Banyak investor pemula ingin tahu apa itu  saham free float. Sebenarnya saham free float merupakan istilah lain dari saham publik atau saham yang bisa dibeli oleh masyarakat umum di luar pemegang saham mayoritas. Saham free float ini adalah saham yang beredar dan dapat ditransaksikan di pasar reguler. Saham free float terkait dengan kepemilikan saham perusahaan: mayoritas/minoritas dan juga volatilitas harga saham tersebut.

Baca juga: Langkah-Langkah Sederhana Berinvestasi Saham

Supaya kamu sebagai investor pemula tahu apa itu saham free float, berikut ini penjelasannya.

Kepemilikan mayoritas dan minoritas saham

Menurut ketentuan Bursa Efek Indonesia, investor disebut sebagai pemegang saham mayoritas jika mereka memiliki porsi kepemilikan perusahaan lebih dari 5%. Jika kepemilikan di bawah 5% maka dianggap sebagai minoritas dan kekuasaannya juga lebih kecil dalam menentukan kebijakan perusahaan.

Sebagai pemegang saham mayoritas sebuah perusahaan, tentu menjadi pihak yang menikmati keuntungan perusahaan paling besar. Seperti diketahui pemegang saham berhak menikmati dividen atau laba bersih perusahaan yang dibagikan ke investor.

Berikut ini ilustrasi mengenai kepemilikan saham mayoritas dan minoritas. Sebut saja, Amir, merupakan investor mayoritas perusahaan tekstil XYZ dengan memiliki 50% lembar saham perusahaan. Di bawah Amir, ada pemegang saham mayoritas lainnya, yakni Tommy dan Belinda, masing-masing 27% dan 23%. Mereka bertiga merupakan pendiri perusahaan XYZ.

Suatu saat, perusahaan XYZ menjadi perusahaan publik dengan melepas 10% sahamnya sehingga kini sahamnya bisa dibeli dan dijual dengan bebas di Bursa Efek Indonesia. Setelah menjadi perusahaan publik, kepemilikan saham Amir, Tommy dan Belinda berkurang, menjadi tinggal 45%, 24% dan 21%. Namun mereka tetap menjadi pemegang saham mayoritas perusahaan XYZ.

Sebagai pemegang saham mayoritas perusahaan XYZ, Amir, Tommy dan Belinda tentunya memproteksi saham dengan menyimpan sahamnya, menjaga operasional perusahaan terus meningkat, dan menikmati hasil keuntungan dari deviden tahunan. Mereka bukanlah trader saham yang menjual dan membeli saham setiap hari di bursa karena mereka tidak ingin kepemilikan sahamnya berkurang. Jika Tommy menjual 4% sahamnya maka Tommy akan berkurang pengaruhnya dibandingkan Belinda dan kalah suara untuk menentukan arah kebijakan perusahaan. Tentunya juga saat pembagian dividen, porsi keuntungan yang didapat Tommy akan lebih sedikit dibandingkan Belinda.

Sebaliknya, investor retail yang memegang saham publik dari perusahaan XYZ memiliki pandangan berbeda dari Amir, Tommy, dan Belinda. Mereka mengincar capital gain atau selisih dari kenaikan harga saham XYZ. Inilah yang disebut sebagai saham free float.

Baca juga: Plus Minus Investasi Saham

Volatilitas harga saham

Saham free float penting bagi investor karena terkait dengan volatilitas harga saham perusahaan. Saham dengan free float kecil cenderung lebih fluktuatif atau ekstrem kenaikan dan penurunan harganya karena hanya ada sejumlah terbatas saham yang dapat dibeli atau dijual.

Sesuai hukum permintaan dan penawaran, jika ada permintaan besar maka harga saham akan naik, Nah, jika ada permintaan sangat besar sementara ketersediaan minim karena porsi saham free float yang kecil, maka harga akan melompat tinggi. Sebaliknya, jika banyak yang ingin menjual maka harganya akan terjun bebas.

Untuk alasan yang sama, perusahaan dengan saham free float yang lebih besar umumnya lebih stabil harganya. Jika ada saham free float besar maka jumlah frekuensi transaksinya cenderung tinggi namun tidak terlalu volatil.

Investor institusi dengan kekuatan dana yang sangat besar lebih suka berinvestasi dalam saham dengan free float besar, karena mereka dapat membeli atau menjual sejumlah besar saham tanpa banyak mempengaruhi harga saham.

 

Peraturan terbaru dari Bursa Efek Indonesia mewajibkan perusahaan publik menyediakan saham  free float sebesar minimal 7.5%. Jika ada perusahaan publik yang masih di bawah ketentuan tersebut maka diwajibkan melakukan aksi korporasi agar saham free float-nya bertambah.

Semoga dengan penjelasan di atas, wawasan kamu sebagai investor pemula mengenai apa itu saham free float bertambah ya!