Perkembangan teknologi yang semakin canggih membuat hidup manusia semakin mudah dan efisien. Ini juga yang dirasakan ketika melakukan kegiatan investasi.

Ya, melalui investasi online, investor lebih mudah untuk meraih keuntungan. Investor tak perlu repot-repot datang ke suatu tempat untuk melakukan aktivitas investasi. Kini dengan cara modern, investor hanya cukup mengakses internet di mana pun dan kapan pun.

Sayangnya walau investasi online terbilang mudah, namun sebagian orang justru masih enggan melakukannya, terutama investor newbie meski mereka melek teknologi. Itu karena beberapa di antara mereka masih belum paham soal investasi atau merasa bingung lantaran belum terbiasa melakukan investasi secara online hingga takut terjebak investasi bodong karena beberapa kasus penipuan dilakukan secara online.

Nah, supaya kamu sukses berinvestasi secara online, berikut ini beberapa hal yang perlu diperhatikan.

1. Menentukan Jenis Investasi

Investasi online punya beragam jenis seperti saham, reksa dana, emas, valuta asing, uang virtual, dan P2P Lending. Dengan banyaknya jenis investasi online tersebut, tips pertama yang harus kamu lakukan sebelum memutuskan investasi online adalah menentukan jenis investasi yang diinginkan atau dibutuhkan.

Ketahui dan kenali terlebih dahulu jenis investasi tersebut dengan baik, mulai dari keuntungan yang diberikan hingga potensi risiko yang bakal dihadapi kelak. Sebab, keuntungan yang diperoleh berkorelasi dengan risikonya. Semakin tinggi keuntungan yang didapat, makin besar risiko yang dihadapi dan sebaliknya.

Ada baiknya membandingkan tingkat risiko dari masing-masing jenis investasi yang ditawarkan secara online, lalu pilih yang sesuai dengan kesanggupan kamu. Dengan begitu, kamu siap dan tak akan kaget ketika risiko itu terjadi di kemudian hari.

2. Memilih Broker

Karena investasi dilakukan secara online maka broker dalam investasi ini pun tak terlihat wujud fisiknya lantaran tak ada aktivitas bertatap muka antara broker dan investor. Untuk itu, sangat penting mengetahui calon broker yang akan mengelola dana yang kamu investasikan secara online.

Agar dana yang kamu investasikan terkelola dengan baik dan menghasilkan keuntungan sesuai harapan, pilih broker dari perusahaan yang terdaftar dan terpercaya serta memiliki pengalaman di bidangnya.

3. Cari Tahu Skema Investasi yang Dijalankan

Jika telah menunjuk broker yang akan mengelola dana kamu, sebaiknya ketahui secara jelas dan mendalam bagaimana skema atau program investasi tersebut dijalankan demi keamanan dan kenyamanan berinvestasi. Ini tak akan sulit karena broker terpercaya biasanya memiliki skema investasi yang jelas untuk para investornya.

Selain itu, sebaiknya kamu juga jeli dan tanggap terhadap sesuatu hal yang terasa aneh atau janggal saat menjalankan skema investasi. Jika itu terjadi, langsung tanyakan kepada brokermu demi menghindari hal-hal yang merugikan dan tidak diinginkan.

4. Variasikan Investasi

Berinvestasi sebaiknya jangan hanya pada satu jenis produk, tetapi tersebar ke beberapa produk investasi demi menghindari risiko tinggi. Karena itu, memiliki portofolio investasi yang bervariasi atau diversifikasi investasi sangat disarankan karena dapat mengurangi risiko.

Misalnya, jika kamu berinvestasi hanya pada satu saham suatu perusahaan maka ketika saham itu mengalami penurunan nilai sangat dalam atau anjlok mengakibatkan portofolio menanggung beban sehingga kerugian yang didapat sangat tinggi. Namun jika investasi dilakukan secara bervariasi, misal pada saham dari dua atau tiga perusahaan berbeda maka risikonya jadi lebih tersebar dan minimalis lantaran jika salah satu saham anjlok, saham lainnya kemungkinan akan naik nilainya.

5. Minta Bantuan Ahli

Ada baiknya kamu mempertimbangkan bantuan dari ahli di bidang investasi, terutama bagi investor newbie yang masin membutuhkan bimbingan untuk berinvestasi yang benar dan menguntungkan. Saran dan rekomendasi dari ahli tersebut bisa membantu mengindentifikasikan dan mengevaluasi peluang investasi yang menarik untuk diikuti.

Kamu bisa mengikuti berbagai pelatihan, workshop atau seminar terkait produk dan investasi online. Dengan rajin mengikutinya, kemampuanmu berinvestasi pasti akan terasah.

6. Review Program Investasi

Jangan pernah malas melakukan review kembali terhadap program investasimu untuk menghindari kerugian yang pernah dialami. Ubah strategi berinvestasi jika cara atau jenis investasi yang dipilih merugikan atau berdampak buruk.

Dengan rajin melakukan review serta menerapkan strategi dan mengambil keputusan yang tepat, kamu bakal sukses berinvestasi secara online.

Tentu saja, sebelum melakukan investasi, kamu harus terlebih dahulu memahami secara benar dan menyeluruh tentang produk investasi yang menjadi pilihanmu. Pelajari dengan detail karena setiap produk investasi memiliki kelebihan dan kekurangan. Boleh juga bertanya langsung pada mereka yang pernah melakukan jenis investasi yang menjadi incaranmu. Dengan banyaknya informasi yang kamu dapat, tentu saja berinvestasi jadi lebih mudah.

Selamat berinvestasi online!