Penghasilan yang bisa diperoleh dari para pesohor dunia hiburan memang sangat menggiurkan. Dalam sekali penampilan on air atau off air saja mereka bisa mendapatkan puluhan hingga ratusan juta rupiah. Untuk artis papan atas, pendapatan yang bisa diperoleh bahkan bisa miliaran rupiah. Belum lagi pendapatan dari sumber-sumber lain seperti menjadi bintang iklan dan endorsement.

Singkatnya, profesi artis identik dengan kekayaan yang berlimpah. Tapi sejatinya memang tidak ada kekayaan yang abadi. Jika tidak mampu mengelolanya dengan baik, kekayaan yang ada tidak akan bertambah tapi justru mengikis bahkan menghilang.

Baca juga: Jangan Langsung Investasi, Kenali Karakter Saham Dulu

Para artis juga manusia biasa yang bisa menghadapi pasang surut kehidupan. Popularitas seorang artis tak akan kekal selamanya. Suatu saat nanti, profesi mereka juga bisa tergantikan oleh artis-artis pendatang baru yang memiliki pesona lebih memikat.

Tak mengherankan jika banyak artis yang membuka bisnis atau berinvestasi di sela-sela kesibukannya di dunia hiburan. Investasi saham menjadi pilihan sejumlah artis untuk meningkatkan nilai kekayaan mereka. Dengan berinvestasi di saham-saham yang potensial, uang yang mereka tanamkan akan terus berkembang dari waktu ke waktu.

Berikut ini, 10 artis yang telah merasakan manisnya keuntungan dari investasi saham:

Piyu Padi

Gitaris band Padi yang memiliki nama lengkap Satrio Yudi Wahono menjadi salah satu pesohor yang getol berinvestasi saham. Dia sudah membenamkan uangnya di pasar saham sejak tahun 2005. Kepiawaian dalam berinvestasi saham membuat dia kerap diundang ke berbagai acara bertajuk investasi untuk memberikan testimoni.

Pengalaman investasi Piyu memang tak diragukan. Dia pernah menderita kerugian saat pasar saham terpukul krisis ekonomi dunia. Namun nyalinya memang besar, dia tak patah arang dan terus belajar.

Dana investasinya disebar pada sejumlah saham pilihan. Salah satunya, dia tercatat pernah berinvestasi pada saham batubara PT Bumi Resources Tbk (BUMI) yang dahulu sempat menjadi primadona para investor.

Baca juga: Hindari Kerugian Trading Saham Khas Pemula dengan Jasa Manajer Investasi

Kelihaian Piyu dalam berinvestasi saham memang sudah teruji. Sejumlah sumber menyebut, dia bisa mengeruk keuntungan hingga Rp70 juta per bulan dari sejumlah saham yang dimilikinya.

Widi Mulia B3

Anggota grup musik B3 Widi Mulia merupakan salah satu artis yang sadar betul akan pentingnya berinvestasi. Alasan dia berinvestasi agar nilai kekayaannya tidak tergerus begitu saja oleh inflasi. Dengan berinvestasi saham, dia bisa mendapatkan imbal hasil yang jauh lebih besar dibandingkan dengan tingkat inflasi yang terjadi.

Widi berinvestasi dalam berbagai instrumen investasi sesuai dengan tujuan investasi yang ingin diraih. Dia membagi portofolio investasinya untuk tujuan jangka panjang dan jangka pendek. Pengetahuan investasi diperoleh Widi dari membaca berbagai literatur dan artikel tentang investasi.

Menurut Widi seperti dikutip Okezone.com, investasi saham lebih mudah dan tidak repot dilakukan dibandingkan mengurus bisnis. Dia berkaca dari pengalamannya merugi dalam bisnis karena harus membayar utang sewa toko dan gaji karyawan, sementara rekan investornya pergi.

Raisa Andriana

Penyanyi Raisa Andriana juga getol berinvestasi di pasar saham untuk mengembangkan harta kekayaannya. Meski awalnya ragu-ragu, dia kini berinvestasi pada sejumlah saham lewat sebuah perusahaan sekuritas di Indonesia.

