Investasi Halal Lewat Aplikasi

416

Investasi halal secara online memang menjadi solusi yang paling tepat buat kamu yang sibuk. Dengan mengunakan aplikasi tertentu dan telepon pintar yang kompatibel, kamu tidak perlu susah-susah.

Baca juga: Cari Berkah Lewat Saham Syariah

Saat ini jenis investasi yang bisa diakses via online sudah beragam. Bahkan jika berinvestasi di pasar modal, kondisi naik turun saham pun bisa dicek  secara “real time” yang memudahkan kamu mengakses di mana saja. Selain investasi konvensional, kini investasi syariah juga dapat dilakukan secara online. Jadi buat kamu yang selama ini ogah-ogahan dengan investasi biasa karena khawatir “kurang berkah”, maka sekarang sudah ada opsi baru.

Berikut beberapa investasi syariah online yang mungkin bisa jadi pilihanmu:

Reksa dana syariah

Reksa dana syariah adalah reksa dana yang hanya berinvestasi pada saham-saham syariah, sukuk, dan instrumen pasar uang syariah. Seperti reksa dana konvensional, reksa dana syariah juga dikelola oleh manajer investasi yang kemudian menginvestasikan dana kamu ke perusahaan  yang dianggap tidak melakukan bisnis yang melanggar syariah.

Biasanya aplikasi reksa dana syariah menawarkan investasi dengan mudah, terjangkau, dan bebas dari biaya administrasi. Hanya dengan minimal Rp10 ribu, kamu sudah bisa memiliki reksa dana. Selain itu reksa dana syariah via online juga menyediakan informasi reksa dana yang mereka jual.

Misalnya aplikasi  Xdana Investa Indonesia yang diluncurkan tahun lalu, selain memberikan opsi reksa dana syariah, aplikasi tersebut juga memberikan profil risiko. Ini memudahkan calon investor untuk memilih reksa dana yang paling tepat untuk mereka.

Jangan ketinggalan tips dan inspirasi bisnis, finansial, serta investasi dari Satu Tumbuh Seribu

Aplikasi reksa dana syariah lain yang bisa menjadi alternatif adalah Simas Fund dan MNC Trade Syariah. Kedua aplikasi itu bisa di-download di telepon pintarmu.

Saham syariah

Jual-beli saham syariah lewat online sudah lumayan populer rupanya. Terbukti banyak anggota bursa mulai ramai meluncurkan sistem SOTS (Sharia Online Trading System) yang mudah diakses investor dan calon investor.

Apa itu SOTS? 

SOTS adalah sistem transaksi saham syariah secara online yang memenuhi prinsip-prinsip syariah di pasar modal. Sistem ini dikembangkan mengacu kepada fatwa DSN—MUI No. 80 tahun 2011 tentang Penerapan Prinsip Syariah Dalam Mekanisme Perdagangan Efek Bersifat Ekuitas di Pasar Reguler Bursa Efek. Artinya, sahamnya dijamin investasi halal.

Baca juga: Mengenal Sukuk, Investasi Syariah yang sedang Naik Daun

Sejauh ini sudah ada 15 anggota bursa yang memiliki SOTS dan ada dua anggota lainnya yang sedang berproses.Dari 15 anggota bursa itu, beberapa di antaranya adalah Mandiri Sekuritas, Panin Sekuritas, dan BNI Sekuritas.

P2P lending syariah

Produk P2P lending syariah dilandasi pada fatwa Dewan Syariah Nasional (DSN) MUI Nomor 117/2018 tentang Layanan Pembiayaan Berbasis Teknologi Informasi Berdasarkan Prinsip Syariah. Produk P2P lending syariah ini menggunakan konsep akad dalam perjanjian.

Untuk meminimalisasi risiko, lembaga-lembaga ini akan melakukan seleksi yang cukup ketat untuk pembiayaan yang dilakukan. Salah satu perusahaan P2P lending syariah online misalnya Investree. Lembaga ini didirikan sebagai perantara pemilik usaha dan investor dan menggunakan sistem online. Kamu bisa berinvestasi minimal Rp1 juta untuk P2P lending di Investree dan lembaga ini menjanjikan keuntungan hingga 17,5 persen per tahun. Investor bisa mengambil dana pokok dan keuntungannya begitu masa peminjaman berakhir.

Sukuk tabungan

Sukuk Tabungan masuk dalam produk Surat Berharga Syariah Negara (SBSN) atau Sukuk Negara.  Produk Sukuk Tabungan dilandasi pada fatwa Dewan Syariah Nasional (DSN) MUI No: 69/DSN-MUI/VI/2008 tentang Surat Berharga Syariah Negara.

Keuntungan membeli sukuk tabungan adalah kamu bisa mendapatkan imbal hasil yang cukup lumayan. Misalnya saja pada  awal tahun 2019, pemerintah mengeluarkan sukuk tabungan dengan imbal hasil sebesar 8,15 persen per tahun.

Baca juga: Jenis Surat Utang Negara yang Wajib Kamu Tahu

Investasi kamu di sukuk tabungan juga dianggap lebih aman karena dijamin negara. Selain itu kamu bisa membeli Sukuk Tabungan secara online. Kamu cukup mendaftarkan diri ke e-SBN dan tinggal mengikuti prosedurnya.

Dengan makin mudahnya mengakses investasi halal, pilihan berinvestasi pun makin beragam. Jadi, tidak ada alasan lagi untuk menunda berinvestasi, bukan?

Jangan ketinggalan tips dan inspirasi bisnis, finansial, serta investasi dari Satu Tumbuh Seribu