Jangan Jor-Joran, Ini Strategi Hemat Pengeluaran Saat Pandemi

255
hemat pengeluaran

Masa pandemi Covid-19 sepertinya masih panjang, terutama karena jumlah kasus terinfeksi virus berbahaya ini semakin banyak. Tidak ada yang bisa meramalkan kapan wabah ini akan berakhir, sehingga semua orang termasuk kamu tetap harus bersiap-siap hemat pengeluaran saat pandemi dengan segala kemungkinan.

Baca juga: Tips Berhemat Era New Normal

Salah satu persiapan yang harus kamu lakukan adalah tetap konsisten berhemat. Berhubung kita memasuki tahap “new normal” dan menghabiskan waktu lebih banyak di rumah, maka penghematan yang harus dilakukan adalah  menghemat anggaran rumah tangga.

Bukan rahasia lagi, di sektor yang satu ini kamu secara tidak sadar banyak mengeluarkan uang. Bisa jadi karena kamu berpikir, work from home itu lebih hemat karena tidak perlu keluar ongkos.

Berikut beberapa tips yang mungkin menginspirasi kamu untuk hemat pengeluaran:

Olah makanan sisa

Kalau ada makanan sisa, olah kembali dengan kreatif. Misalnya nasi sisa semalam bisa diolah menjadi nasi goreng ketimbang dibiarkan tidak termakan dan akhirnya menjadi mubazir. Dengan selalu menghabiskan makanan yang kamu buat atau beli, kamu sudah menghemat banyak.

Kurangi penggunaan kartu kredit

hemat pengeluaran

Yes. Ini juga jadi strategi menghemat di era pandemi. Kalau kamu tipe orang yang suka lupa diri saat sedang berbelanja maka simpan dulu kartu kredit dan selalu gunakan uang tunai.

Jangan ketinggalan tips dan inspirasi bisnis, finansial, serta investasi dari Satu Tumbuh Seribu

Kartu kredit memang sebenarnya jadi metode yang praktis untuk pembayaran, tetapi karena pembayarannya belakangan, seringkali kita membeli barang yang tidak kita butuhkan karena berpikir, toh bulan depan ada uang. Buntut-buntutnya ketimbang hemat, kita malah boros.

Baca juga: Kiat Simpel Berinvestasi dengan Diet Ngopi

Mengatur ulang pos pengeluaran

Pengeluaran rumah tangga sangat berhubungan dengan pos-pos pengeluaran yang sudah disusun sebelum adanya pandemi.

Luangkan waktumu untuk mengutak atik ulang pos pengeluaran dan memindahkan dana ke pos yang lebih penting dan relevan di era pandemi. Misalnya pos pengeluaran untuk hangout bisa dipindah ke pos belanja harian karena kamu work from home dan sedang social distancing.

Selain itu pos biaya traveling bisa dipindah ke pos dana darurat yang pasti akan kamu butuhkan bila ada orang sakit atau keperluan dadakan lainnya.

Tidak selalu food delivery untuk hemat pengeluaran

hemat pengeluaran

Ini jadi godaan semua orang yang sedang work from home. Sedikit lapar langsung memesan makanan secara online. Padahal kamu tidak sadar sudah menghabiskan uang secara jor-joran.

Kamu mungkin berkilah: kan ada diskon dan promo. Sesekali tetap bisa kamu lakukan. Tapi kalau sampai sehari dua kali, itu namanya pemborosan dan akan membahayakan anggaran rumah tangga kamu. Mungkin sudah saatnya kamu lebih selektif sebelum memesan makanan, setidaknya sampai pandemi ini berakhir.

Kurangi penggunaan listrik dan air

Bekerja dari rumah ternyata lebih menghabiskan listrik dibanding ke kantor. Pengunaan lampu dan AC terus menerus misalnya cukup membuat kantong menjadi bolong. Yang bisa kamu lakukan adalah menghemat listrik dengan cerdas. Kamu bisa mencari ruangan di rumah yang terang untuk bekerja sehingga tidak perlu menyalakan lampu terus menerus, atau hanya menyalakan AC saat udara benar-benar panas.

Baca juga: Belajar Mengelola Gaji dari Seleb Dunia

Selain listrik pengunaan air juga harus dihemat. Kalau pun kamu mengunakan sumur air tanah, tetap saja buntut-buntutnya akan menghabiskan listrik. Kontrol pengunaan air bersamaan dengan menyalakan mesin air.

Kalau kamu mencuci satu helai pakaian, tidak perlu menggunakan mesin cuci karena akan menghabiskan air lebih banyak dari pada mencuci dengan tangan. Dalam masa pandemi seperti sekarang ini, mau tidak mau kamu memang harus hemat pengeluaran. Supaya gampang, kenapa tidak memulai dari hal-hal simpel?

Jangan ketinggalan tips dan inspirasi bisnis, finansial, serta investasi dari Satu Tumbuh Seribu