Dalam membangun sebuah usaha kecil menengah diperlukan investasi berupa modal uang untuk membeli keperluan usaha dan juga membeli atau menyewa tempat usaha. Di luar investasi berupa uang, ada investasi-investasi mudah lain yang tak kasat mata atau tak terlihat, namun merupakan investasi yang bagus untuk menunjang keberhasilan usahamu.

Baca juga: Pilihan Investasi Menguntungkan Saat Inflasi

Disarikan dari berbagai sumber, berikut adalah investasi-investasi itu:

Investasi Ilmu

Konglomerat asal Hong Kong Li Ka Shing mengatakan kesuksesannya didapat antara lain karena didukung kebiasaannya membaca buku. Walau tidak merasakan pendidikan tinggi, namun Li rajin membaca buku. Luangkan waktu untuk membaca berbagai jenis buku. Bacalah dengan cermat sekaligus pelajari hal-hal penting yang diajarkan dalam buku tersebut. Setelah membaca, ceritakan apa yang kamu baca dengan menggunakan bahasa sendiri.

Dengan berbagi kisah dan pengetahuan kepada orang lain, kredibilitas akan meningkat. Selain itu, orang akan mengenal kamu sebagai orang yang berwawasan luas. Pengetahuan luas akan memberi ide-ide saat kamu mengalami kesulitan, dengan kata lain kreativitasmu akan meningkat. Kreativitas dapat membuatmu menghasilkan karya yang disukai orang.

Selain dari buku, kamu juga bisa mendapat pengetahuan dan keterampilan dari pelatihan-pelatihan, seminar, atau kursus online. Mulai dari sekarang sisihkan pendapatanmu demi mendapatkan ilmu yang lebih banyak lagi.

Investasi Kesehatan

Walaupun kaya raya namun jika menderita banyak penyakit, apalagi sakit parah, tentu orang tersebut tidak bisa menikmati hidup. Jika sakit-sakitan kamu tidak bisa melakukan pekerjaan utama atau kegiatan sehari-hari lainnya. Karena itu untuk mencegah penyakit menghampiri, kita wajib berolahraga secara teratur dan menjaga pola makan yang sehat. Hindari gaya hidup yang tidak sehat seperti bergadang dan merokok.

Investasi Sosial

Menjalin relasi dengan banyak orang akan memberi manfaat, yaitu jaringan yang luas, kemudahan akses dan kepercayaan atau trust. Semua ini diperlukan dalam membangun bisnis.

Sesekali mengajak makan siang atau makan malam satu dua relasi bisnismu dalam suasana santai akan membangun hubungan yang baik dengan mereka. Selain itu kamu juga bisa memberikan hadiah atau oleh-oleh sebagai tanda apresiasi pada orang-orang yang membantu bisnismu. Di sisi lain, membangun relasi bisnis yang baik tidak selalu harus mengeluarkan biaya, lo. Kamu juga bisa melakukannya melalui sentuhan personal seperti memberikan ucapan selamat ulang tahun atau hari raya. Ini salah satu investasi yang bagus untuk memperkuat lingkaran pertemanan dan relasi kamu. Meski kelihatannya sepele, menjaga relasi sosial dapat berpengaruh besar pada kesuksesan kamu kelak.

Baca juga: Investasi Streetwear, Mau Mencoba?

Investasi Mudah Berupa Integritas

Integritas tak kalah penting dari semua yang disebutkan di atas. Jika kamu jujur dan bisa konsisten mempertahankannya, maka kamu akan memenangkan kepercayaan dari banyak orang. Jika kamu sudah memiliki reputasi baik maka orang akan menghormatimu, termasuk apa yang kamu lakukan.

Kesan positif atau apresiasi akan didapat pada produk atau karya yang kamu hasilkan. Dengan reputasi yang baik, relasi bisnis dan teman-temanmu akan mudah mempromosikan produk atau karyamu. Dampaknya pun akan positif pada perkembangan bisnismu.

Jadi, bagi kamu yang sedang merintis usaha atau bisnis, jangan lupa memupuk investasi yang bagus di luar modal uang seperti di atas, ya. Setuju?