Status sebagai pelajar jangan sampai menghalangi langkah kamu dalam menghasilkan uang. Tanpa harus bekerja penuh waktu dan kehilangan waktu belajar, kamu tetap bisa mendapatkan penghasilan salah satunya dari hobi menulis.

Dengan perkembangan internet yang pesat, peluang untuk mendapatkan uang dengan menjadi penulis di berbagai platform terbuka lebar. Berikut ini beberapa peluang mendapatkan penghasilan dari hobi menulis yang bisa kamu lakukan:

Publisher Google Adsense

Jika kamu punya hobi menulis sebaiknya tuangkan hasil karyamu dalam bentuk blog. Lewat blog, hasil karyamu akan dibaca oleh banyak orang. Selain akan mendapatkan apresiasi dari para pembaca, kamu juga berpeluang memperoleh pendapatan dari iklan yang ditayangkan di blog tersebut.

Iklan berbayar di blog ini disediakan oleh beberapa penerbit iklan, terutama yang paling populer adalah Google Adsense.  Tapi sebelum mulai menghasilkan uang, blog kamu harus didaftarkan terlebih dahulu ke Adsense. Ada proses review blog sebelum kamu diterima menjadi publisher Adsense. Jadi pastikan blog kamu sudah mengikuti standar dan kebijakan Adsense agar bisa diterima dan mulai menghasilkan uang.

Setelah diterima sebagai publisher Adsense, blog kamu bisa menayangkan iklan dari Adsense. Kamu akan mendapatkan pendapatan dari orang yang melihat dan mengklik iklan tersebut. Semakin banyak pengunjung blog, semakin banyak pula peluang kamu mendapatkan uang dari Adsense.

Baca juga: Yuk, Cari Uang Ekstra dari 7 Pekerjaan Ini

Setiap akhir bulan, pendapatan kamu dari Adsense akan ditransfer ke rekening bank yang telah didaftarkan jika telah mencapai nilai minimal USD100 atau setara Rp1,4 juta. Potensi pendapatan dari Adsense tidak dibatasi. Jadi uang yang bisa diperoleh dari Adsense bisa mencapai jutaan bahkan miliaran rupiah per bulannya.

Penulis Facebook Instant Article

Hobi menulis juga bisa kamu salurkan lewat media sosial Facebook. Sejak tahun 2015, Facebook telah memperkenalkan program Facebook Instant Article yang ditayangkan di fanspage Facebook. Hampir sama dengan Adsense, program ini memberikan kesempatan pada penulis untuk menerima pendapatan dari iklan yang ditayangkan di artikel yang diterbitkan di fanspage.

Untuk meraih pendapatan dari artikel instan Facebook, kamu harus memiliki fanspage yang didaftarkan pada program tersebut. Artikel instan juga bisa dihubungkan dengan blog kamu. Jadi artikel yang terbit di blog akan dibagikan otomatis ke fanspage yang kamu miliki.

Meski belum sepopuler Adsense, namun sudah banyak orang yang bisa mendapatkan uang dari artikel instan Facebook ini. Pendapatannya diperoleh dari orang yang membaca dan mengklik iklan yang tayang di artikel instan tersebut.

Baca juga: Affiliate Marketing, Usaha Milenial Tanpa Modal yang Menjanjikan

Nilai minimal agar pendapatan bisa dicairkan adalah USD100 atau setara Rp1,4 juta. Dana tersebut akan ditransfer ke rekening bank atau Paypal yang telah didaftarkan. Pencairan dana dilakukan dua kali dalam sebulan.

Indonesia sendiri merupakan salah satu negara dengan jumlah pengguna Facebook terbesar di dunia. Hal tersebut tentu saja menjadi potensi yang sangat bagus karena ada banyak orang yang akan membaca artikel instan yang diterbutkan di fanspage. Alhasil, potensi pendapatan yang bisa kamu peroleh dari artikel instan Facebook pun tak kalah besar.

Penulis konten web

Agar mudah ditemukan dalam pencarian di mesin pencari Google, sebuah website harus memiliki banyak artikel yang dioptimasi atau search engine optimization (SEO). Karena alasan itulah, banyak perusahaan rela membayar content writer untuk menulis artikel di web perusahaan.

Sebagian besar perusahaan menggunakan jasa freelance content writer karena dinilai lebih efisien ketimbang merekrut pegawai tetap. Biasanya perusahaan membuka lowongan penulis freelance secara mandiri atau menggunakan jasa perusahaan penyedia artikel atau content marketplace.

