Berawal dari hobi fotografi, Aries Sulistio (35) kemudian menjajal usaha berdagang kamera dan studio foto mini portable yang diimpor dari China. Harga studio foto mini portable impor itu terhitung mahal, di kisaran Rp4-6,5 juta per unit.

Baca juga: Kursus Bahasa Online Ala Tyovan

Melihat hal ini, Aries menangkap peluang baru dan mencoba banting stir menjadi pengusaha muda memproduksi studio foto mini portable sendiri. Menggandeng seorang temannya menjadi partner, Aries menamakan produk studio foto mini portable besutannya di bawah label Midio – Mini Studio Box.

Studio foto mini portable sendiri merupakan “studio foto” berukuran kecil dan bisa dibawa ke mana-mana. Produk ini mulai marak di pasaran sejak online shop menjamur. Para pemilik online shop atau fotografer amatir memanfaatkan studio foto mini tersebut untuk memotret produk yang akan ditampilkan di online shop.

“Fotografer profesional memakai lampu flash di studio supaya hasil foto produk bagus. Studio foto mini portable mengadopsi prinsip itu dalam ukuran yang lebih kecil. Studio foto mini menyediakan pengaturan cahaya yang lebih simpel dengan lampu LED, sehingga fotografer amatir pun bisa menghasilkan foto produk yang bagus,” jelas Aries.

Eksperimen berkali-kali

Tahun 2015 Aries bersama rekannya mulai menjual dan memasarkan Midio. Ketika itu mereka memulai dengan modal awal Rp10 juta. Dari modal tersebut, Aries dan rekannya membuat sekitar 200 unit studio foto mini portable.

Pemasaran dilakukan dari mulut ke mulut dan melalui media sosial Instagram. Salah satu tantangan yang dirasakan cukup berat bagi Aries adalah mengedukasi pasar mengenai produk mereka. Kala itu studio foto mini portable belum terlalu banyak dikenal masyarakat.

Tantangan lainnya adalah mencari material produk yang cocok dan pengrajin yang bisa membuat produk sesuai desain yang diinginkan. Awalnya Aries membuat Midio dari bahan karton. Namun karena kurang kuat, konsumen yang telah membeli Midio pun protes. Alhasil, pengusaha muda ini harus mencari material yang cukup kuat namun relatif murah untuk dijadikan studio foto mini portable. Akhirnya Aries menemukan bahan yang lebih bagus dengan jenis corrugated plastic.

Dia pun melakukan eksperimen berkali-kali hingga dapat menemukan rancangan studio foto mini portable yang pas dan terjangkau. “Kalau sudah jadi satu desain, dicoba dulu bisa enggak dibuat sama pengrajinnya. Bolak balik begitu sampai tujuh kali ubah desain sehingga akhirnya ketemu yang paling pas,” beber Aries.

Layanan tambahan

Nyatanya Midio dapat diterima dengan baik oleh pasar. Konsumen yang puas menyampaikan informasi mengenai Midio dari mulut ke mulut. Kini Aries pun memetik buahnya. Rata-rata dalam sebulan lelaki kelahiran Semarang ini dapat menjual 500-600 unit studio foto mini portable yang dibandrol dengan harga Rp160.000 – Rp750.000. “Lebih dari 5000 online shop sudah membeli dan menggunakan Midio,” klaim Aries.

Menurut pengusaha muda ini, selain harganya yang terjangkau, Midio juga disukai konsumen karena ada layanan tambahan seperti konsultasi penggunaan produk untuk memperoleh foto terbaik, garansi produk selama satu bulan, serta layanan perbaikan dan penggantian spare part. Satu paket Midio terdiri dari studio foto mini portable, lampu LED, background foto, serta kabel listrik dan adaptor.

“Karena kami juga menggeluti hobi fotografi dan banyak berinteraksi dengan komunitas fotografi, jadi punya product knowledge yang bagus. Kami pun bisa kasih masukan ke konsumen yang konsultasi. Sekitar 40 persen konsumen yang sudah beli produk lain, akhirnya balik lagi beli Midio,” ujar Aries. Upaya promosi dan pemasaran Midio lebih banyak dilakukan melalui media sosial Instagram @midio.id sedangkan penjualan difokuskan melalui website resmi dan situs e-commerce.

Terus berinovasi

Aries menambahkan, menurutnya salah satu kunci sukses Midio juga karena mereka berusaha terus melakukan inovasi. Studio foto mini portable yang awalnya hanya berukuran 40 x 30 x 30 cm, dikembangkan dalam beberapa varian ukuran yang lebih besar berdasarkan permintaan konsumen. Kini Midio 4.0 dengan dimensi 90 x 75 x 65 cm adalah varian dengan ukuran terbesar.

Baca juga: Bisnis Makanan Unik Ala Martabak Orins

“Ke depannya kami berencana ingin membuat studio foto mini portable seukuran tinggi manusia, supaya bisa digunakan untuk memotret model manusia,” pungkas Aries. Bagaimana, tertarik mengikuti jejak Aries dan jadi pengusaha muda sukses berikutnya?