10 Peluang Bisnis Jajanan Buka Puasa

740
Jajanan buka puasa

Belanja masyarakat biasanya meningkat pesat selama bulan Ramadan. Salah satunya untuk memenuhi kebutuhan jajanan buka puasa. Jika kamu berniat mendapatkan penghasilan tambahan, peluang untuk berbisnis makanan dan minuman selama bulan puasa terbuka lebar. Beragam ide bisnis makanan dan minuman bisa kamu pilih.

Peluang bisnis makanan dan minuman memang sangat menjanjikan. Sebagai kebutuhan dasar manusia untuk hidup, permintaan makanan dan minuman di masyarakat tidak pernah surut. Dalam situasi krisis sekalipun, sebagian orang mungkin akan mengurangi kebutuhan hidup yang lain, tapi mereka tidak akan mengurangi kebutuhan makanan dan minuman.

Dengan permintaan yang tinggi tentu saja sektor makanan dan minuman menjadi bisnis yang paling banyak digeluti orang juga. Namun dengan pasar yang sangat besar di Indonesia, bisnis ini selalu menarik untuk dijalani. Termasuk di bulan Ramadan saat masyarakat yang beragama Islam menjalani ibadah tidak makan dan minum di siang hari.

Uniknya, tren belanja makanan dan minuman di bulan puasa justru meningkat pesat. Salah satu alasannya, mereka yang tengah beribadah puasa cenderung ingin meningkatkan kualitas makanan dan minuman untuk menu jajanan buka puasa dan makan sahur dibandingkan dengan hari-hari biasanya.

Hal ini terlihat dari ramainya pedagang makanan dan minuman di sore hari menjelang berbuka puasa. Gerai-gerai makanan dadakan banyak bermunculan di pinggir-pinggir jalan raya hingga gang-gang yang sempit. Penjualan makanan dengan layanan pesan antar pun mengalami lonjakan permintaan. Para pedagang makanan dan minuman biasanya meraup untung besar selama bulan puasa.

Bulan puasa hanya berlangsung satu kali dalam setahun. Artinya peluang bisnis yang tersedia merupakan peluang bisnis musiman. Kendati demikian, momentum bulan puasa ini tetap bisa kita manfaatkan untuk mendulang keuntungan. Jika kamu tertarik untuk membuka bisnis di bulan puasa, berikut ini beberapa ide bisnis makanan dan minuman yang paling banyak dicari oleh masyarakat.

1. Kolak khas Ramadan

Di Indonesia, ada menu khas yang selalu tersedia di pasar-pasar makanan hanya selama bulan Ramadan. Makanan tersebut adalah kolak. Kolak merupakan makanan olahan berkuah yang manis karena manggunakan gula merah. Kolak biasanya berisi pisang, ubi, kolang kaling, mutiara, atau biji salak. Biji salak yang dimaksud bukan biji buah salak, ya, tapi olahan tepung yang berbentuk bulat seperti biji salak.

Baca juga: 8 Cara Sukses Berbisnis Makanan

Jangan ketinggalan tips dan inspirasi bisnis, finansial, serta investasi dari Satu Tumbuh Seribu

Kolak biasanya menjadi makanan pembuka atau takjil, sebelum seseorang menikmati makanan utama. Makanan ini menjadi pilihan utama masyarakat untuk mengawali buka puasa karena rasanya yang manis.

Dalam beribadah puasa, umat Islam memang disunahkan untuk mengawali buka puasa dengan makanan yang manis-manis. Nah, kolak yang rasanya manis rupanya cocok dengan lidah orang Indonesia.

2. Minuman dingin yang menyegarkan

Setelah seharian menahan lapar dan dahaga, orang yang tengah menjalankan ibadah puasa biasanya menyukai minuman dingin untuk berbuka. Tak heran jika minuman segar dan dingin paling diminati sebagai takjil. Beberapa jenis minuman dingin yang paling banyak dicari di antaranya adalah es kelapa muda, es cendol, es teh manis, Thai Tea, es dawet, es buah, dan es cincau.

Selain di bulan puasa, minuman-minuman dingin tersebut juga tersedia tapi jumlahnya sangat terbatas. Sedangkan di bulan puasa, penjualan minum dingin akan sangat gampang ditemui di tengah-tengah masyarakat.

Dengan permintaan yang tinggi, bisnis minuman dingin sangat potensial. Apalagi jika kamu bisa membuat kreasi minuman dingin yang berbeda dari yang lainnya. Pasti banyak orang yang penasaran ingin mencoba. Bukan tidak mungkin, bisnis ini bisa berlanjut terus menerus tidak cuma di bulan puasa.

3. Olahan buah yang kaya serat

jajanan buka puasa

Kebutuhan serat selama berpuasa harus terpenuhi agar tubuh tetap bugar. Untuk itulah, olahan buah segar jadi pilihan menarik untuk menu berbuka puasa. Beragam olahan buah bisa dijadikan ide usaha selama bulan puasa.

Baca juga: Bingung Pilih Bisnis Waralaba? Perhatikan 7 Hal Esensial Ini

Jenis olahan buah yang paling banyak diminati di ataranya adalah sup buah, salad buah, pie buah, rujak buah, asinan buah, dan manisan buah.

