Nonton film lalu makan malam di resto atau mal adalah kegiatan paling umum yang biasa dilakukan saat nge-date. Tapi jika dilakukan setiap minggu, tentu membuat pengeluaranmu membengkak. Apalagi kalau kamu masih mahasiswa, baru mulai bekerja, atau pengusaha muda yang masih merintis karir.

Baca juga: Pisang Sale Aceh, Ayu Lestari

Sebetulnya ada banyak ide buat nge-date yang asyik tapi ramah di kantong. Selain enggak memberatkan keuangan, acara kencanmu juga pasti makin berkesan karena lebih bervariasi. Langsung disimak, yuk!

1. Bersepeda tandem

Sepeda tandem adalah sepeda yang dirancang untuk dikayuh dua orang. Kalau belum pernah menaikinya, akan jadi pengalaman yang seru buat kamu dan pasangan karena kamu harus kompak mengayuh agar jalannya sepeda tetap seimbang. Kamu bisa menyewa sepeda tandem ini di tempat-tempat publik seperti area Kota Tua di Jakarta Pusat, Ancol Ecopark atau alun-alun berbagai kota besar.

2. Jadi relawan kegiatan sosial

Ajak pasangan mendaftar jadi relawan untuk membantu kegiatan sosial dan rasakan kebahagiaan ekstra yang datang dari kegiatan positif ini. Misalnya kalau kamu dan pasangan menyukai hewan, bisa bergabung dengan komunitas shelter hewan terlantar. Suka dengan anak-anak? Coba jadi relawan yang mendampingi anak-anak dengan kanker. Selain dua contoh tersebut masih banyak kegiatan sosial yang membutuhkan bantuan tenaga seperti kalian.

3. Bertukar hobi

Punya hobi yang berbeda bukan berarti kamu dan pasangan enggak bisa menikmati waktu bersama, lo. Sekali-sekali, coba minta pasangan “bertukar” hobi dengan kamu. Misalnya dia hobi main basket dan kamu hobi main gitar. Minta pasangan mengajari kamu bermain basket dan setelah itu kamu bisa mengajarinya memetik gitar.

4. Membuat karya seni bersama

Kapan kamu terakhir menggambar, melukis, atau membuat prakarya? Ini saat yang tepat untuk menggali kembali sisi kreatifmu dengan pasangan. Banyak toko yang menjual perlengkapan art and craft murah meriah. Kalau mau lebih hemat, kamu juga bisa memanfaatkan barang-barang bekas untuk didaur ulang menjadi sebuah karya seni.

5. Bermain board games

Keluarkan lagi board games milikmu seperti catur, monopoli, ular tangga, ludo, dan lain-lain. Mainkan bersama pasangan atau ajak juga teman-temanmu yang lain agar lebih seru. Kegiatan yang akan mengembalikan memori masa kecil ini merupakan salah satu acara nge-date yang murah meriah.

6. Mengunjungi museum

Kamu dan pasangan suka dengan sejarah? Tentu akan banyak cerita sejarah yang bisa kamu peroleh dengan mengunjungi museum bersama-sama. Harga tiket masuk museum di Indonesia pun relatif masih sangat murah. Di museum atau pusat kebudayaan kadang kala ada pameran koleksi seni atau bersejarah tematik yang sangat jarang dipamerkan pada publik. Acara itu bisa jadi momen nge-date berkesan buat kalian, bukan?

7. Olahraga bersama

Di luar nge-gym banyak kegiatan olahraga murah meriah yang bisa kamu jalani bersama pasangan. Contohnya saja lari bersama atau ikut yoga di Taman Suropati, Jakarta Pusat, setiap Minggu pagi. Sehat didapat, kebersamaanmu dengan pasangan juga lebih berkualitas.

8. Masak bersama

Suka kuliner? Kenapa tidak mencoba berkreasi membuat makanan enak sendiri? Ajak pasangan turun ke dapur untuk memasak menu pilihan kalian. Mungkin pada percobaan pertama hasil masakannya belum seperti yang diharapkan, atau malah gagal sama sekali. Namun prosesnya pasti akan sangat menyenangkan dan murah, karena hanya perlu membeli bahan masakannya.

Baca juga: Bermodal Kulkas Bekas, Puyo Pimpin Bisnis Pudding

9. Nonton konser musik indie

Kalau kamu dan pasangan menyukai musik, menonton konser musik indie bisa jadi pilihan. Tiketnya tentu tidak semahal konser musisi papan atas Indonesia atau luar negeri. Kalau di kemudian hari band indie yang kalian tonton terkenal, kamu pun bisa membanggakan diri pada teman-teman karena sudah duluan menontonnya.

10. Jalan sore

Terakhir, ini kegiatan yang benar-benar murah meriah tapi tidak pernah membosankan jika dilakukan bersama pasangan. Jalan sore-sore di taman kota atau taman kompleks perumahan ketika cuaca sedang cerah sambil berbincang mengenai berbagai hal. Kesejukan udara dari pepohonan akan menambah kesejukan hati kalian dan semuanya tinggal dinikmati gratis.

Apapun kegiatannya, jika dijalani bersama orang yang dekat di hati pasti akan berkesan. Jadi enggak perlu keluar uang banyak untuk tetap bisa nge-date romantis, bukan? Uang yang kamu hemat pun dapat menambah alokasi tabungan serta investasi yang bermanfaat bagi masa depan kalian berdua. Bisa jadi pasangan pengusaha muda deh!