Jangan Sampai Boros, Ini Tips Belanja Cermat Masa Pandemi Covid-19

647

Kamu pasti sudah tahu kalau virus korona atau resminya disebut Covid-19 sudah banyak merenggut korban jiwa. Gaya hidup orang juga mulai berubah karena pelan-pelan terbiasa dengan pola hidup sehat, termasuk sering cuci tangan dan memakai masker. Selain itu gaya hidup yang harus dilakukan saat wabah adalah menerapkan tips belanja untuk penghematan.

Baca juga: Ini Tips Aman Berbelanja Saat Covid

Alasannya? Puncak wabah virus ini diprediksi masih cukup lama yaitu pada Juli mendatang, sementara menurut kementerian tenaga kerja hampir dua juta pekerja di Indonesia terdampak virus korona ini. Asal kamu jeli, banyak penghematan belanja yang bisa dilakukan. Misalnya saja beberapa hal di bawah ini:

Hindari panic buying

Aktivitas memborong bahan makanan secara gila-gilaan karena takut kehabisan sering disebut panic buying. Padahal pemerintah sudah berulang kali mengatakan stok makanan cukup dan warga tidak perlu panik.

Disadari atau tidak, panic buying merupakan penyebab keuanganmu gonjang ganjing. Belum lagi kalau barang yang kamu belanjakan ternyata tidak habis atau keburu kedaluwarsa saking banyaknya.

Sebaiknya belanja secukupnya saja. Kamu harus ingat, masih banyak orang yang juga membutuhkan barang yang sama namun tidak memiliki uang. Memborong semua barang akan mengurangi kesempatan mereka yang tidak seberuntung kamu.

Mengecek ulang daftar belanja

Strategi belanja lainnya yang bisa dilakukan adalah mengecek ulang daftar belanja bulanan kamu. Buat skala prioritas mana barang yang paling penting dibeli dan mana barang yang sama sekali tidak penting.

Misalnya setiap bulan kamu membutuhkan kopi saat work from home (WFH), maka jadikan kopi prioritas yang harus dibeli. Namun kamu bisa mencoret camilan ber-MSG dalam daftar belanja karena tidak sehat dan menggantinya dengan roti atau susu.

Jangan ketinggalan tips dan inspirasi bisnis, finansial, serta investasi dari Satu Tumbuh Seribu

Tips belanja online dengan promo

tips belanja

Pemerintah menganjurkan kita untuk beraktivitas dari rumah, karena itu belanja secara online bisa menjadi alternatif untuk kamu. Banyak promo dan diskon menarik di aplikasi belanja online yang bisa kamu gunakan.

Beberapa aplikasi malah melakukan promo barang tertentu di jam tertentu sehingga kamu lebih untung. Tanpa harus ribet mengeluarkan kendaraan dari garasi karena tidak ada transportasi online, kamu sudah bisa membeli apa yang kamu butuhkan hanya dengan sentuhan jari di smartphone-mu.

Tetapi kami harus ingat, meskipun menggunakan fasilitas diskon dan promo, bukan berarti kamu bisa berbelanja secara gila-gilaan. Pilih barang yang betul-betul kamu perlukan. Jangan karena ada promo, kamu jadi membeli barang yang tidak kamu butuhkan.

Jangan beli barang yang sudah ada

Seringkali karena alasan “lupa”, kita membeli barang yang sama atau yang masih ada di rumah saat berbelanja. Kalau hanya satu barang mungkin masih bisa ditoleransi, tetapi kalau ada tiga atau empat barang, itu sama saja pemborosan.

Untuk mencegah hal ini terjadi, selalu catat barang yang sudah habis di buku catatan belanja atau di selembar kertas dan tempelkan di kulkas. Sebelum berbelanja kamu bisa tahu barang yang sudah habis dan harus dibeli.

Baca juga: Tips Hemat Saat Bulan Puasa

Jangan terpaku satu merek

tips belanja

Produsen suatu barang biasanya mengharapkan loyalitas pembelinya. Namun sebagai konsumen, sebaiknya jangan terlalu “setia”. Kalau ada barang yang lebih bagus dengan harga yang lebih miring kenapa tidak?

Kamu boleh saja membandingkan, apakah susu merek A memiliki kandungan gizi yang sama dengan susu merek B dengan harga yang lebih murah. Dengan rajin membandingkan harga dan kualitas produk sebelum berbelanja, kamu bisa menghemat cukup banyak.

Baca katalog untuk mengetahui barang diskon

Supermarket besar biasanya mengeluarkan katalog barang-barang yang sedang promo atau mendapatkan diskon. Katalog itu biasanya berlaku selama sebulan atau saat ada momen tertentu misalnya tahun baru, Imlek, atau Idul Fitri.

Sayangnya tidak semua orang “rajin” membaca katalog tersebut. Padahal penghematan yang didapat cukup lumayan. Sebelum berbelanja ada baiknya kamu meluangkan waktu membaca katalog dan melakukan cek ulang ke daftar belanjaanmu.

Baca juga: Tips Kelola Kuangan untuk Pasangan Muda

Siapa tahu ada barang yang sedang diskon dan sedang kamu butuhkan, sehingga kamu bisa membelinya dengan harga lebih murah. Jadi tunggu apa lagi, yuk, terapkan tips belanja tetapi dengan cermat dan penuh pertimbangan.

Jangan ketinggalan tips dan inspirasi bisnis, finansial, serta investasi dari Satu Tumbuh Seribu