Tahun baru membawa harapan baru untuk semua orang, dan tentu saja harapan baru di dunia investasi. Para investor, termasuk kamu, tentu mengharapkan tahun ini lebih baik dan lebih menguntungkan dibanding tahun sebelumnya.

Baca juga: Ragam Pilihan Investasi Bermodal Minim

Nah, buat kamu yang kebetulan masih baru memulai berinvestasi, kamu tentu penasaran kira-kira jenis investasi menguntungkan yang bakalan nge-hits untuk tahun 2019 ini.

Beberapa investasi yang digandrungi di tahun 2018 lalu ternyata masih ada di deretan investasi menguntungkan yang diprediksi kinclong di tahun 2019.

Berikut investasi yang diprediksi akan cukup kinclong dan wajib dilirik 2019 yang dikutip dari berbagai sumber

Properti

Bidang properti bisa dibilang jenis investasi yang cenderung aman karena selalu bergerak maju meskipun perlahan.

Berdasarkan buku berjudul Rahasia Menjadi Miliarder Properti karya Panangian Simanungkalit, setidaknya ada 8 jenis pilihan investasi yang bisa dijadikan referensi oleh kamu investor pemula, misalnya investasi dalam bentuk apartemen, kios, ruko, dan ruang kantor.

Beberapa media lokal meramalkan bahwa properti di pinggiran Jakarta tetap menjadi primadona, termasuk yang lokasinya dekat dengan pembangunan LRT dan MRT.

Saham

Menurut analis dari Valbury Sekuritas Indonesia,  karena tahun 2019 adalah tahun politik, maka pergerakan pasar akan lebih tidak dapat dipastikan.

Akan tetapi beberapa sektor diprediksi masih akan berprospek bagus di tahun politik ini. Contohnya sektor media, telekomunikasi, dan infrastruktur.

Dengan demikian investor pemula dapat melirik saham dari sektor-sektor tersebut jika ingin berinvestasi pada instrumen saham.

Emas

Emas masih dianggap investasi favorit orang Indonesia karena harganya yang cenderung stabil dan berisiko rendah disbanding investasi lainnya. Sekedar info saja harga emas terus mengalami kenaikan sejak empat tahun terakhir.

Merrill Lynch Bank of Amerika Serikat (AS) memprediksi harga emas akan mengalami kenaikan di 2019. Tren bullish harga emas dapat mencapai level 1.350 dollar AS per ons troi tahun ini. Hal ini dikarenakan bayang-bayang resiko geopolitik. Pelemahan dolar AS juga dipicu kekhawatiran seputar defisit anggaran AS

Jadi buat kamu yang ingin berinvestasi, emas bisa jadi pilihan. Saat ini selain membeli emas secara langsung, kamu juga bisa investasi emas secara online atau menabung emas dengan modal minim.

Investasi Fintech

Startup di bidang financial technology atau fintech mulai mengalami pertumbuhan sejak 2015, dan tahun 2019 diramalkan investasi di bidang fintech akan semakin maju, terutama dengan besarnya perhatian pemerintah yang ikut mengawal industri fintech di Indonesia melalui sejumlah peraturan.

Masih bingung dengan fintech? No worries, fintech bertujuan untuk membuat masyarakat lebih mudah mengakses produk keuangan, mempermudah transaksi dan meningkatan transaksi keuangan.

Saat ini banyak orang sudah akrab dengan fintech tanpa menyadarinya, misalnya mengunakan Go-Pay, OVO, Dompetku dan lain-lain untuk membayar makanan atau transportasi.

Melihat riuhnya prospek fintech ini, mungkin kamu bisa mempertimbangkan berinvestasi di bidang ini.

Baca juga: Pilihan Investasi Bermodalkan Teknologi

Reksa Dana

Dari semua investasi, reksa dana merupakan jenis investasi untuk investor pemula karena masuk dalam investasi menguntungkan tanpa harus memiliki skill atau pengetahuan. Yup, ada manajer investasi yang akan membantu kamu untuk hal ini.

Dengan bantuan manajer investasi, reksa dana membuat kamu berinvestasi di beberapa tempat, mulai dari saham, obligasi dan deposito. Untuk 2019 reksa dana tetap menjadi idola investor pemula, terlebih dengan IHSG yang masih bergerak positif.

Jadi bagaimana? Kamu siap berinvestasi tahun ini? Jangan lupa pilih investasi menguntungkan yang sesuai dengan karakter dan kemampuan kamu. Selain itu, ada baiknya memulai investasi dari sekarang karena semakin cepat kamu berinvestasi, kamu akan mendapatkan potensi keuntungan yang lebih besar.