Kamu yang karyawan, pasti banyak yang menunggu-nunggu momen akhir tahun karena biasanya inilah saat perusahaan memberikan bonus tahunan.

Baca juga: Puyo Pioneer Dessert Ice Cream 

Besarnya bonus tergantung pada banyak faktor seperti laba tahunan perusahaan, kinerja pribadi, dan posisi karyawan bersangkutan di perusahaan. Tapi yang pasti, bonus tahunan akan menjadi penghasilan ekstra bagi kamu.

Karena menganggapnya sebagai uang berlebih, banyak juga dari kita yang menghabiskan bonus untuk bersenang-senang. Baru kemudian kita menyesal karena sama sekali tidak menggunakan dana berlebih ini untuk sesuatu yang lebih bermanfaat.

Berikut adalah beberapa langkah bijak memanfaatkan bonus akhir tahun menurut para ahli keuangan:

1. Membayar Utang

Jangan salah, membayar utang juga merupakan bentuk investasi. Lebih tepatnya adalah berinvestasi untuk menyehatkan keuangan pribadi, sehingga tidak lagi terjebak di lubang yang sama di kemudian hari. Jika kamu punya beberapa utang, sebaiknya segera bayar yang memiliki bunga tertinggi.

Dengan bonus akhir tahunmu, kamu bisa melunasi atau mengurangi utang-utang yang jadi beban keuanganmu. Ketika utang berkurang, maka kamu pun bisa sedikit bernapas lega dan memperbaiki perencanaan keuanganmu dengan lebih cermat.

2. Membangun Portofolio Investasi

Ketika mendapatkan penghasilan tambahan seperti bonus akhir tahun, ini bisa jadi kesempatan untuk mengembangkan portofolio investasimu. Sebelumnya, tinjau ulang tujuan keuanganmu serta kesanggupanmu menanggung risiko investasi.

Ambil contoh, kamu sudah berinvestasi di reksa dana saham untuk menyiapkan dana pendidikan anak tapi belum menyiapkan dana pensiun. Bonus akhir tahun dapat kamu pakai untuk memulai berinvestasi guna mengumpulkan dana pensiun. Misalnya dengan berinvestasi pada emas, properti, reksa dana saham hingga investasi saham. Sebab, menyiapkan dana pensiun sebaiknya memang harus dilakukan sejak dini agar mencapai hasil maksimal dalam jangka panjang.

Jika tertarik menambah instrumen investasi tapi belum berani menanggung risiko tinggi, kamu pun bisa memanfaatkan bonus akhir tahun untuk berinvestasi di instrumen yang risikonya relatif rendah seperti reksa dana pasar uang dan deposito berjangka.

3. Mengubah Skema Asuransi Jiwa dan Kesehatan

Jika kamu sudah memiliki asuransi jiwa dan kesehatan, manfaat serta jumlah nilai pertanggungannya juga perlu kamu evaluasi secara berkala. Apakah masih sesuai dengan kebutuhanmu saat ini?

Misalnya, tiga tahun lalu kamu masih single sehingga kamu merasa cukup memiliki asuransi jiwa dengan nilai pertanggungan yang tidak begitu besar. Tapi sekarang kamu sudah menikah dan punya satu anak, tentu nilai pertanggungan asuransi jiwamu harus bisa menopang penghidupan keluargamu bila sewaktu-waktu terjadi sesuatu dengan kamu.

Begitu juga dengan manfaat yang diberikan asuransi kesehatan. Sebagai contoh, dulu kamu merasa cukup puas dengan fasilitas rawat inap kelas 1 dari asuransi kesehatanmu. Tapi sekarang kamu ingin memperoleh fasilitas kelas VIP jika harus menjalani rawat inap.

Untuk meningkatkan skema manfaat dan nilai pertanggungan asuransi, biasanya premi yang harus kamu bayar juga akan bertambah. Bonus akhir tahun bisa kamu manfaatkan untuk top up perubahan premi tersebut.

4. Alokasikan untuk Dana Darurat

Dana darurat wajib kamu siapkan untuk menghadapi peristiwa tidak terduga yang dapat membuatmu kesulitan keuangan. Semisal terkena pemutusan hubungan kerja, tertimpa musibah atau menderita penyakit berat. Para perencana keuangan menyarankan jumlah dana darurat yang perlu disiapkan sekitar 6-12 kali pengeluaran per bulan.

Sisihkan minimal 5-10 persen dari penghasilanmu untuk mengumpulkan dana darurat dan saat mendapat bonus, masukkan sebagian dalam pos dana darurat agar targetmu makin cepat tercapai. Biarkan tersimpan di tabungan dan gunakan hanya dalam kondisi terdesak.

Baca juga: Nick Yudha, Pengalaman Pahit Melahirkan Ide Bisnis

5. Sisihkan untuk Beramal

Saat menerima bonus, pos yang satu ini sering kita lupakan. Akan sangat baik jika kamu juga menyisihkan sebagian bonus akhir tahunmu untuk bersedekah atau beramal.

Kamu bisa menjadikan bonus akhir tahun sebagai sarana berbagi pada sesama yang membutuhkan. Selain membuat orang lain bahagia, berbagi pun akan mendatangkan kebahagiaan tersendiri bagi kamu.

Setelah disisihkan untuk investasi masa depan dan beramal, tidak ada salahnya juga menikmati bonus yang kamu peroleh untuk sedikit bersenang-senang. Kerja keras, nikmati hidup, tapi jangan lupa pula giat berinvestasi.