Investasi ternyata bukan saja berbentuk surat berharga, saham atau pun emas. Banyak juga investasi berdasarkan hobi atau koleksi kesayangan yang setelah beberapa waktu disimpan malah membuat kocekmu makin tebal.Tentu kamu masih ingat demam batu akik beberapa tahun yang lalu, saat orang banyak berburu batu akik aneka rupa. Yang beruntung tentu saja para ‘akikers’ (sebutan untuk para penyuka batu akik) yang sudah mengumpulkan baru akik sejak dulu. Mereka mendulang keuntungan kinclong dari batu akik koleksi yang berhasil dijual dengan harga mahal.Kamu cukup beruntung masih memiliki waktu panjang untuk mengumpulkan benda-benda koleksi. Namun pastikan koleksi tersebut bisa menguntungkanmu nanti, alias bukan sekadar benda koleksi.Berikut lima koleksi barang unik yang patut kamu pertimbangkan karena bisa dijadikan investasi masa depan:

Uang Lama

Seperti bank sentral lain di dunia, Bank Indonesia kerap mengeluarkan uang kertas baru. Kamu bisa mengumpulkan uang kertas edaran lama yang meskipun tidak berlaku dimana-mana namun memiliki nilai tinggi di masa depan.Misalnya saja, uang kertas Rp100 yang bergambar perahu Pinisi keluaran tahun 1992 kini dihargai hingga Rp5 juta rupiah! NIlainya bisa makin tinggi di masa yang akan datang karena pecahan Rp100 kini hanya bisa ditemui dalam bentuk koin, tidak lagi uang kertas

Perangko

Perangko menjadi benda antik karena masyarakat sekarang cenderung mengirim surat melalui e-mail. Ke depannya, prangko akan semakin mahal dan menjadi barang langka. Terutama karena banyak gambar dalam prangko memiliki sejarah yang tidak bisa diulang.Salah satu prangko termahal adalah prangko dari Inggris yang diterbitkan tahun 1856. Prangko ini dilelang dengan harga Rp126 miliar!Kalau kamu hobi mengumpulkan prangko, baiknya hobi tersebut diteruskan karena prangko akan bisa memperkaya kamu.

Lego

Siapa sangka mainan bongkar pasang ini memiliki nilai tinggi di kemudian hari. Tetapi bukan sembarang Lego, lo.Biasanya Lego yang nanti akan mendatangkan keuntungan adalah jenis Lego yang berseri khusus dan dikeluarkan dengan jumlah terbatas alias eksklusif. Salah satu contohnya adalah Lego seri Mr Gold yang dikeluarkan hanya 5000 buah di seluruh dunia. Saat diluncurkan, bila dirupiahkan harga Mr Gold adalah Rp40.000, dan kini Lego seri itu harganya sudah mencapai Rp17 juta.

Mobil Antik

Kalau kamu pengila otomotif, mengoleksi mobil antik bisa menjadi investasi masa depanmu. Menurut penelitian Historic Automobile Group International (HAGI), investasi mobil klasik malah lebih menguntungkan dibandingkan investasi mainstream sekarang misalnya lukisan dan anggur.Salah satu mobil antik termahal dalam sejarah adalah mobil jenis Ferrari 250 GT SWB California Spyder. Mobil ini memang dibuat beberapa unit saja dan memiliki desain cantik di kelasnya. Informasi terakhir mobil ini dijual dengan harga Rp245 milyar!Kalau kamu berminat berinvestasi dengan mobil antik, pastikan mobil tersebut masih mulus dan mesinnya juga terawat baik.

Buku

Buat kamu yang hobi membaca buku, mungkin saatnya untuk menjadikan buku sebagai koleksi investasi masa depan. Benar, buku bukan hanya memberimu pengetahuan melainkan juga aset berharga. Buku akan menjadi bahan langka di masa depan karena teknologi memudahkan orang membaca buku dalam bentuk digital. Bisa jadi di masa yang akan datang kita tidak lagi mudah menemukan buku.Tentu saja buku yang dikoleksi bukan buku sembarangan alias asal-asalan. Buku yang bisa jadi investasi biasanya buku yang jenisnya “special edition”, terbitan pertama, atau ditulis orang terkenal. Buku yang paling mahal dalam sejarah peradaban dunia adalah Codex Leicester yang terjual US$30,8 juta atau sekitar Rp444 miliar. Buku setebal 72 halaman itu berisi buah pikiran seniman sekaligus ilmuwan Leonardo Da Vinci yang ditulis antara tahun 1506 hingga 1510. Pemilik buku keren tersebut adalah pendiri Microsoft Bill Gates.Kalau kamu mau berinvestasi dengan benda koleksi, kamu harus tetap menjaga barang koleksimu tetap bagus dan terjaga. Semoga menginspirasi, ya.