New Normal dan Harus Ngantor Lagi? Lakukan Ini Biar Semangat

392

Era New Normal harus kita hadapi. Kerja dari rumah atau Work From Home (WFH) yang sudah berlangsung selama dua hingga tiga bulan sudah berakhir. Kini kamu harus memulai lagi aktivitas pekerjaan di kantor seperti sebelumnya. Ayo bersemangat!

Perasaan enggan untuk berangkat lagi ke kantor dengan jam kerja yang ketat pasti ada. Apalagi selama WFH, kamu sudah terbiasa bekerja dengan waktu yang lebih fleksibel. Hampir semua pekerjaan dilakukan secara online. Kamu juga tidak perlu berhadapan dengan kemacetan jalan raya saat berangkat dan pulang kerja.

Tapi jangan terbuai dengan WFH karena tidak semua pekerjaan kantor bisa dijalankan dari rumah. Perusahaan tempat kamu bekerja pasti akan mempertimbangkan untung dan ruginya. Bisnis harus terus bergulir. Jadi New Normal memang harus dimulai.

Sebagai karyawan yang baik, semangat menjalani pekerjaan di era New Normal harus dinyalakan. Berikut ini beberapa tips untuk membangkitkan kembali semangat bekerja setelah lama menjalani WFH:

1. Bersyukurlah dengan pekerjaanmu!

Jangan lupa bersyukur karena kamu masih memiliki pekerjaan dan mendapatkan gaji tiap bulan. Di luar sana, ada jutaan orang yang kehilangan pekerjaan akibat pandemi Covid-19. Mereka juga tidak mudah mendapatkan pekerjaan baru karena situasi perekonomian yang masih lesu.

Rasa syukur akan membuat kamu lebih menghargai pekerjaan. Ingat bahwa pekerjaanmu adalah sumber penghasilan utama untuk membiayai kebutuhan hidup kamu dan keluarga. Dengan bersyukur, semangat kamu untuk berangkat kerja ke kantor setiap hari akan kembali tumbuh.

2. Ingat momentum kesenangan bekerja di kantor

Jangan ketinggalan tips dan inspirasi bisnis, finansial, serta investasi dari Satu Tumbuh Seribu

Selama WFH, kamu menjalankan pekerjaanmu secara onlineMeeting dan koordinasi juga dilakukan tanpa bertatap muka secara langsung. Nah,  dengan bekerja di kantor lagi, kamu bakal bertemu kembali dengan teman-teman kerja di kantor. Keseruan bekerja bersama-sama akan kembali dirasakan.

Baca juga: Mau Berhenti Kerja? Hitung Dulu Kekuatan Keuanganmu

Ingatlah momentum kesenangan bekerja bersama tim yang selama WFH tidak pernah kamu rasakan lagi. Kamu bisa mengingat rekan kerja yang suka membuat lelucon di sela-sela waktu kerja, keseruan berbagi bekal makanan atau makan siang di kantin dan lain-lain.

Setelah lama WFH, kamu pasti merindukan momentum-momentum seperti itu. Jadi seharusnya kamu sudah bisa menemukan kembali semangat untuk bekerja dari kantor.

3. Datang ke kantor lebih pagi

New Normal akan membuat aktivitas bisnis kembali bergeliat. Tempat-tempat usaha dan mal juga kembali dibuka. Akibatnya, lalu-lintas di jalan raya akan kembali padat dan menyebabkan kemacetan pada jam berangkat dan pulang kerja.

Jaga mood kamu agar tidak terganggu dengan kemacetan di jalan raya. Hindari telat masuk kantor di hari pertama masuk kerja setelah WFH. Jadi sebaiknya kamu berangkat ke kantor lebih pagi dari biasanya.

Dengan berangkat kerja lebih awal, kamu akan memiliki waktu yang cukup untuk mempersiapkan pekerjaanmu dengan baik. Dengan demikian, rutinitas pekerjaan di kantor akan menjadi lebih mudah untuk dijalankan.

4. Buat rencana kerja secara sistematis

WFH mungkin telah banyak mengubah pola kerja kamu karena hampir semuanya dilakukan secara online. Maka ketika kembali bekerja di kantor, kamu harus melakukan penyesuaian pola kerja. Meskipun pekerjaan tersebut sebelumnya rutin kamu lakukan, tidak ada salahnya kamu membuat perencanaan kerja lagi.

Baca juga: Jangan Sampai Boros, Ini Tips Belanja Cermat Masa Pandemi Covid-19

Buatlah rencana kerja secara detail dan spesifik mulai dari target, anggaran, waktu yang dibutuhkan dan pelaksanaannya. Adanya rencana kerja yang sistematis akan membantu kamu dalam melakukan pekerjaan secara cepat dan efisien.

5. Jangan menunda pekerjaan agar tidak menumpuk

Jalankan rencana kerja yang telah kamu buat dengan baik. Lakukanlah langkah demi langkah dalam rencana kerja tersebut sesuai dengan jadwal dan target waktu yang telah ditentukan.

Jangan sampai kamu menunda pekerjaan agar tidak menumpuk di kemudian hari. Jika memang ada kendala di lapangan, konsultasikan dengan atasan agar bisa mendapatkan solusi yang tepat. Dengan demikian, atasan kamu juga bisa memahami seandainya ada pekerjaan yang mundur dari target waktu yang telah ditetapkan.

6. Mendengarkan musik favorit

Untuk membantu menciptakan suasana hati atau mood yang bagus, coba dengarkan musik favorit sebelum kamu mulai bekerja. Atau jika memungkinkan dan membuatmu lebih nyaman, lakukanlah juga sambil bekerja.

Baca juga: Mengenal Kartu Prakerja, Manfaat, dan Cara Pendaftarannya

Sebuah penelitian yang dilakukan oleh Workthere menemukan, bahwa 38% pekerja kantor di Inggris menilai bahwa mendengarkan musik dapat meningkatkan produktivitas kerja mereka. Lalu sebanyak 35% pekerja menilai musik dapat membantu meningkatkan suasana hati mereka dalam bekerja.

7. Bekerja dengan tetap menjalankan protokol kesehatan

Bekerja secara normal saat pandemi belum berakhir memang dapat menimbulkan kekhawatiran. Apalagi jika pekerjaan yang kamu lakukan memerlukan interaksi langsung dengan pelanggan. Untuk itu, pastikan kamu bekerja sesuai dengan protokol kesehatan yang semestinya.

Jangan lupa untuk selalu menjaga jarak dengan orang lain, rajin cuci tangan dengan sabun dan menggunakan masker. Jika memungkinkan sebaiknya kamu menggunakan kendaraan pribadi untuk transportasi ke kantor demi menghindari angkutan umum yang padat penumpang.

Jika sudah menjalankan protokol kesehatan secara optimal, risiko terinfeksi virus bisa dihindari. Kamu juga bisa bekerja di masa New Normal dengan lebih tenang dan nyaman.

Demikian ulasan tips membangkitkan semangat bekerja setelah lama menjalani WFH. Semoga bisa mempermudah kamu dalam menjalani pekerjaan ke depan. 

Jangan ketinggalan tips dan inspirasi bisnis, finansial, serta investasi dari Satu Tumbuh Seribu