Investasi saham telah dijalani oleh Raisa sejak tahun 2014. Setelah merasakan keuntungan yang nyata dari investasi ini, Raisa kini rutin menambah nilai investasinya di berbagai saham unggulan.

Giring Ganesha

Mantan vokalis grup band Nidji, Giring Ganesha, sudah sangat familiar dengan berbagai jenis investasi sejak lama. Dia sudah menjajal berbagai macam instrumen investasi seperti saham, reksa dana, obligasi, dan emas. Giring merupakan investor jangka panjang, bukan trading atau investasi jangka pendek. Dia memiliki portofolio investasi yang beragam dengan risiko yang terukur dan berimbang. Dia menggunakan keuntungan dana investasinya untuk membiayai pernikahan hingga membayar uang muka pembelian rumah tinggal.

Aura Kasih

Penyanyi dan aktris Aura Kasih juga rajin membiakkan uangnya di pasar saham. Pengetahuan investasinya cukup luas sehingga dana investasinya terus berkembang. Bukan hanya saham, Aura Kasih juga berinvestasi di reksa dana, valuta asing, dan properti.

Baca juga: Apa Itu Saham Free Float? Kenali Lebih Jauh, Yuk!

Ia awalnya tergiur untuk berinvestasi karena ajakan temannya. Setelah merasakan sendiri keuntungan dari berinvestasi di pasar modal, Aura Kasih terus menambah kepemilikannya di berbagai instrumen investasi.

Nikita Mirzani

Nikita Mirzani bukan cuma pintar mengumbar sensasi, tapi juga pandai berinvestasi. Pundi-pundi rupiahnya terus bertambah dari investasi saham yang dilakukannya. Salah satunya adalah investasi saham di sebuah perusahaan pertambangan batu bara yang berlokasi di Kalimantan.

Pengetahuan investasinya tak terbatas pada instrumen investasi saham. Nikita Mirzani juga menanamkan uangnya pada batu berlian dan juga bisnis salon kecantikan.

Tantowi Yahya

Presenter kawakan Tantowi Yahya yang kini menjabat sebagai duta besar Indonesia untuk Selandia Baru sudah lama mengenal pasar modal. Investasi saham dilakukannya dengan modal pengetahuan yang cukup dan sangat hati-hati. Wajar jika Tantowi mengaku hampir tak pernah merugi saat melakukan investasi saham.

Tantowi juga sangat piawai melihat peluang dari fluktuasi harga saham di bursa efek. Dia melakukan trading saham untuk meraih keuntungan dari pergerakan harga saham tersebut.

Pandji Pragiwaksono

Komika Pandji Pragiwaksono sudah berinvestasi saham sejak tahun 2011. Meski mengaku tidak memiliki pengetahuan yang cukup dalam bidang investasi, Pandji cukup banyak menaruh duitnya di instrumen saham.

Investasi saham dilakukannya untuk tujuan jangka panjang, bukan tradingatau investasi jangka pendek. Untuk pengelolaan investasi, dia menyerahkannya pada perencana keuangan yang memiliki keahlian dalam investasi saham.

Tina Toon

Penyanyi yang kini berstatus sebagai anggota DPRD DKI Jakarta ini rajin menempatkan dananya untuk berinvestasi saham. Dia menyadari pentingnya berinvestasi karena menilai kariernya sebagai artis tidak selalu bisa menjadi tumpuan hidup.

Salah satu saham yang pernah dia beli adalah PT Visi Media Asia Tbk (VIVA). Selain saham, Tina juga berinvestasi pada produk reksa dana, properti dan deposito.

Nycta Gina

Artis dan juga seorang dokter Nycta Gina menempatkan dana investasi yang cukup besar di saham. Dia memulai investasi di saham sejak tahun 2010. Saat ini sekitar 40% dari penghasilannya per bulan dialokasikan untuk investasi.

Tidak cuma saham, Nycta juga berinvestasi reksa dana, emas dan properti. Keuntungan dari investasi yang dia peroleh dipergunakan untuk membiayai pernikahan, membeli rumah, hingga biaya persalinan.

Ingin mengikuti jejak para artis ini? Yuk, mulai berinvestasi sejak sekarang!