

Seringkali maskapai full service justru menawarkan promo liburan yang belum tentu ditawarkan maskapai LCC. Kalau kamu beruntung, bisa saja kamu terbang dengan maskapai full service dengan harga yang sama dengan maskapai ber-budget murah!

Beli Secara Online

Yups, sekarang kamu bisa membeli tiket secara online lewat aplikasi atau pun langsung ke websitemaskapainya. Kamu akan punya banyak pilihan karena harga ditawarkan beraneka ragam. Bukan rahasia lagi kalau pemesanan tiket melalui online sering kali lebih lebih murah dibandingkan kamu mendatangi booth atau kantor maskapai yang bersangkutan.

Ada maskapai yang menawarkan tiket sangat-sangat murah beberapa bulan sebelum penerbangan. Bahkan adakalanya juga menawarkan ratusan kursi gratis! Para pemudik pastinya diuntungkan dengan promosi via online seperti ini.

Pilih Penerbangan yang Terakhir atau Paling Pagi

Waktu penerbangan ternyata berpengaruh juga pada harga tiket, lo. Jadi untuk lebih menghemat ongkos, kamu bisa memilih berangkat dengan penerbangan paling pagi atau penerbangan terakhir karena tiketnya pasti lebih “miring”.

Penerbangan yang diminati banyak orang biasanya yang tidak terlalu pagi atau pun terlalu malam, sehingga harga tiket pesawat untuk jam tersebut sudah pasti cukup tinggi.

Update Promo Maskapai

Semua maskapai penerbangan biasanya memiliki website yang memberikan informasi soal promo dan diskon. Kamu bisa meluangkan waktu untuk mengecek website maskapai langgananmu secara teratur, kalau-kalau mereka mengeluarkan promo tiket murah yang kamu butuhkan.

Selain lewat website, kamu bisa tetap update dengan mengikuti media sosial atau berlangganan newsletter maskapai.

Selamat berburu tiket murah!