Kalau kamu selalu berpikir memulai investasi haruslah dengan modal besar, kini saatnya kamu berpikir ulang. Berkat teknologi canggih dan kesadaran investasi yang makin tinggi, sekarang kamu bisa melakukan investasi kecil-kecilan termasuk dengan uang receh yang selama ini kamu anggap sepele.

Baca jugaSukuk, Investasi Syariah yang Sedang Naik Daun

Harus diakui tidak semua calon investor memiliki dana lebih untuk disimpan. Namun itu bukan alasan untuk tidak berinvestasi. Terbukti beberapa platform investasi online membuka kesempatan bagi investor pemula tetap berinvestasi meskipun dengan dana terbatas.

Ayo siapkan dana recehanmu sambil menyimak platform investasi online bermodal kecil yang layak kamu coba.

Beli emas di Tokopedia

Buat yang rajin belanja online, nama Tokopedia bukan hal yang asing. Kini Tokopedia bukan saja memfasilitasi kamu berbelanja tetapi juga membantu kamu melakukan berbagai transaksi keuangan termasuk investasi.

Salah satu investasi kecil-kecilan yang sedang getol digadang-gadang oleh Tokopedia adalah investasi emas, yang mulai ada sejak Maret 2018. Bahkan hanya bermodal Rp500 saja, kamu  bisa membeli dan menabung emas digital di platform belanja yang satu ini.

Selain membeli emas, kamu juga bisa langsung menjual emas yang sudah kamu kumpulkan dengan mudah. Transaksi bahkan dibuka 24 jam, kapan pun dan di mana pun, kamu bisa membeli dan menjual emas. Kelebihan lainnya? Harga emas di Tokopedia cukup bersaing dan Tokopedia berpartner dengan PT Pegadaian Emas yang cukup berpengalaman dalam hal investasi emas bermodal kecil.

Saat ini Tokopedia baru menyediakan fitur pengambilan langsung untuk nasabah yang ingin mencetak tabungan mereka dalam bentuk fisik [batangan emas] di semua cabang Pegadaian. Rencananya pertengahan tahun ini Tokopedia akan menjalin kemitraan dengan pihak ketiga yang akan mengantarkan emas dalam bentuk fisik ke nasabahnya.

Baca juga: Pilihan investasi menguntungkan saat inflasi

Kumpulkan emas dengan BukaEmas di Bukalapak

Selain Tokopedia, e-commerce yang cukup prominen di Indonesia yaitu Bukalapak juga menawarkan layanan investasi kecil-kecilan yaitu investasi emas. Investasi emas di e-commerce yang satu ini dimulai pada Juni 2017 dengan investasi minimal Rp100.

Dalam aktivitasnya, Bukalapak menggandeng PT Antam, sehingga emas yang nanti kamu beli dan kumpulkan akan disimpan di brankas PT Antam yang terkenal aman. Kelebihannya? Emas bisa ditarik secara fisik jika beratnya sudah mencapai 1 gram. Kamu bisa menunggu emasmu di rumah, karena emas akan dikirim langsung sekaligus surat-suratnya. Untuk proses ini kamu hanya membayar sertifikat dan ongkos kirimnya. Menarik, bukan?

Investasi kecil-kecilan dengan Bibit.id

Reksa dana memang kerap menjadi pilihan investasi karena keuntungannya lumayan tinggi dengan modal yang tidak terlalu besar. Tetapi hanya segelintir aplikasi yang memberikan kesempatan berinvestasi reksa dana dengan modal Rp10.000 saja, salah satunya adalah Bibit.id.

Bibit.id memang masih tergolong muda dalam kancah investasi di Indonesia karena baru lahir Januari 2019 lalu. Tetapi platform ini cukup ambisius dan punya strategi yang tidak main-main. Terbukti pada April 2019, Bibit.id berhasil mengandeng Go-Pay sebagai mitranya. Kelebihannya, milenial yang memiliki saldo Go-Pay bisa melakukan investasi kecil-kecilan tanpa harus membayar biaya transfer.

GandengTangan, patungan sambil investasi

GandengTangan adalah salah satu platform crowdlending yang akan membuat kamu menjalin hubungan dengan pelaku usaha menengah kecil (UMKM). Aplikasi GandengTangan sudah ada sejak 2017 lalu, dan telah menyalurkan dana pinjaman ke ratusan pengusaha UMKM. Model usahanya memang hampir sama dengan P2P lending, namun uniknya melakukan bagi hasil ketimbang membelakukan bunga pinjaman.

Pada April 2019 lalu, GandengTangan meluncurkan aplikasi pengelolaan bagi lender atau pendana. Aplikasi baru ini memudahkan investor untuk melakukan top up, menarik dana, mendanai usaha mikro, dan memantau transaksi. Di aplikasi ini kamu hanya perlu mengeluarkan dana minimal Rp50.000 dan bisa membantu pengusaha UMKM mengembangkan usahanya. Kalau mereka untung, maka imbal hasil yang kamu dapatkan pun lumayan.

Crowde, berinvestasi di pertanian tanpa harus mencangkul

Aplikasi investasi bermodal minim lainnya adalah Crowde. Crowde merupakan aplikasi investasi di bidang pertanian dengan memberikan tiga kategori investasi; pinjaman, pinjaman syariah, dan bagi hasil. Pemberi pinjaman atau investor akan menerima bunga hingga pinjaman itu lunas. Sementara ada penilaian untuk risiko termasuk hama, cuaca, rating petani, dan masa panen. Untuk berinvestasi di Crowde, kamu tidak perlu merogoh kocek terlalu dalam, karena investasinya minimal Rp10.000 saja.

Dengan banyaknya platform investasi online modal recehan, sepertinya rencana investasi bukan lagi sekadar mimpi dan bisa langsung diwujudkan. Ayo mulai dari investasi kecil-kecilan untuk hasil yang luar biasa di masa depan.