Kamu pasti sering mendengar tajuk kisah sukses yang berbunyi “Dari Hobi Jadi Bisnis”. Biasanya saat kita menjalankan hobi, ada perasaan senang dan puas. Dari sinilah kemudian muncul semangat positif, yang jika diasah, akan memberi manfaat sangat baik bagi kehidupan, termasuk peluang sumber penghasilan tambahan.

Jika kamu bingung memulainya, mungkin lima ide di bawah ini bisa membantu menemukan peluang sumber penghasilan baru yang menjanjikan.

Baca juga: Hafmi Adhityo, Kenalkan Kopi Berkarakter

1. Buat Film Sendiri

Terdengar mustahil? Tidak juga. Dengan kemajuan teknologi yang semakin pesat, kamu bisa menyutradarai sebuah film sederhana dengan bantuan gadget seperti ponsel dan kamera saku. Hal terpenting adalah bagaimana kamu menuangkan dengan baik ide cerita ke dalam potongan-potongan video yang apik, baik dari segi pengambilan gambar maupun penyuntingannya.

Jika sudah tahu jenis video yang akan diproduksi dan cara mengolahnya, selanjutnya  kamu bisa upload ke media sosial. Semakin menarik film yang dibuat, maka akan semakin besar pula kesempatan kamu memperoleh viewer dan mendapat penghasilan tambahan.

2. Berkebun

Aktivitas berkebun nyatanya telah mengalami peningkatan minat yang tinggi dalam beberapa tahun terakhir. Bahkan, kegiatan berkebun juga disebut sebagai alternatif pereda stres bagi masyarakat modern. Tidak heran jika kemudian mudah ditemukan komunitas dan bahkan pedagang tanaman kebun di berbagai tempat, tidak terkecuali viral di jagat maya.

Menariknya lagi, berkebun juga bisa mendorong penambahan sumber penghasilan bagi kamu. Jika kamu bisa membuktikan tanaman yang ditanam berkualitas baik, maka bukan tidak mungkin akan laku di pasaran. Cobalah untuk mulai menawarkannya pada teman atau tetangga sekitar. Setelah terlihat respon positifnya, kamu bisa melanjutkan berjualan melalui media sosial atau situs marketplace.

3. Jual Kreasi Dapur

Kamu yang hobi membuat kue atau memasak bisa mulai menawarkan kreasimu untuk mendapatkan penghasilan tambahan. Misalnya mulai dengan menitipkan produk kuemu ke penjual kue atau kudapan di pasar dan ruko perumahan. Perhatikan kualitas bahan baku dan hasil kreasi yang konsisten, supaya kuemu banyak diminati konsumen.

Hobi berkreasi di dapur termasuk peluang bisnis sampingan yang tidak terlalu membutuhkan modal besar. Jika produkmu laris manis, bukan tak mungkin bisnis sampingan ini jadi sumber penghasilan utama kamu.

4. Menayangkan Video Game yang Kamu Mainkan

Ada banyak permainan komputer gratis dan video game murah di luar sana, seperti League of Legends dan Defense of the Ancients 2 (Dota 2), yang menawarkan kedalaman permainan luar biasa dan menyenangkan. Game online tersebut terbukti mampu menarik perhatian khalayak luas, mulai dari yang sekadar menonton secara streaming, hingga ajakan bertanding yang berbuntut hadiah nominal uang tunai.

Hobi main game online dapat kamu jadikan sumber penghasilan tambahan yang menjanjikan. Kamu dapat mengatur fitur streaming dengan mudah dari konsol Xbox One, PS4, atau PC dan game online. Kamu juga bisa merekam komentar saat bermain jika memiliki mikrofon dan menurut pengalaman banyak gamers, itulah cara terbaik untuk menjaring viewers.

Sama seperti YouTube, semakin kamu dikenal di kalangan gamers, maka semakin besar peluang mendapat sponsor hingga keuntungan finansial.

5. Menciptakan Kreasi Stok Fotografi

Membuat stok fotografi untuk kebutuhan ilustrasi adalah salah satu peluang sumber pendapatan ekstra bagi kamu pehobi fotografi. Cukup ambil foto yang menarik lalu unggah ke situs fotografi stok seperti iStockPhoto.

Seiring waktu, beberapa jepretan kamu akan dijual dan digunakan dalam banyak publikasi. Dari situ kamu akan memperoleh royalti yang menguntungkan.

Baca juga: Bisnis Barbershop Muhammad Emyranza

Ada banyak layanan online penampungan stok fotografi seperti Shutterstock, BigStockPhoto dan lainnya. Hampir semuanya menyediakan fasilitas bagi fotografer untuk menjual foto mereka.

Jadi, tunggu apalagi? Terus tekuni hobimu dan tangkap setiap peluang yang ada.