Pintar Memilih Asuransi Kesehatan Era New Normal

203
new normal

Kesadaran memiliki asuransi sudah mulai tumbuh di masyarakat Indonesia. Sepertinya kurang nyaman tanpa memiliki proteksi diri, terutama proteksi kesehatan dan jiwa.

Baca juga: Premi Asuransi Terjangkau? Bisa Kok!

Hadirnya BPJS yang menjadi safety net masyarakat Indonesia untuk asuransi kesehatan, ternyata dianggap masih belum cukup melindungi, terbukti banyak orang yang masih “melirik” asuransi kesehatan swasta demi mendapatkan proteksi lebih aman.

Masuk ke era Kenormalan Baru atau ramah di telinga dengan sebutan “New Normal”, orang mungkin mulai berpikir untuk memilih ulang asuransi yang mereka miliki, termasuk fasilitas tambahan apa saja yang idealnya harus dimiliki asuransi yang kompetibel untuk masa New Normal.

Berikut hal-hal yang perlu kamu pertimbangkan dalam membeli asuransi kesehatan di masa normal baru ini:

Menanggung biaya pemeriksaan Covid-19

Bukan rahasia lagi biaya pemeriksaan untuk mengetahui seseorang positif atau tidak dari virus Covid-19 lumayan mahal alias sampai jutaan. Tetapi jangan khawatir, ada asuransi yang bersedia menanggung biaya pemeriksaan itu, misalnya saja PT Asuransi Umum Mega.

Asuransi tersebut akan menanggung semua biaya perawatan dan pemeriksaan nasabah yang menjadi pasien, termasuk pemeriksaan tes penunjang diagnostik swab virus Covid-19 yang dilakukan sesuai protokol dan direkomendasikan oleh dokter.

Asuransi ini juga memberikan jaminan kepada pasien (sesuai batas maksimum tabel manfaat polis yang dimiliki) sampai mereka memperoleh akses dan ditangani sepenuhnya oleh fasilitas yang ditunjuk pemerintah.

Jangan ketinggalan tips dan inspirasi bisnis, finansial, serta investasi dari Satu Tumbuh Seribu

Menanggung pengobatan positif Covid-19 tanpa biaya tambahan

new normal

Beberapa asuransi kesehatan mulai mengikuti tren dengan memasukkan perlindungan tambahan untuk pasien positif Covid-19, yang sebelumnya tidak masuk dalam daftar penyakit yang akan dijamin asuransi.

Salah satu contohnya adalah asuransi kesehatan Generali, yang menerima klaim nasabah yang mengidap Covid-19 tanpa harus melalui masa tunggu. Sementara asuransi lainnya seperti AXA memberikan jaminan rawat inap dan layanan khusus juga tanpa dikenakan biaya tambahan.

Memberikan manfaat tunai saat New Normal 

Asuransi Jiwa seperti Sun Life ternyata juga memberikan manfaat tunai untuk pasien positif Covid-19.

Berdasarkan websitenya, asuransi ini memberikan manfaat maksimal Rp10 juta rupiah untuk pasien, meskipun hanya berlaku untuk tiga jenis asuransinya:  Sun Medical Platinum, Sun Medical Executive (syariah dan konvensional), serta Sun Medical Care.

Selain Sun Life, PT FWD Life Indonesia juga memberikan manfaat tunai untuk nasabahnya yang sakit karena Covid-19.  Besarnya Rp1 juta per hari selama 30 hari dan manfaat tunai sekaligus sebesar Rp10 juta untuk nasabah tersebut.

Asuransi tersebut juga memberikan perlindungan bagi nasabah berstatus pasien dalam pengawasan (PDP) yaitu Rp5 juta untuk satu kali masa karantina. Tidak tanggung-tanggung, asuransi ini juga memberikan manfaat tunai untuk pihak keluarga yang diasuransikan yaitu Rp2,5 juta per anggota keluarga.

Baca juga: Untuk Antisipasi, Ini Jenis Asuransi Saat Banjir

Memberikan manfaat untuk kematian

new normal

Asuransi juga mulai memberikan perlindungan untuk nasabah pasien Covid-19 yang meninggal. Asuransi AIA misalnya, memberikan uang pertanggungan untuk pasien yang meninggal, termasuk pasien yang baru saja mendaftar menjadi nasabah.

Asuransi Allianz juga memberikan uang pertanggungan yang sama, besarnya hingga Rp250 juta. Tentu saja dengan syarat polisnya masih aktif. Nah, kalau kamu sudah punya asuransi, sebaiknya mengecek ulang pada perusahaan asuransi penerbit polis terkait fasilitas tambahan untuk Covid-19. Hal ini penting karena polis asuransi yang dikeluarkan oleh setiap perusahaan asuransi berbeda-beda.

Baca juga: Mana yang Lebih Untung, BPJS Kesehatan vs Asuransi Swasta?

Sementara buat kamu yang masih pilah pilih asuransi, baiknya mulai memutuskan asuransi mana yang paling cocok, baik dari harga premi maupun fasilitas perlindungannya saat new normal.

Jangan ketinggalan tips dan inspirasi bisnis, finansial, serta investasi dari Satu Tumbuh Seribu