Banyak tawaran investasi menjanjikan imbal hasil tinggi, yang ternyata investasi bodong alias berujung penipuan. Dari sekian banyak investasi bodong, yang paling banyak adalah money game.

Baca juga: Pelajaran Keuangan Tersembunyi dari Film Favorit

Money game menggunakan skema piramida, di mana bonus atau keuntungan yang didapatkan anggota berasal dari hasil mencari orang baru untuk menjadi anggota money game tersebut. Tapi bukannya jadi bisnis menguntungkan, money game malah sering memakan korban.

Banyak kasus money game yang menghebohkan tanah air dalam kurun waktu lima tahun terakhir, seperti koperasi Langit Biru dan Koperasi Simpan Pinjam Pandawa Group. Keduanya berakhir operasionalnya, ketika imbal hasil anggota berhenti dibayar atau tidak ada anggota baru direkrut.

Sebelum kamu terjebak di dalamnya, mari kenali ciri-ciri bisnis money game sebagai berikut:

1. Menawarkan skema investasi yang berbentuk piramida atau mirip dengan multilevel marketing (MLM). Ketua Asosiasi Penjualan Langsung Indonesia Djoko Hartanto Komara mengakui jika bisnis MLM atau direct selling mirip dengan money game dengan skema piramida, namun bila ditelaah ada perbedaan yang sangat signifikan.

Dalam skema piramida money game, bonus/penghasilan diperoleh dari orang baru yang mendaftar, tapi kalau MLM bonusnya dari produk yang terjual. Bisnis MLM syaratnya harus melakukan penjualan. Karena itu jika kamu diajak berbisnis “MLM” dan diiming-imingi bonus melalui skema piramida hanya dengan merekrut anggota tanpa melakukan penjualan, kamu perlu waspada.

2. Menjanjikan imbal hasil atau keuntungan yang tinggi, di atas 6% setiap bulannya.

3. Menjamin modal balik dalam waktu singkat, setelah 6-12 bulan jadi anggota.

4.Tidak memiliki atau menempati kantor dengan alamat yang benar, tepat, dan jelas.

5. Biaya pendaftaran digunakan untuk komisi atau bonus anggota lama. Di money game, satu orang bisa mendaftar beberapa kali asal menyetor uang pendaftaran tiap kali mendaftar, sementara di MLM hanya boleh mendaftar sekali. Umumnya biaya pendaftaran money game juga jumlahnya terhitung besar, karena dana itu yang digunakan memberikan bonus pada anggota.

6. Penyelenggaranya tidak memiliki izin dari regulator atau pemerintah untuk mengeluarkan produk investasi, bahkan penyelenggara investasi ini tidak diakui oleh pemerintah sebagai pelaksana.

7. Ada kalanya penyedia layanan money game membayar untuk merekrut anggota baru sebagai downline. Ini yang sering menjerat mahasiswa atau investor pemula karena money game terlihat mudah sebagai bisnis menguntungkan. Tinggal rekrut anggota baru, dan kamu akan mendapatkan uang dari situ.

8. Memperbolehkan anggota untuk mendaftar lebih dari satu keanggotaan atau hak usaha pada perusahaan yang sama.

Mengapa money game perlu diwaspadai adalah karena alasan berikut ini:

1. Tidak ada jaminan mengenai dana nasabah seperti halnya nasabah bank yang dijamin LPS.

2. Investasi ini ilegal dan kamu dapat dikenai hukuman berupa denda hingga penjara bila mengadakan atau mempromosikan skema piramida semacam ini.

3. Rusaknya hubungan pertemanan atau kekerabatan apabila kamu merekrut teman atau saudara dan kehilangan uang dalam investasi ini, atau bila penyedia jasa money game ini tumbang.

Sebagai orang awam akan investasi mari kita bersikap bijak sebelum menanamkan uang di produk investasi yang ditawarkan. Kalian harus mengikuti pedoman-pedoman seperti ini:

1. Jika imbal hasil yang dijanjikan melebihi bunga pinjaman bank per tahun maka kita perlu curiga, terlebih jika dijanjikan mendapat tingkat imbal hasil yang tetap. Hal ini menandakan perusahaan penyedia money game tidak mendapat kepercayaan dari perbankan untuk mengembangkan usahanya sehingga mereka mencari pendanaan dari masyarakat dengan iming-iming imbal hasil besar, melebihi 12% per tahun.

2. Investasi dengan imbal hasil lebih dari 12% per tahun dalam kenyataannya ada di pasar keuangan, seperti investasi di saham. Namun investasinya berisiko tinggi, ada kemungkinan investor merugi dan imbal hasil tidak bersifat tetap. Kemungkinan risiko tinggi ini dijelaskan oleh tenaga pemasar pialang yang menawarkan investasi saham, berbeda dengan money game yang tidak mengungkapkan risiko dan hanya janji-janji surga indah yang dijelaskan ke calon nasabah atau investor.

Baca juga: Tips Atur Resolusi Keuangan 

Sekilas, money game memang terlihat seperti bisnis yang mudah. Dengan memahami ciri-ciri money game, kamu bisa terhindar dari penipuan dan mencari peluang bisnis menguntungkan yang terjamin keamanan serta legalitasnya.