Tertarik Mencicil Emas? Pahami Dulu Plus Minusnya

295
mencicil emas

Pegadaian dan beberapa bank menawarkan program mencicil emas batangan. Bagi mereka yang ingin memiliki emas batangan namun kemampuan finansial pas-pasan, berita ini merupakan kabar baik.

Baca juga: Investasi Emas Kian Berkilau di Tengah Pandemi

Namun sebelum mulai mengajukan cicilan emas, ada baiknya memperhatikan hal-hal berikut:

Kemampuan membayar

Menurut Ayyi Achmad Hidayah, Founder dan CEO Ranesia Investment, kemampuan membayar cicilan atau pokok utang tentu menjadi pertimbangan utama. Pada dasarnya yang namanya kredit atau mencicil bisa meringankan. Namun yang harus diingat adalah jangan sampai cicilan yang diambil tidak bisa terbayar atau melebihi kemampuan pembayaran calon investor atau pembeli emas.

“Untuk itu, ada baiknya sebelum memutuskan mencicil emas lihat dulu kemampuan pelunasan kita. Idealnya cicilan atau utang tidak boleh melebihi 30% dari pendapatan bersih setiap bulannya,” ujarnya.

Jangan sampai niat investasi malah menjadi merugi karena salah perhitungan akibat tidak mampu membayar.

Investasi jangka panjang

mencicil emas

Ayyi menambahkan, investasi emas idealnya memang untuk jangka panjang. Sebagai produk safe haven, emas umumnya dijadikan cadangan untuk keadaan darurat. Di masa pandemi seperti sekarang ini, tren pergerakan harganya sangat baik sekali. Namun jika dalam keadaan normal memang cenderung flat. Maka dari itu, jika tidak ingin rugi sebaiknya diinvestasikan untuk jangka panjang.

Jangan ketinggalan tips dan inspirasi bisnis, finansial, serta investasi dari Satu Tumbuh Seribu

Kenaikan harga emas per tahun tidak terlalu signifikan karena mengacu pada inflasi dan dolar AS, sementara bunga cicilan emas atau margin kredit emas tetap. Misalnya kenaikan harga emas setahun hanya 5% tapi bunga cicilan emas 12% per tahun, tentu dipandang dari sudut investasi, hal ini tidaklah ideal. Kecuali dalam situasi krisis ekonomi seperti saat ini harga emas melambung tinggi yaitu naik lebih dari 16% sejak awal tahun hingga pertengahan Juni lalu.

Baca juga: Tiga Resep Hindari Investasi Emas Abal

Momentum mencicil emas

Nilai pembelian emas untuk cicilan ditentukan nilai emas saat mulai cicilan. Karena itu momentum juga harus menjadi pertimbangan sebelum kamu mengambil cicilan emas. Jangan mengambil cicilan emas saat harga emas sedang melambung tinggi seperti saat ini karena jumlah cicilan kamu akan menjadi besar. Tunggu saat harga emas menurun dari level tertinggi dan jangan mencicil saat harga emas mencetak rekor.

“Momentum juga berpengaruh, jika kita ingin mendapatkan harga terbaik,” urai Ayyi.

Emas dimiliki setelah lunas

Emas yang kamu cicil tidak bisa segera kamu miliki sebelum kamu melunasi cicilan. Berbeda dengan cicilan sepeda motor atau mobil di mana kedua benda ini bisa kamu pakai selama masa cicilan. Emas awalnya dibeli oleh pihak pegadaian atau bank kemudian disimpan oleh bank atau pegadaian sampai cicilan lunas. Sertifikat Logam Mulia yang dikeluarkan oleh PT Antam dipegang oleh pihak bank pula dan diserahkan saat cicilanmu lunas. Selama masa cicilan kamu hanya mendapatkan salinan sertifikatnya.

Emas hilang jika gagal melunasi cicilan

Karena emas merupakan jaminan dari pinjaman maka saat debitur tidak bisa melunasi cicilan sesuai perjanjian, bank akan melelang emas. Hasil lelang digunakan untuk melunasi sisa kewajiban kepada bank.

Adanya uang muka

Seperti halnya kredit kendaraan bermotor atau KPR, cicilan emas ini mensyaratkan adanya uang muka karena pembiayaan dari bank/pegadaian hanya 75%-80% dari nilai emas yang akan dibeli. Dengan kata lain, kamu harus menyediakan dana sendiri sebesar 20%-25% dari harga emas yang sudah harus siap sebelum proses akad kredit dilakukan.

Perbedaan Tabungan Emas dan Mencicil Emas

Sebelum kamu mengambil cicilan emas ada baiknya untuk membandingkan dengan produk yang mirip yang juga dikeluarkan Pegadaian dan perbankan yaitu Tabungan Emas.

  1. Pada Tabungan Emas maka pihak Penabung tidak memiliki kewajiban menyisihkan uang tiap bulannya. Berbeda dengan Cicilan Emas di mana kita harus membayar cicilan per bulannya.
  2. Prinsip memiliki barang tidak berbeda yaitu dengan mencicil dan bisa dimiliki setelah mencapai nilai yang ditetapkan, namun di Tabungan Emas kamu bisa menabung atau top up dengan nilai terkecil 0,01 gram yang jika dirupiahkan dengan mengacu harga emas per 1 gram saat ini Rp858.000, yaitu Rp8500. Sementara di Cicilan Emas, kewajiban membayar per bulannya sama.
  3. Tabungan emas tidak mengenal jangka waktu sementara di Cicilan Emas jangka waktu angsuran mulai 3 bulan hingga 36 bulan.

Baca juga: Kartu Kredit untuk Berinvestasi Emas? Bisa Kok

Ayyi memberi catatan penting di mencicil emas ini. Yaitu untuk investasi idealnya kita menggunakan dana lebih dari pendapatan yang kita hasilkan setiap bulannya. Karena pada prinsipnya, investasi dan utang adalah dua hal yang bertolak belakang.

“Jangan sampai kenekatan kita berinvestasi dengan menggunakan dana utangan menjadi kontra produktif. Alih-alih ingin mendapatkan untung malah bisa buntung karena dua kali rugi, tidak bisa membayar utang dan investasi hilang,” pungkasnya.

Pilihan ada di tanganmu sebelum mengambil kredit emas ini. Setiap produk keuangan tentu memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing.

Jangan ketinggalan tips dan inspirasi bisnis, finansial, serta investasi dari Satu Tumbuh Seribu