Agar menggoda orang untuk membeli, olahan buah ini bisa kamu buat lebih menarik. Misalnya, kamu bisa berkreasi menggunakan beragam buah dengan warna-warni yang berbeda.

4. Kreasi puding yang cantik

jajanan buka puasa

Puding juga menjadi salah satu menu andalan masyarakat untuk berbuka puasa. Puding yang menyegarkan juga bagus untuk pencernaan ketika perut yang kosong seharian diisi kembali. Berbagai kreasi puding bisa kamu tawarkan ke masyarakat seperti puding buah, puding susu, puding cokelat, puding lumut, dan lain-lain.

Jangan lupa agar bisa bersaing dengan produk sejenis, kamu harus bisa membuat kreasi puding yang berbeda. Sebab selain soal rasa, orang tertarik membeli puding karena tampilannya yang cantik dari segi bentuk maupun warna.

5. Aneka bubur pengganti nasi

Beraneka bubur jadi makanan langganan orang untuk berbuka puasa. Bubur diminati karena mudah dicerna, jadi bagus untuk pencernaan kita yang seharian diistirahatkan. Selain itu, banyak orang yang ketika berbuka puasa tidak ingin langsung makan besar seperti nasi. Aneka bubur ini bisa jadi pilihan makanan berbuka puasa yang tepat.

Ide usaha aneka bubur yang bisa dicoba di antaranya adalah bubur sumsum, bubur kacang ijo, dan bubur jagung. Kamu juga bisa membuat kreasi bubur sendiri menggunakan campuran sayur atau daging.

6. Olahan sayur berkuah siap santap

Bagi mereka yang bekerja pasti tidak punya banyak waktu untuk memasak sendiri menu berbuka puasa bagi keluarga. Bayangkan saja, pulang kerja sekitar jam 17.00 belum lagi ditambah dengan perjalanan dari kantor ke rumah. Padahal waktu berbuka puasa dimulai sekitar pukul 18.00.

Dengan demikian, mereka yang bekerja hingga sore hari lebih memilih untuk membeli makanan matang seperti olahan sayur berkuah seperti sayur lodeh, sayur asem, dan sayur sop. Bisnis olahan sayur berkuah siap santap ini bisa membantu ibu-ibu yang tak sempat memasak di rumah.

7. Olahan ayam yang menggoda selera

Daging ayam menjadi pilihan utama masyarakat dalam memenuhi kebutuhan protein. Sebab, harganya relatif murah dan lebih terjangkau dibandingkan dengan daging sapi. Jadi selama bulan puasa, permintaan daging ayam juga meningkat pesat.

Baca juga: 5 Peluang Bisnis Syariah Nan Menjanjikan

Kamu bisa menawarkan berbagai makanan olahan dari daging ayam sebagai menu berbuka puasa atau makan sahur. Olahan ayam goreng, ayam bakar, ayam penyet, ayam geprek, pepes ayam, ayam rica-rica, ayam garang asem, ayam balado, opor ayam, sate ayam dan lain-lain.

8. Aneka gorengan pelengkap menu berbuka

Orang Indonesia biasanya menikmati makanan utama dengan ditemani gorengan. Begitu juga dengan bulan puasa, rasanya tak lengkap jika berbuka puasa tanpa gorengan.

Jadi berbisnis gorengan juga bisa jadi ide bisnis di bulan puasa. Berbagai gorengan yang disukai masyarakat di antaranya adalah gorengan tempe, tahu isi, bakwan, mendoan, combro, peyek kacang, dan risoles. Jangan lupa menjual makanan gorengan dalam kondisi masih hangat, karena gorengan yang sudah dingin rasanya kurang nikmat.

9. Jajanan buka puasa: kue basah

jajanan buka puasa

Berbagai kue basah tradisional juga bisa jadi pelengkap menu berbuka puasa. Apalagi selain makan makanan berat, orang yang berbuka puasa juga suka makan camilan. Beberapa jenis kue basah yang bisa jadi ide usaha di antaranya adalah kue pukis, dadar gulung, kue lumpur, kue talam, kue lapis, nagasari dan bika ambon.

10. Olahan kurma yang khas

Kurma jadi salah satu hidangan khas di bulan puasa. Makanan ini jadi hidangan utama di Arab Saudi, tapi kini sudah banyak tersedia di Indonesia. Kurma yang rasanya manis juga disarankan bagi umat Muslim untuk mengawali buka puasa.

Berbagai bisnis olahan kurma yang bisa dibuat di antaranya adalah bolu kurma, puding kurma, kue kurma, dan bola-bola cokelat kurma. Kamu juga bisa membuat sendiri kreasi makanan berbahan dasar kurma sebagai ide usaha.

Demikian ulasan 10 ide usaha jajanan buka puasa paling dicari selama bulan puasa. Semoga artikel ini bisa memberikan inspirasi bagi kamu yang ingin mencari berkah dengan berbisnis di bulan puasa.

Jangan ketinggalan tips dan inspirasi bisnis, finansial, serta investasi dari Satu Tumbuh Seribu