Salah satu cara mengelola gaji agar bisa mengalokasikan dana untuk menabung dan berinvestasi adalah dengan berhemat. Godaan untuk menghabiskan penghasilan pasti selalu ada. Tapi jika kamu ingat tujuan keuangan yang hendak dicapai, pasti akan lebih bisa menahan diri.

Baca juga: Kartu Kredit untuk First Jobber?

Inspirasi untuk menjalankan kebiasaan berhemat bisa kita ambil dari mana saja, termasuk dari selebritas dunia, lho. Siapa tahu ada yang bisa kamu tiru untuk menambah tabungan dan investasi. Simak cerita menariknya berikut ini.

Kristen Bell

Pengisi suara Putri Anna di film animasi Frozen ini dikenal superhemat di kalangan Hollywood. Salah satu contohnya, Kristen gemar mengumpulkan kupon diskon dari toko-toko. Diskon itu akan digunakannya saat berbelanja di toko yang mengeluarkan kupon tersebut.

Waktu menjadi bintang tamu talk show Conan yang dipandu Conan O’Brien, Kristen mengaku paling suka memanfaatkan kupon diskon dari Bath & Beyond. “Mereka memberikan diskon 20%, jadi saat membeli air conditioner aku tinggal membayar 80%,” katanya.

Keira Knightley

Konon, kekayaan aktris yang membintangi film Pirates of Caribbean ini bernilai sekitar US$60 juta pada tahun 2019. Namun bergelimang harta rupanya tak lantas menjadikan Keira hidup berfoya-foya. Dalam wawancaranya dengan majalah Glamour tahun 2014 silam, Keira mengaku berusaha hidup hanya dengan budget US$50.000 per tahun.

“Menurutku menjalani gaya hidup [mewah] membuat kita tidak bisa bergaul dengan orang-orang di luar gaya hidup tersebut. Itu akan mengasingkan kita,” katanya.

Mila Kunis

Saat menikah dengan Ashton Kutcher tahun 2015, Mila mengaku membeli cincin kawin di situs pernak pernik Etsy.com. Harga cincin Mila US$90 sedangkan cincin Ashton US$100 sehingga total senilai US$190 saja.

Menurut Mila dalam acara talkshow Conan yang dipandu Conan O’Brien, membeli cincin pernikahan yang sederhana adalah hal ‘biasa saja’. Dia dan Ashton memutuskan berhemat dan membeli cincin pernikahan yang murah setelah melihat harga cincin pernikahan yang sangat mahal di toko perhiasan Tiffany and Co.

Ed Sheeran

Sekarang Ed dikenal sebagai salah satu penyanyi dan pencipta lagu paling sukses di dunia. Siapa yang enggak kenal lagu-lagunya seperti Thinking Out Loud, Photograph, dan PerfectTapi ternyata Ed hidupnya hemat banget, lo. Saat diwawancarai media Irish Examiner, Ed mengaku masih menggunakan tabungannya sejak mahasiswa dan dia membatasi pengeluarannya dengan memberikan uang saku pada dirinya sendiri sebesar US$1000 per bulan. “Kebanyakan habis untuk ongkos taksi,” ujar Ed.

Ide membatasi uang saku ini bisa juga kita tiru dalam mengelola gaji, ya?

Sarah Jessica Parker

Peran Sarah sebagai Carrie Bradshaw yang seorang fashionista di serial Sex and the City enggak jauh dengan kesehariannya. Sarah juga dikenal punya selera fashion yang tinggi. Meski begitu Sarah enggak gengsi berhemat dan mendandani tiga anak perempuannya dengan baju-baju “warisan” pemberian sepupu-sepupu mereka. Padahal, konon kekayaan Sarah sudah bernilai US$90 juta. Wow!

Baca juga: Tips Kelola Keuangan untuk Pasangan Muda

Ashley Greene

Aktris yang membintangi film Twilight ini belajar hidup hemat dari sang ayah. Menurut Ashley dalam wawancaranya dengan majalah Marie Claire, kebiasaan ini membantunya mengelola gaji dari pekerjaannya sebagai aktris yang kadang tidak menentu.

“Jadi kalau aku sedang tidak ingin berakting selama dua atau tiga tahun, aku masih bisa membayar pengeluaran rumah, mobil, dan memberi makan anjing-anjingku,” ungkap Ashley. Salah satu cara Ashley dalam berhemat adalah selalu membeli tiket kelas ekonomi dan bukannya kelas satu saat naik pesawat. Menarik, ya, cara-cara para selebritas dunia dalam menjalankan kebiasaan berhemat. Kalau mereka bisa, kamu pun tentu bisa mulai lebih bijak mengelola gaji dan berhemat dalam hidup sehari-hari.