Di bulan Maret 2019 lalu, ada pasangan pengantin yang menjadikan reksa dana sebagai mahar perkawinan mereka. Calon pengantin pria yang merupakan karyawan PT Bursa Efek Indonesia memberikan sembilan produk reksa dana ke calon pengantin wanita yang juga bekerja di industri pasar modal.

Memang bukan seperti mahar pada umumnya seperti uang, emas, atau seperangkat alat salat.. Sang calon suami beralasan ingin menyebarkan semangat investasi ke masyarakat. Selain itu mahar reksa dana menjadi sarana investasi untuk masa depan keluarga.

Baca juga: Plus Minus Investasi Saham

Nah, bagi kamu investor pemula yang akan segera menikah, berikut ini beberapa alasan reksa dana cocok dijadikan sebagai mahar perkawinan.

Nilai terjangkau

Untuk membeli sebuah produk reksa dana tidak perlu mengeluarkan uang banyak. Mulai saja dengan menabung reksa dana senilai Rp500.000 sebagai mahar perkawinan. Setelah menikah kamu bisa melanjutkan menabung reksa dana per bulannya.

Berguna untuk dana pendidikan anak

Setelah menikah dan punya anak, tentu kebutuhan hidup semakin meningkat. Seiring bertambah usia anak, memerlukan biaya pendidikan hingga jenjang universitas. Mahar berupa reksa dana bisa digunakan sebagai persiapan dana pendidikan anak. Kita tahu biaya pendidikan anak saat ini semakin tinggi karena itu perlu dipersiapkan sejak dini. Untuk biaya kuliah yang mencapai puluhan hingga ratusan juta rupiah bisa diantisipasi dengan menabung reksa dana Rp500.000 per bulan selama minimal 10 tahun.

Persiapan pensiun saat kepala keluarga tidak produktif lagi

Sebagai kepala keluarga tugas utamanya adalah mencari penghasilan untuk keluarga. Namun seiring bertambahnya usia maka produktivitas akan menurun, demikian pula penghasilan. Karena itu perlu produk keuangan yang bisa menunjang biaya hidup keluarga di usia pensiun, salah satunya adalah reksa dana.

Nilainya berkembang dibandingkan mahar lain

Jika mahar berupa uang, maka nilainya akan mengalami penyusutan di masa depan karena faktor inflasi. Demikian juga jika maharnya emas maka nilainya hanya naik mengikuti inflasi di Indonesia yang saat ini cenderung rendah, di bawah 5% per tahun karena emas merupakan investasi non yield dan berfungsi sebagai investasi lindung nilai atau hedging.

Bandingkan jika mahar berupa reksa dana saham yang memberi kenaikan nilai aktiva bersih per unitnya sekitar 15%-20% per tahun.

Reksa dana dirasakan manfaatnya dalam jangka panjang

Sama dengan usia perkawinan yang diharapkan panjang dan seumur hidup, reksa dana bisa dirasakan manfaatnya dalam jangka panjang, seperti reksa dana saham. Dengan fungsi reksa dana sebagai salah satu investasi jangka panjang, investor pemula yang memberikannya sebagai mahar perkawinan bisa juga menjadikan reksa dana sebagai lambang pernikahan yang abadi.

Bisa dijadikan warisan

Sama halnya dengan saham, reksa dana bisa diwariskan ke anggota keluarga, seperti anak dan isteri. Saat kamu registrasi jadi nasabah reksa dana, kamu mengisi nama isteri atau anak pada kolom ahli waris. Umumnya orang Indonesia mewariskan properti seperti rumah dan tanah ke anak-anaknya, sehingga mahar reksa dana jadi warisan yang unik.

Cara menjadikan reksa dana dan saham sebagai mahar

Melalui akun Twitternya , @IDX_BEI, PT Bursa Efek Indonesia menerangkan cara menjadikan reksa dana dan saham sebagai mahar. Menurut BEI, ada dua cara bagi calon pengantin yang menggunakan saham sebagai mahar. Cara ini juga berlaku bagi mereka yang ingin menjadikan reksa dana sebagai mahar.

  1. Buka rekening di perusahaan sekuritas untuk calon istri, isikan saldo atau dana investasi dan belikan sahamnya, lalu cetak konfirmasi trading dari sekuritas tersebut. Untuk reksa dana, calon suami membukakan rekening atas nama isteri di perusahaan asset management.
  2. Calon suami beli sahamnya, pindahkan saham tersebut ke akun investasi calon istri, lalu melalui sekuritasnya, cetak warkat saham tersebut di Biro Administrasi Efek. Sementara untuk reksa dana bisa menunggu rekening koran yang dikirimkan oleh perusahaan asset management, di mana akan tertera nama isteri, transaksi pembelian dan saldo.

Baca juga: Investasi Terbaik Sepanjang Sejarah

Menarik bukan idenya? Dengan mahar perkawinan berbentuk reksa dana, kamu sebagai investor pemula tidak hanya menjadikan momen istimewamu tak terlupakan, tetapi juga menyiapkan masa depan cerah bagi keluarga.