Baca juga: Yuk, Pelajari 5 Pendapatan Pasif Ini Untuk Masa Depanmu

Jika tertarik untuk menjadi freelance content writer, kamu bisa melamar di website perusahaan yang menyediakan peluang tersebut. Cara lainnya, kamu bisa mendaftar di situs content marketplace yang menghubungkan antara penulis dengan perusahaan yang membutuhkan jasa penulisan artikel.

Penulis di platform news agregator

Ada sejumlah platform news agregator yang memberikan peluang bagi siapa saja untuk menulis di platform tersebut. Kamu bisa menulis artikel dengan topik yang tengah populer saat ini. Jumlah artikel yang bisa ditulis juga tidak dibatasi. Jadi dalam sehari kamu bisa menulis banyak sekali artikel sesuai kemampuanmu.

Dalam hal ini, kamu tidak perlu melakukan peliputan atau wawancara langsung terkait topik yang akan ditulis seperti halnya wartawan. Umumnya, news agregator mengizinkan penulisnya melakukan kompilasi bahan tulisan dari berbagai sumber termasuk dari artikel yang telah terbit di media lain. Namun artikel yang diterbitkan harus orisinal alias bukan hasil copy paste dari media lain.

Penghasilan kamu dari news agregator dihitung dari jumlah orang yang membaca artikel yang ditulis. Jadi jumlah artikel yang kamu terbitkan tidak terlalu menentukan jumlah penghasilan yang akan diperoleh. Meskipun hanya menerbitkan beberapa artikel, penghasilanmu akan lumayan besar jika artikel-artikel tersebut banyak dibaca orang.

Untuk itu, sebelum menulis sebaiknya kamu melakukan riset terlebih dahulu topik yang tengah banyak dicari orang dari internet. Jadi artikel kamu berpotensi mendapatkan banyak kunjungan dan bisa memberikan pendapatan yang besar.

Penulis opini di media massa

Jika kamu seorang yang kritis dan selalu mencermati isu-isu terkini, ada baiknya kamu mencoba peruntungan dengan menjadi penulis lepas di media massa. Sejumlah media massa memberikan honor cukup besar untuk artikel opini yang diterbitkan.

Namun untuk bisa menembus media massa tentu tidak mudah. Apalagi artikel opini yang masuk ke meja redaksi sangat berlimpah. Jadi hanya tulisan-tulisan yang berkualitas tinggi yang akan naik cetak atau tayang.

Sedangkan bagi yang tidak tertarik menulis opini tapi suka menulis karya sastra, kamu bisa mengirimkan cerpen atau puisi ke berbagai media massa atau situs penulis. Kamu akan mendapatkan honor dari setiap cerpen atau puisi yang diterbitkan.

Baca juga: Millenials, Miliki Asuransi Bencana!

Penulis buku

Kamu juga bisa menghasilkan uang dengan menulis buku. Jika kamu memiliki naskah buku dengan tema yang menarik, kamu bisa menghubungi perusahaan penerbit untuk menerbitkan buku kamu. Jika disetujui, buku kamu akan dicetak dan dipasarkan oleh perusahaan tersebut. Kamu akan mendapatkan pembagian keuntungan dari hasil penjualan buku.

Selain itu, kamu juga bisa menerbitkan buku secara mandiri atau self-publishing. Dengan menerbitkan buku sendiri kamu harus menulis naskah, membuat layout dan cover, mencetak dan menjualnya sendiri. Jika tidak mau repot, kamu bisa menggunakan jasa beberapa situs self-publishing.

Untuk self-publishing, kamu harus mengeluarkan modal penerbitan terlebih dahulu. Kamu juga bisa menentukan sendiri harga buku dan keuntungan yang akan diperoleh. Yang perlu diingat, ada risiko stok menumpuk jika buku belum terjual. Hal tersebut harus dipertimbangkan sebelumnya agar tidak ada uang yang terbuang.

Selain menerbitkan buku cetak, kamu juga bisa menerbitkan buku elektronik atau e-book. E-book tersebut bisa kamu jual sendiri atau dijual di situs marketplace yang menjual produk-produk digital.

Selain bisa mendapatkan uang dari menulis buku, sisi positif dari menerbitkan buku karya sendiri adalah membangun personal branding. Buku yang kamu terbitkan bisa menambah portofolio karya yang bisa kamu banggakan ke orang lain.

Itulah beberapa cara mendapatkan uang bagi pelajar yang memiliki hobi menulis. Semoga bisa menginspirasi.