Pembagian saham dari manajemen ke karyawan  dikenal dengan istilah Management Employee Stock Option Plan ( MESOP) sebagai bentuk penghargaan atas kinerja karyawan dan juga jajaran manajemen. Kebijakan ini dilakukan perusahaan publik maupun perusahaan tertutup.

Baca juga: Persiapkan Pensiunmu dari Sekarang!

Meski demikian ada juga perusahaan yang menjual saham MESOP ke karyawan namun dengan harga diskon. Dalam Peraturan Otoritas Jasa Keuangan nomor 3 Tahun 2014, disebutkan Program Kepemilikan Saham oleh Karyawan adalah program penawaran kepada Karyawan untuk memiliki saham atau opsi yang mengandung hak untuk memperoleh saham, baik secara langsung maupun tidak langsung.

Berikut ini hal-hal yang terkait dengan saham MESOP:

Meningkatkan Kinerja Pegawai

Saham MESOP merupakan bentuk  reward untuk karyawan agar karyawan lebih termotivasi untuk meningkatkan nilai perusahaan serta membuat karyawan memiliki perusahaan. Selain bonus akhir tahun berupa uang, MESOP pun menjadi pilihan terbaik yang bisa diberikan suatu perusahaan.

Terkait Loyalitas ke Perusahaan

Saham MESOP biasanya dibagikan ke karyawan yang akan segera pensiun sebagai tanda terima kasih perusahaan atas loyalitas dan pengabdian mereka kepada perusahaan. Namun ada juga yang diberikan kepada karyawan aktif yang masih jauh masa pensiunnya. Pemberian saham perusahaan lewat program MESOP diyakini mampu meningkatkan loyalitas karyawan yang masih aktif ini.Ada keterikatan batin yang membuat karyawan seolah mendapat bagian tersendiri dalam kepemilikan perusahan tersebut.

Menambah Investor Retail

Bagi perusahaan, dengan membagikan saham ke karyawan, maka jumlah investor retail di pasar modal akan bertambah. Misalkan, satu perusahaan publik memiliki 1000 karyawan dan semuanya diberikan saham MESOP, maka jumlah investor di pasar modal akan bertambah 1000 orang.

Baca juga: Plus Minus Investasi Saham

Mitos Likuiditas Saham Meningkat

Bursa Efek Indonesia mendorong emiten melakukan program memberikan saham ke karyawan atau MESOP ini. MESOP diharapkan bisa memperbanyak jumlah investor retail sehinga likuiditas di bursa akan meningkat.

Namun demikian, pada kenyataannya, banyak saham MESOP tidak ditransaksikan oleh karyawan penerima karena mereka menganggap saham tersebut sebagai bentuk penghargaan dari perusahaan seperti halnya piagam penghargaan yang sayang jika dijual. Selain itu jika sahamnya dari perusahaan besar tentu suatu kebanggaan untuk menyimpannya.

Apalagi jika perusahaan tersebut merupakan perusahaan tertutup maka likuiditas hanya menjadi mitos belaka karena karyawan pemegang saham MESOP akan bingung mencari calon pembeli karena harus menawarkan ke calon pembeli secara personal. Berbeda jika perusahaan sudah melaksanakan IPO (Initial Public Offering), karyawan punya kesempatan untuk menjual saham di bursa saham yang jelas lebih banyak calon pembelinya.

Mekanisme MESOP

Tiap perusahaan menerapkan mekanisme MESOP secara berbeda-beda. Ada yang menentukan dari masa kerja karyawan, senioritas, serta kontribusi lainnya. Lalu, ada juga dua cara kepemilikan saham yang biasanya diberikan perusahaan kepada karyawan, yaitu secara cuma-cuma, atau memberi opsi untuk menebusnya pada waktu yang sudah ditentukan.

Ternyata, MESOP ini tidak luput dari perhatian Otoritas Jasa Keuangan atau OJK. OJK pun membuat Peraturan OJK no 3 Tahun 2014 yang mengatur tentang Program Kepemilikan Saham oleh Karyawan Perusahaan Terbuka.

Sebelumnya ketentuan mengenai emiten yang hendak melakukan MESOP dan ESOP terangkum dalam peraturan IX.D.4 tentang penerbitan saham tanpa Hak Memesan Efek Terlebih Dahulu (non-HMETD).

Khusus dalam aturan yang baru, OJK mewajibkan emiten secara detail menjelaskan MESOP dan ESOP usungannya lewat Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) di mana RUPS yang menyetujui Program Kepemilikan Saham ini hanya dapat dilakukan satu kali dalam lima tahun.

Baca juga: Jadi Pengusaha atau Karyawan?

Karyawan wajib diberi tahu paling lambat dua hari setelah persetujuan RUPS ini serta menyebutkan nilai nominal saham yang diberikan atau harga pelaksanaan opsi dan dasar penentuannya.

Nah, bila perusahaan tempatmu bekerja memiliki program MESOP, tingkatkan terus kinerjamu, siapa tahu kamu juga bisa memperoleh bonus saham ini. Lumayan untuk menambah portofolio investasimu, bukan?