Ragam Bisnis Akhir Tahun yang Bisa Menambah Tabunganmu

43

Hanya tinggal hitungan minggu, tahun 2019 akan segera berakhir. Bahkan persiapan untuk menyambut tahun baru 2020 sudah dilakukan, baik dengan teman sebaya atau keluarga tercinta. Tahun baru merupakan salah satu momen penting yang sulit dilewatkan begitu saja, namun di sisi lain bisa menjadi ladang uang untuk mereka yang jeli serta punya insting bisnis akhir tahun

Baca juga: Yuk Coba Bisnis Dropship, Modal Kecil Untung Berlipat!

Bisnis tahun baru pada dasarnya memang bisnis jangka pendek, tetapi­ cukup lumayan untuk menambah kocek. Apalagi bisa dilakukan sambil bersenang-senang menikmati pergantian tahun.

Berminat? Berikut beberapa bisnis akhir tahun yang bisa kamu coba:

Bisnis pernik tahun baru

Tahun baru selalu membutuhkan pernik atau benda-benda kecil untuk menambah keceriaan. Pernik seperti topi, terompet, kembang api, balon, dan konfeti selalu laris manis untuk menyambut tahun baru. Kamu bisa mempersiapkan jauh-jauh hari untuk mengumpulkan bahan-bahannya. Kamu bisa membuat barang-barang itu sendiri atau memesan dari pengrajin yang biasanya memproduksi barang-barang tersebut dalam jumlah besar. 

Berjualan pernik bisa dilakukan secara online, memakai aplikasi toko online, grup WhatsApp, bahkan promosi dari mulut ke mulut. Punya jaringan yang luas? Kamu bisa langsung jemput bola dengan menjajakan barang jualanmu pada pihak yang kebetulan mengadakan pesta pergantian tahun. Kalau berhasil lumayan, bukan? Kamu bisa menjadi penyedia pernik tahun baru dalam partai besar.

Baca juga: Kiat Sukses Berbisnis Makanan

Jangan ketinggalan tips dan inspirasi bisnis, finansial, serta investasi dari Satu Tumbuh Seribu

Bisnis kartu ucapan dan kalender

Kalau kamu kreatif dan cakap dalam urusan mendesain, bisnis kartu ucapan dan kalender tahun baru bisa kamu lakukan. Khusus kartu ucapan tahun baru bisa berbentuk fisik ataupun digital. Sementara itu, kalender bisa dibuat seunik mungkin.

Kartu ucapan tahun baru mungkin terlihat sebagai benda sepele, tapi termasuk wajib hukumnya diselipkan di dalam bingkisan, parsel atau hadiah tahun baru. Jadi, peluang pasarnya tetap ada, lo.  

Kamu bisa menawarkan pada klien untuk memberikan konsep kartu ucapan atau kalender yang mereka inginkan. Dengan begitu, setiap klien akan merasa dilayani kebutuhannya karena dapat membuat kartu ucapan atau kalender pribadi.

Bisnis parsel

 Tahun baru belum lengkap tanpa parsel atau bingkisan tahun baru. Apalagi perayaan tahun baru sangat berdekatan dengan perayaan Natal.

Saat ini bingkisan parsel sudah berubah lebih kreatif. Kalau dulu isi keranjang parsel hanya sirup, buah kaleng atau biskuit, sekarang sudah merambah ke barang-barang yang lebih spesifik, misalnya ragam pakaian, peralatan makan, buah, kue kering, bahkan perlengkapan elektronik. Kalau modalmu terbatas, lebih baik terlebih dahulu membuat beberapa parsel sebagai contoh untuk promosi di media sosial, setelah itu baru menggunakan sistem pemesanan di muka atau preorder.

Biasanya satu parsel berisi beberapa barang dan dihias semenarik mungkin. Pastikan barang yang dimasukkan ke parsel berkualitas baik dan belum kedaluwarsa jika berupa makanan atau minuman. Bila kamu berhasil memperoleh pesanan parsel cukup banyak, coba beli bahan-bahannya secara grosir untuk menambah keuntungan. 

Bisnis rental

Tahun baru tapi tidak ingin ke mana-mana? Kalau begitu kamu masih bisa menggendutkan pundi-pundi dengan menyewakan kendaraan milikmu. Rental kendaraan memang cukup ramai jelang libur panjang Natal dan Tahun Baru. Banyak mereka yang membutuhkan kendaraan karena tujuan perayaan jauh dari tempat tinggal atau libur panjang menjadi alasan untuk mudik.

Jika memiliki mobil, tidak ada salahnya kamu menyewakan mobilmu selama liburan. Kamu bisa menawarkannya pada teman-teman, atau bahkan “numpang” di rental profesional yang pasti kebanjiran order.  Bila kamu ingin memastikan keamanan mobilmu, kamu bisa sekalian menjadi supirnya mengantar para klien.

Mengingat banyak jalan tol baru yang siap digunakan dan harga tiket pesawat atau kereta api kadang tinggi karena peak season, banyak orang memilih kendaraan darat ketimbang moda transportasi lain untuk pergi jauh saat libur panjang. Dengan demikian, bisnis rental mobil di akhir tahun cukup menjanjikan, bukan?

Saat ini harga rental mobil di Jakarta minimal Rp350.000 per hari belum termasuk bensin dan supir. Jenis mobil juga mempengaruhi harga sewa. Karena mobil termasuk barang mahal yang mengalami penyusutan, kamu pun dapat mempergunakan kesempatan ini untuk mencari untung.

Baca juga: Bisnis Jastip Menguntungkan Ala Yohana

Jadi, selain bersenang-senang kamu juga berpeluang menyambut tahun baru sambil mendapat uang ekstra dengan bisnis akhir tahun. Mau mencoba?

Jangan ketinggalan tips dan inspirasi bisnis, finansial, serta investasi dari Satu Tumbuh Seribu