Liburan kini menjadi kebutuhan banyak orang. Buktinya, saban akhir pekan atau hari libur nasional lainnya, tak ada tempat rekreasi sepi.

Liburan juga tak melulu harus pada tanggal merah. Mereka yang bekerja kerap mengambil cuti untuk bisa melakukan libur panjang. Tak cuma di dalam negeri, tapi juga ke luar negeri.

Di tengah melorotnya nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (US$) ke level mendekati Rp14.500 sudah pasti memengaruhi pengeluaran kamu saat memilih liburan ke luar negeri. Meski demikian, hal itu jangan sampai membuat rencana liburanmu berantakan. Cukup menyiasatinya dan tahu triknya, liburan di luar negeri pun tetap bisa dilakukan.

Berikut ini tips hemat traveling ke luar negeri yang bisa kamu coba supaya kantong tetap aman meski dolar tengah mahal.

Pilih Negara Tujuan

Jika ingin menghemat anggaran di saat dolar sedang melonjak tinggi, sebaiknya pilih negara tujuan yang tidak terlalu jauh, yang tidak menggunakan mata uang dolar atau mata uang di negara itu lebih bersahabat atau lebih rendah dari rupiah. Misalnya, di negara-negara kawasan ASEAN atau Asia Tenggara.

Selain negara ASEAN, mengunjungi negara bebas visa seperti Hong Kong, Macau atau Maldives juga perlu menjadi pertimbangan. Alasannya, selain tak dikenai biaya visa yang cukup besar, kamu juga bisa menghemat bila ingin mengunjungi sejumlah negara sekaligus dalam sekali traveling.

Pilih Waktu yang Tepat

Pilih waktu yang tepat untuk traveling ke luar negeri demi menekan pengeluaran. Jangan pilih high seasonatau di waktu liburan lantaran harga tiket pesawat, tiket masuk destinasi wisata hingga penginapan bisa lebih mahal. Kamu juga tidak akan menikmati liburan karena tempat rekreasi akan dipadati pengunjung.

Meski harus mengorbankan jatah cuti supaya bisa traveling di hari biasa, cara ini bisa memangkas pengeluaran karena biasanya perbedaan harga saat high season dan low season cukup besar.

Berburu Tiket Promo

Jika anggaran terbatas, sebaiknya berburulah tiket pesawat murah atau promo dari travel agent jauh-jauh hari. Sering-seringlah mencari informasi melalui internet atau situs maskapai dan travel agent yang terpercaya.

Selain itu, kamu juga bisa mengunjungi travel fair karena biasanya di acara itu banyak promo yang diberikan, baik diskon tiket pesawat, penginapan hingga tur ke luar negeri.

Baca juga: Dari Hobi Blogging Jadi Bisnis yang menjanjikan

Penginapan Murah

Biaya terbesar saat liburan, selain tiket perjalanan, juga penginapan. Karena itu, carilah penginapan murah jauh-jauh hari untuk mendapatkan harga yang murah dengan kualitas yang cukup baik.

Sebaiknya, hindari memilih penginapan yang dekat dengan tempat wisata karena harganya sudah pasti lebih mahal. Cari penginapan yang lebih dekat dengan fasilitas transportasi publik untuk memudahkan jalan-jalanmu.

Transportasi Publik

Jika penginapan dekat dengan fasilitas transportasi publik, maka menggunakannya memang jauh lebih murah dibanding menyewa kendaraan atau naik taksi. Kamu bisa menggunakan bus, kereta atau MRT.

Namun jika memilih transportasi publik, sebaiknya ketahui jadwal operasi transportasi di kawasan tersebut. Bisa bertanya kepada petugas atau melihat jadwal atau papan petunjuk di lokasi fasilitas transportasi, sehingga tak membuang-buang waktu serta aman saat pergi dan kembali ke penginapan.

Pilih Makanan yang Terjangkau

Meski kamu ingin selalu mencoba kuliner di tempat yang dikunjungi, namun ada baiknya tidak makan di restoran atau kafe lantaran harganya yang cukup mahal. Bawa botol minum isi ulang untuk menghemat membeli air selama perjalanan.

Kamu bisa memilih street food dengan harga relatif terjangkau dan nikmati suasana jajan di jalanan. Selain makanan, biasanya juga ada barang lain yang dijual di lokasi street food, seperti pakaian, tas dan oleh-oleh dengan harga bersahabat. Jangan membeli oleh-oleh di bandara saat akan kembali ke negara asal karena harganya jauh lebih mahal.

Pergi Bersama Teman

Jika tak ingin biaya membengkak ketika traveling ke luar negeri, sebaiknya jangan pergi sendiri. Lebih baik kamu mengajak beberapa teman agar pengeluaran, seperti penginapan dan makan bisa dibagi bersama. Selain bisa cost-sharing, kamu juga punya teman berbagi suka dan duka selama dalam perjalanan.

Baca juga: Modal Bisnis Tak Harus Berupa Uang

Buat Rencana Perjalanan

Terpenting sebelum melakukan traveling ke luar negeri adalah membuat rencana perjalanan dengan baik jauh-jauh hari, termasuk kegiatan dan itinerary. Selain dapat mengestimasi biaya, akan jadi panduan buat kamu untuk jalan-jalan sesuai jadwal.

Terakhir, jangan lupa sesuaikan keuangan dengan rencana perjalanan dan siapkan dana cadangan untuk mengantisipasi hal-hal di luar dugaan agar traveling kamu di luar negeri lancar dan menyenangkan. Selamat berlibur!