Asuransi merupakan produk keuangan yang berfungsi mengalihkan risiko dari nasabah ke perusahaan asuransi. Seiring perkembangan waktu, jika kamu sudah menikah dan punya penghasilan lebih besar maka ada baiknya kamu mengevaluasi asuransi yang dimiliki.

Baca juga: Investasi Menguntungkan Bermodal Minim

Berikut beberapa kiat sukses memilih manfaat produk asuransi sesuai kebutuhanmu.

1. Asuransi keluarga

Mungkin kamu sudah membeli produk asuransi kesehatan sejak sebelum menikah dengan tertanggung diri kamu sendiri.

Saat kamu menikah, kebutuhan perlindungan tidak hanya untuk diri kita saja namun juga anggota keluarga lain seperti istri dan anak sehingga, kamu perlu juga mengasuransikan anggota keluargamu yang lain.

Saat ini ada banyak produk asuransi keluarga dengan satu pemegang polis tapi anggota keluarga lain juga mendapat manfaat perlindungan. Biasanya yang ditanggung adalah maksimal lima anggota keluarga, suami, isteri, dan tiga anak, dengan biaya premi per bulan di kisaran minimal Rp800 ribu-Rp 1 juta.

Dengan demikian, kamu bisa lebih menghemat biaya kesehatan dan mengalihkannya untuk hal lain seperti dana investasi.

2. Manfaat investasi

Sampai saat ini jenis asuransi nontradisional hanya ada satu yaitu unit link. Unit link merupakan asuransi dengan dua kantong, kantong untuk proteksi dan kantong investasi. Sebagian uang premi yang dibayarkan digunakan untuk membayar proteksi dan sebagian lagi ditempatkan pada reksa dana dalam bentuk unit link.

Unit link terkait erat dengan pasar modal karena dana dari nasabah ditaruh di reksa dana saham, reksa dana pendapatan tetap yang berisi surat utang, dan reksa dana pasar uang. Ketika pasar modal turun, nilai unit link juga akan ikut turun. Begitu juga sebaliknya, bila pasar modal naik, nilai unit link juga akan ikut naik.

Banyak investor pemula yang mengenal unit link lebih dahulu daripada reksa dana karena produk ini gencar dipasarkan ke masyarakat sejak tahun 1998. Karena memberikan tiga manfaat sekaligus yaitu perlindungan jiwa, kesehatan, dan investasi, produk asuransi ini cukup banyak diminati masyarakat.

Sebagai bagian dari kiat sukses memilih manfaat asuransi, bila kamu tertarik dengan produk asuransi yang memberikan manfaat investasi ini, tanyakan informasinya sedetail mungkin pada agen asuransi yang menawarkannya agar tidak hanya terpaku pada ilustrasi keuntungan yang diberikan.

3. Asuransi kendaraan

Banyak yang berpendapat bahwa asuransi kendaraan adalah opsi atau pilihan paling terakhir dari berbagai produk asuransi. Padahal, asuransi ini cukup penting manfaatnya untuk keluarga yang punya kendaraan.

Meski kamu sudah berkendara dengan sangat hati-hati, terkadang kendaraan kita yang menjadi korban oleh kendaraan lain. Hal itu bisa terjadi kapan saja saat kamu berada di jalan.

Bisa saja mobilmu terserempet kendaraan lain atau mobil kamu tertabrak sepeda motor dari belakang karena kamu berhenti mendadak menghindari orang yang menyeberang jalan. Biaya servisnya tentu bisa mencapai jutaan rupiah. Dengan adanya asuransi ini, kamu dapat meringankan beban keuangan keluarga dan fokus pada pemulihan kesehatan.

Sebelum memilih produk asuransi sebaiknya pertimbangkan manfaat yang akan kamu dapat dan bandingkan dengan produk lain. Untuk asuransi kesehatan, manfaat yang perlu dicermati adalah manfaat rawat inap dan rawat jalan. Apakah kedua jenis manfaat tersebut didapatkan secara penuh atau sebagian saja. Semua manfaat erat kaitannya dengan besarnya premi yang harus dibayarkan. Jadi, prinsipnya, ukur terlebih dahulu kebutuhanmu terhadap manfaat produk tersebut dan berapa besar premi yang dapat kamu bayarkan.

Baca juga: Strategi Dollar Cost Averaging

Jika kita cerdas dan cermat dalam mengetahui kiat sukses membeli produk asuransi, maka kita akan mendapatkan manfaat yang sesuai dengan kebutuhan.