Selama ini kamu pasti menggunakan kartu kredit untuk segala urusan yang berbau konsumtif. Mulai dari membayar makanan, belanja, liburan, bahkan mencicil barang mahal. Tetapi pernahkah kamu berpikir untuk mulai berinvestasi memanfaatkan kartu kredit?

Baca juga: Model Investasi Emas yang Sedang Tren 

Teknologi dan aplikasi belanja online yang jumlahnya cukup banyak saat ini membuka peluang untuk berinvestasi dengan kartu kredit. Misalnya saja berinvestasi emas. Emas memang terhitung salah satu investasi terbaik. Sayangnya dibutuhkan dana yang tidak sedikit untuk bisa memiliki emas secara fisik, sehingga sering membuat investor pemula yang bergaji pas-pasan mengurungkan niat untuk memulai investasi.

Nah, kalau kebetulan kamu memiliki kartu kredit, investasi terbaik yang satu ini bisa kamu mulai. Tertarik? Langkah-langkah di bawah ini bisa kamu coba.

Cek pembelian emas di aplikasi toko online

Saat ini banyak toko emas yang menjual produk secara online. Bukan hanya emas perhiasan, tetapi juga emas batangan yang memiliki sertifikat Antam. Beratnya bervariasi dari 1 gram, 5 gram, 10 gram, 25 gram, bahkan 100 gram. Toko-toko tersebut memberikan pelayanan antar ke pembeli menggunakan jasa ojek online. Jadi dalam hitungan jam, emas sudah di tanganmu.

Kamu bisa mengecek aplikasi toko online langgananmu untuk mencari informasi. Bisa juga bertanya langsung ke mereka lewat fasilitas chat yang tersedia.

Pastikan toko online emas itu tepercaya

Langkah kedua yang bisa dilakukan adalah memastikan toko online incaranmu dapat dipercaya. Kamu bisa melihat data toko, sudah berapa kali terjadi transaksi barang yang sama di toko tersebut. Bisa juga melihat jumlah follower, testimoni pembeli, atau bertanya pada rekan yang sudah pernah membeli emas di toko tersebut. Kelebihan lain membeli emas via aplikasi toko online, dana yang kamu bayar tidak akan langsung disetor ke penjual oleh pihak aplikasi sampai kamu memberikan persetujuan. Jadi kemungkinan ditipu semakin kecil.

Cek harga emas

Sebelum membeli, kamu harus mengecek terlebih dahulu berapa harga emas saat ini. Akan lebih baik lagi jika kamu bisa membandingkan harga emas di satu toko online dengan toko online lainnya. Jangan buru-buru membeli sebelum kamu tahu pasti bagaimana kondisi pergerakan emas setidaknya dalam satu minggu terakhir. Direkomendasikan membeli emas saat harga sedang turun agar benar-benar jadi investasi terbaik.

Pilih cicilan nol persen

Kalau semua sudah oke, kamu bisa langsung membeli emas memakai kartu kredit. Jika bank penerbit kartu kreditmu bekerja sama dengan toko emas online tersebut, pilih program cicilan dengan bunga nol persen. Kamu bisa memilih lama cicilan sesuai dengan kemampuan. Bisa 3 bulan, 6 bulan, 12 bulan, atau 24 bulan tergantung syarat dan ketentuan yang berlaku. Tetapi perlu diingat, makin lama cicilan, biaya administrasi yang harus dibayar juga berlaku makin panjang.

Setelah kamu lunas membayar, biasanya emas akan langsung diantar. Cek juga biaya antarnya, apakah masih sepadan dengan keuntungan yang akan kamu peroleh.

Bagaimana membeli di toko emas langsung?

Malas membeli di toko emas online karena belum yakin keasliannya? Kamu masih bisa menerapkan cicilan kartu kredit saat membayar emas di toko offlineCaranya bisa ada dua, pertama, langsung bisa memilih jangka waktu cicilan saat bertransaksi di toko. Ini bisa dilakukan bila kebetulan bank yang mengeluarkan kartu kredit kamu bekerja sama dengan toko emas tersebut.

Cara lain, menghubungi bank penerbit kartu kredit untuk mendapat fasilitas cicilan setelah transaksi dilakukan. Biasanya bank penerbit akan langsung menawarkan fasilitas cicilan dengan bunga tertentu jika nasabah bertransaksi dengan nominal yang cukup besar. 

Baca juga: Hal yang Harus Diketahui Sebelum Investasi Emas

Cek keaslian emas

Sebagai investor pemula, pasti ada sedikit rasa cemas apakah emas yang kamu beli asli 100 persen. Buat kamu yang masih penasaran, bisa download aplikasi berbasis CertiEye di smartphone-mu. Aplikasi ini dapat digunakan untuk memindai barcode di sertifikat emasmu.

Biasanya setelah di-scan, muncul logo Antam dan tulisan “Authenticated” yang berarti emas milikmu itu asli. Setelah emas kamu dapatkan, jangan lupa ada kewajiban melunasi cicilan kartu kreditmu. Pastikan kamu membayar lunas setiap bulan untuk menghindari bunga dan denda yang membengkak.

Jadi, daripada sekadar membeli barang konsumtif dengan kartu kredit, kenapa tidak sekalian membeli emas yang harganya pasti akan naik? Bukankah emas termasuk investasi terbaik?