Investasi emas memang sudah ditekuni banyak orang sejak lama, hingga kini orang-orang beralih ke investasi emas digital. Belum ada kesimpulan pasti kapan manusia menemukan emas dan menjadikannya sebagai alat investasi. Temuan emas tertua oleh arkeolog terdapat di gua kawasan Spanyol, diperkirakan sekitar 40.000 tahun sebelum masehi. Temuan ini menunjukkan bahkan pada zaman itu pun emas sudah eksis.

Baca juga: Tips Memakai Kartu Kredit untuk Berinvestasi Emas

Kini, emas masih memiliki tempat di hati investor yang penuh kehati-hatian, alias tidak mau rugi. Para investor ini percaya, emas akan membawa keuntungan meskipun butuh waktu lama. Selain nilainya yang tetap tinggi, investasi emas juga mengikuti teknologi, terbukti kamu sekarang bisa berinvestasi emas lewat online atau investasi emas digital.

Menurut Uji Agung Santosa, Senior Financial Planner dari One Shildt, jual beli emas secara online atau investasi emas digital saat ini lumayan marak sebagai salah satu portofolio investasi. Idealnya setiap aplikasi yang menjual emas batangan online, selalu memiliki basis perusahaan emas fisik terpercaya seperti Antam.

“Jadi harus ada produsen emas sebagai tulang punggung, sedangkan toko online atau e-commerce yang menjual emas batangan hanya sebagai saluran penjualan saja,” kata Uji saat dihubungi Satu Tumbuh Seribu. Agar kamu bisa berinvestasi emas online secara aman dan terhindar dari investasi emas online abal-abal, Uji Agung memberikan tiga tips penting yang bisa kamu ikuti.

Aplikasi online yang punya reputasi 

Kamu harus memastikan toko online/aplikasi yang menjual emas memiliki reputasi yang baik. Sebelum mengeluarkan dana, disarankan melakukan riset lewat internet untuk mengecek toko online tersebut. Bukankah lebih baik memeriksa dulu, daripada merugi kemudian?

“Akan lebih baik membeli emas di toko online resmi milik Pegadaian, Logammulia, Oriori, atau e-commerce terpercaya lain,” kata Uji. Toko emas online terpercaya biasanya memiliki prosedur dan perizinan. Misalnya mengikuti Peraturan Bappebti Nomor 4 tahun 2019 tentang Ketentuan Teknis Penyelenggaraan Pasar Fisik Emas Digital di Bursa Berjangka.

“Selain itu, rating toko juga penting. Komentar pembeli terhadap produk yang dijual akan memberikan informasi apakah mereka puas dengan layanan, dan menjual produk yang dibeli juga mudah,” tambah Uji. Pastinya dengan membeli emas di toko emas online terpercaya kamu akan terhindar dari kerugian karena membeli emas palsu.

Baca juga: Model Investasi Emas yang Sedang Ngetren!

Pilih emas bersertifikat 

Sertifikat? Betul. Emas fisik yang kamu miliki dari toko online/ aplikasi harus memiliki sertifikat resmi dari PT Antam atau UBS. Jangan pernah menerima emas fisik tanpa ada sertifikat karena bisa saja emas yang kamu beli emas bodong alias diragukan keasliannya.

Sertifikat Antam misalnya mudah diketahui bila asli atau palsu karena menggunakan printing security. Ada logo dan watermark saat disinari sinar UV. Mau lebih canggih? Kamu bisa menggunakan aplikasi Certieye dengan men-scan sertifikat yang biasanya tertempel pada kemasannya. Uji Agung sendiri juga menekankan bahwa sertifikat menunjukkan bahwa emas yang kamu miliki asli adanya.

Kritis dengan harga

Jangan langsung membeli produk investasi emas tanpa perbandingan dengan tempat lain. Kamu mesti tahu kalau semua toko online memiliki kebijakan harga yang berbeda. Jadi, mengecek di beberapa tempat sangat perlu untuk mendapatkan emas dengan harga terbaik.

Harga emas yang terlalu rendah bisa jadi mencurigakan karena biasanya harga beli emas tiap tempat tidak berbeda jauh. Kalau harganya kemurahan bisa jadi emas yang ditawarkan kemungkinan abal-abal alias palsu. Kamu juga harus mengecek selisih antara harga jual dan harga beli karena perbedaan keduanya juga tidak terlalu tinggi.

“Kalau ada toko online yang menawarkan harga emas terlalu rendah wajib waspada karena bisa jadi abal-abal. Selisih harga jual dan beli maksimal lima persen,” kata Uji. Biasanya aplikasi toko online seperti Tokopedia yang menawarkan produk investasi emas memberikan informasi harga yang berlaku saat itu, lengkap dengan harga jual belinya. Sehingga investor bisa tahu informasi sebelum bertransaksi jual atau pun beli.

Emas adalah produk investasi yang disebut safe haven, karena di tengah kondisi ekonomi yang kurang baik, harga emas biasanya malah akan naik. Namun tujuan berinvestasi penting diketahui sebelum kamu berinvestasi emas.

Baca juga: Tips Investasi Emas Perhiasan

Menurut Uji kalau untuk mencari keuntungan jangka pendek, investasi emas kurang tepat. “Lebih tepat jika tujuan investasi emas untuk mempertahankan nilai kekayaan,” kata Uji Agung. Jadi jika para milenial menginginkan keuntungan yang lebih tinggi, Uji menyarankan berinvestasi pada produk keuangan yang lebih moderat-agresif, seperti reksa dana.

Semoga tips di atas bisa membantumu mengenali investasi emas online abal-abal, ya. Selamat berinvestasi!