Investor Pemula, Tiru Tips Investasi dari Para Tokoh Dunia

127
investor pemula
investor pemula

Investor pemula, belajar investasi saham dari mereka yang berpengalaman itu penting. Lewat nasihat mereka, kamu akan memperoleh petunjuk untuk mencapai target.

Baca juga: Macam Bisnis Amir Rizky

Sama juga halnya ketika kamu ingin berinvestasi dan berharap investasimu sukses. Mendapatkan nasihat dari mereka yang ahli dan sudah sukses adalah super penting.

Nah, jika kamu ingin sukses belajar investasi saham, sebagai investor pemula tak ada salahnya belajar dari Warren Buffet dan beberapa investor sukses lainnya di dunia.

Berikut ini beberapa nasehat lima investor andal di dunia yang bisa dicontek:

1. Warren Buffet

Buffet memiliki banyak tips dalam berinvestasi untuk para investor pemula. Salah satu nasihatnya, berinvestasilah pada sesuatu yang dipahami. Menurutnya, tak perlu orang cerdas untuk bisa berinvestasi. Kamu cuma perlu memahami pasar, instrumen atau produk investasi, serta perusahaannya.

Selain itu, lakukan investasi dalam jangka panjang. Sebagai investor, CEO Berkshire Hathaway ini adalah pemikir jangka panjang. Menurut dia, tak peduli seberapa besar bakat dan usaha yang dilakukan, kesuksesan berinvestasi membutuhkan waktu, kedisiplinan, dan kesabaran.

Buffet pun pernah bilang bahwa kepemilikan sahamnya di sebuah perusahaan adalah untuk selamanya. Salah satu contohnya adalah investasi di saham Coca Cola. Awalnya dia membeli saham itu hanya US$40 pada 1988 silam, namun pada akhir 2015 lalu telah berkembang menjadi US$5 juta.

Jangan ketinggalan tips dan inspirasi bisnis, finansial, serta investasi dari Satu Tumbuh Seribu

2. Peter Lynch

Lynch adalah salah satu manajer investasi paling terkenal di dunia.

Mantan Manajer Fidelity Magellan Fund ini menyarankan bahwa sebagai investor kamu jangan hanya mengandalkan prediksi ekonomi dan suku bunga dalam berinvestasi. “Fakta juga penting, jangan sekedar prediksi,” kata lulusan Boston College ini.

Lynch juga memberi nasihat untuk tidak buru-buru dalam melakukan investasi.

“Butuh banyak waktu untuk mengidentifikasi dan mengenali suatu perusahaan dengan kinerja baik sebelum kita putuskan membeli sahamnya,” kata Lynch.

Pria yang pernah bekerja di sebuah klub golf sebelum kaya raya itu juga mengingatkan para investor pemula seperti kamu untuk selalu belajar dari kesalahan, fleksibel, dan rendah hati bila nanti sudah sukses.

3. Carl Icahn

Carl Icahn adalah biliuner pemilik Icahn Capital Management. Usianya sudah lebih dari 80 tahun tetapi dia masih merupakan investor yang kompetitif.

Icahn yang jago poker ini berulang kali mengatakan bahwa sistem dalam saham dan investasi itu tidak sempurna. Jadi sebagai investor, wajib bagi kamu untuk mengambil keuntungan dari “ketidaksempurnaan” sistem.

Terbukti orang sering membuat kesalahan dengan menjual murah aset tertentu, padahal sebenarnya aset itu cukup produktif dan bernilai tinggi.

Icahn menyarankan para investor untuk jeli melihat aset “undervalued” itu, membelinya, dan menunggu saat yang tepat untuk menjualnya. Ketika akhirnya pasar menyadari nilai aset tersebut dan harga meroket, para investor bisa mendapat keuntungan.

4. Lo Kheng Hong

Kemampuannya melipatgandakan keuntungan di pasar saham membuat Lo Kheng Hong dijuluki sebagai Warren Buffet Indonesia.

Beberapa waktu lalu, value investor berusia 59 tahun ini berbagi tips investasi di pasar saham. Menurut dia, investor newbie harus punya cara pandang yang berbeda sekaligus jeli melihat peluang.

Seperti Icahn, dia menasehati investor pemula sebaiknya memilih saham-saham yang undervalued lantaran perusahaan itu punya potensi dan prospek yang baik ke depannya. Saham undervalued ini seperti disinggung di atas, yaitu saham yang bernilai rendah tetapi perusahaan yang mengeluarkannya sangat produktif dan bagus.

Tak kalah penting, kamu harus tahu betul perusahaan tempat kamu akan melakukan investasi. Pilih perusahaan dengan reputasi bagus termasuk orang yang mengelolanya, labanya besar, dan harga sahamnya murah.

Baca juga: Pisang Sale Aceh Ayu Lestari

5. Jeff Bezos

CEO Amazon yang menjadi orang paling tajir dalam daftar teratas Forbes tahun 2018 ini mengatakan sebagai investor, kamu perlu membuat keputusan yang berani untuk mencapai kesuksesan yang besar. Meskipun kesuksesan tidak semudah membalikkan tangan, tetapi kamu bisa belajar untuk lebih sukses lagi.

Bezos yang pernah berjualan buku lewat internet ini juga memberi saran bahwa investasi jangka panjang lebih baik ketimbang jangka pendek. Menurut dia keputusan jangka panjang akan lebih menguntungkan dan langgeng.

Meskipun anjuran Bezos terkesan sulit, yang pasti dia berhasil jadi orang kaya, lho.

Semoga nasihat-nasihat orang beken ini bisa menginspirasi kamu untuk terus berinvestasi, ya. Semangat terus investor muda!

Jangan ketinggalan tips dan inspirasi bisnis, finansial, serta investasi dari Satu Tumbuh Seribu