Smartphone sudah menjadi kebutuhan utama manusia zaman now. Kemajuan teknologi yang bergulir sangat cepat membuat produk smartphone juga makin canggih. Namun seringkali smartphone yang canggih harganya pun tinggi.

Baca juga: Dinamika Membangun Start-up Ala Fransiska

Jika kamu belum bisa mengelola gaji, bukannya enggak mungkin punya smartphone canggih, lho. Seperti kata pepatah “banyak jalan menuju Roma”, untuk memiliki smartphone dengan harga murah bisa dilakukan dengan beberapa cara berikut ini:

1. Pahami kebutuhan terlebih dahulu

Sebelum memutuskan membeli smartphone, ketahui terlebih dahulu apa kebutuhan kamu. Kamu butuh gadget untuk main game, memuaskan hobi selfie, kerja sehari-hari, atau sekadar chatting? Hal ini penting diketahui karena setiap kebutuhan membutuhkan spesifikasi smartphone yang berbeda.

Bagi kamu yang butuh smartphone sekadar untuk chatting, tidak memerlukan prosesor dan RAM besar seperti yang dimiliki smartphone kelas atas berharga mahal. Buat kamu yang menyukai selfie, sebaiknya pilih smartphone dengan kamera depan yang besar. Percuma saja membeli smartphone canggih yang mahal kalau hanya sedikit fiturnya yang kamu manfaatkan.

2. Beli saat program promo murah

Beberapa situs marketplace menawarkan program promo untuk penjualan smartphone. Karena bekerja sama dengan vendor gadget, situs marketplace tersebut bisa memberikan harga murah.

Di Hari Belanja Online Nasional (Harbolnas) ataupun event lain seperti libur hari raya biasanya ada program promo ini. Jika targetmu membeli smartphone berharga miring, rajin-rajinlah memantau promo di berbagai situs e-commerce.

3. Tukar tambah dengan smartphone lama

Dengan menjual smartphone lama kamu, ada tambahan dana untuk membeli yang baru. Kamu pun bisa lebih berhemat.

Enggak mau repot mencari pembeli atau pasang iklan? Kamu bisa menantikan program trade in atau program tukar tambah dari produsen ponsel atau operator telekomunikasi. Tinggal datang ke gerai yang mengadakan program trade in, bawa smartphone lama kamu dan tambahkan uang untuk dapat yang baru.

4. Membeli dengan cicilan

Untuk membeli smartphone canggih di kisaran harga Rp8-11 juta tentu berat jika harus secara tunai. Agar lebih ringan, kamu bisa memilih program cicilan bunga 0% yang ditawarkan beberapa bank penerbit kartu kredit.

Beberapa bank penerbit kartu kredit menjalin kerja sama dengan sejumlah e-commerce dalam memberikan potongan harga langsung maupun cashback khusus pembelian gadget. Yang perlu diingat, jangan sampai arus kas rumah tangga terganggu karena membeli sebuah smartphone baru.

5. Tidak bersikap brand minded

Banyak dari kita yang memilih smartphone berdasarkan merek populer. Kalau tak punya smartphone bermerek top, kita sering takut di-bully teman-teman dan takut tidak diterima di lingkaran pergaulan.

Namun kini sejumlah smartphone dari China hadir dengan fitur-fitur canggih yang bisa menyaingi smartphone papan atas dengan harga murah karena dibanderol di kisaran Rp2-3 juta. Kalau teman-teman masih mem-bully kamu, mungkin sudah saatnya kamu ganti pertemanan 🙂

6. Beli smartphone garansi distributor

Membeli smartphone dengan garansi distributor ternyata juga bisa jadi solusi mendapatkan smartphone dengan harga miring karena umumnya dibanderol di bawah harga pasaran. Namun kekurangannya adalah kamu tidak bisa mengklaim garansi pada service center resmi. Pada smartphone garansi distributor, produsen smartphone tersebut tidak bekerja sama secara eksklusif dengan suatu vendor untuk menjadiservice center. Kalau produk mengalami kerusakan, maka toko tempat kita membeli smartphone akan merekomendasikan perbaikan ke service center tidak resmi.

Penampilan makin bergaya dengan smartphone baru nan canggih mungkin bisa membuatmu percaya diri. Namun tentu itu semua harus memperhitungkan kemampuan kantong kamu, ya, guys.