Sebuah perusahaan kadangkala memerlukan suntikan modal baru untuk meluaskan usaha atau membayar utang. Begitu juga dengan negara, sumber-sumber daya dalam negeri tidak selalu cukup menghasilkan modal yang dibutuhkan untuk menggerakan pertumbuhan ekonomi.

Karena itu, suatu negara juga berupaya mengumpulkan modal dari luar negaranya sendiri, yaitu dengan menarik sebanyak mungkin investor asing untuk menanamkan modal. Agar memenuhi syarat sebagai negara yang layak untuk investasi, standar tertentu harus dipenuhi.

Apa saja syarat tersebut dan mana negara terbaik tujuan investasi dunia? Simak penjelasannya berikut ini.

Baca juga: Ayam Potong Joko Sarwono

Empat Faktor Penentu

Sebagaimana dikutip dari Business Insider, laporan Bank Dunia menyoroti empat faktor sebuah negara dinyatakan layak sebagai lokasi investasi. Pertama sumber daya manusia, yakni bagaimana pengembangan sumber daya manusia di suatu negara sejalan dengan prinsip tumbuh kembang bisnis. Ini berarti bahwa tingkat daya saing suatu masyarakat sangat menentukan perkembangan investasi di negara tersebut.

Faktor kedua adalah lingkungan, yang mencakup kondisi secara umum sebuah negara. Tidak peduli apa ideologi yang dianut, jika suatu negara berhasil menjaga stabilitas politik dan keamanannya, maka investor akan tertarik menanamkan modal. Selain itu, adanya kepastian hukum juga sangat diperhatikan investor guna memberikan rasa aman.

Ketiga adalah hubungan sebuah negara dengan wilayah sekitarnya dan juga dunia. Jika suatu negara mengalami konflik dengan bangsa lain, atau berada dalam posisi yang tidak menguntungkan bagi investor untuk masuk, maka bisa dipastikan akan mengalami kelesuan ekonomi.

Adapun faktor keempat adalah tentang kerangka kerja negara, yang mendorong baik individu maupun perusahaan untuk berinvestasi di sumber daya alam, pasar, teknologi, atau negara tertentu. Kerangka kerja negara dinilai penting karena menjadi panduan bagi investor dalam memasuki sebuah negara, dan memprediksi masa depan investasi yang akan ditanamkan.

20 Negara Terbaik

Laporan tersebut mendasari lembaga think-tank U.S. News & World Report dalam merilis peringkat 20 negara terbaik untuk berinvestasi tahun 2018. Untuk menentukan daftar keseluruhan, U.S. News menyurvei lebih dari 21.000 orang di seluruh dunia, dari sekitar 80 negara yang berbeda. Survei tersebut diukur dengan 65 aspek yang berbeda, termasuk pengaruh budaya, kewirausahaan dan kualitas hidup.

Secara mengejutkan Filipina menempati posisi teratas, diikuti oleh Indonesia dan Polandia di peringkat kedua dan ketiga. Sementara Singapura, yang selama ini dikenal sebagai pusat keuangan di Asia Tenggara, justru hanya bertengger di posisi kelima. Negeri Singa dinilai lemah dalam prospek pasar lokal, yang sebagian masih diisi transaksi oleh komunitas sekitarnya.

Adapun Filipina mampu mencapai posisi teratas adalah karena negara itu mendapat kepercayaan tinggi dalam hal keamanan, yang merujuk pada sikap tegas Presiden Rodrigo Duterte dalam memberantas narkoba, korupsi, dan juga menggencarkan dialog dengan kelompok separatis di selatan. Selain itu, demografi usia produktif yang besar itu juga menarik perhatian investor untuk datang, karena menawarkan sumber daya sekaligus konsumen yang potensial.

Indonesia yang berada di posisi kedua, masih dilihat “seksi” sebagai tujuan investasi karena dua hal utama, yakni jumlah penduduk yang besar dan persepsi positif publik terhadap pemerintahan saat ini, yang tengah dipimpin oleh Joko Widodo. Popularitas presiden yang akrab disapa Jokowi itu disebut turut membangun kepercayaan investor untuk menanamkan modal, terutama terkait dengan program Nawa Cita yang dicanangkannya.

Sementara Polandia, menjadi satu-satunya negara Eropa yang berhasil masuk lima besar destinasi investasi paling potensial, dikarenakan hubungan yang erat antara pasar perdagangan negara tersebut dengan Jerman, yang merupakan salah satu sentra industri pertama di Benua Biru. Selain itu, pemerintah Polandia juga berinisiatif menghadirkan insentif bagi investor asing, terutama mereka yang berada dalam industri penerbangan, elektronik dan energi terbarukan.

Baca juga: Sukses Bisnis Barbershop Emyranza

Berikut adalah daftar lengkap 20 negara terbaik untuk investasi, menurut hasil survei global oleh U.S. News & World Report.

20. Chile

19. Prancis

18. Brasil

17. Inggris

16. Belanda

15. Irlandia

14. Turki

13. Uruguay

12. Finlandia

11. Republik Ceko

10. Oman

9. India

8. Thailand

7. Spanyol

6. Australia

5. Singapura

4. Malaysia

3. Polandia

2. Indonesia

1. Filipina