Ramuan Ampuh Hadapi Krisis Ekonomi

252
krisis ekonomi

Pandemi virus Covid-19 ternyata masih panjang. Per Juli 2020 di Indonesia saja kasus positif virus mematikan ini mencapai lebih dari 1.000 kasus setiap harinya. Tak pelak pandemi ini menimbulkan kekhawatiran bahwa krisis ekonomi global sudah di depan mata. Perekonomian global yang morat marit dan bursa saham yang mengalami kerontokan parah sudah menjadi pertanda kalau semua harus bersiap dengan kemungkinan terburuk.

Baca juga: Rahasia Pengusaha Ngetop Bangkit Setelah Krisis

Krisis mungkin sulit dihindari, tetapi kamu bisa mempersiapkan diri menghadapi krisis ekonomi dengan beberapa tips sederhana di bawah ini:

Hidup hemat dan atur ulang keuangan

krisis ekonomi

Kalau sebelumnya kamu hidup jor-joran, saatnya mengerem diri untuk lebih hemat. Daripada uang dihabiskan untuk hal-hal tidak perlu, lebih baik ditabung atau dibelikan barang yang sesuai keperluan.

Penghematan sangat penting karena kita tidak tahu apa yang akan terjadi saat krisis. Bisa saja tiba-tiba mengalami pemutusan hubungan kerja (PHK) atau tidak digaji selama beberapa waktu.

Dengan berhemat, kita bisa mengurangi dampak yang paling buruk untuk kondisi keuangan kita saat ini. Setidaknya dana yang kita miliki bisa mencukupi sampai krisis berlalu.

Pilih investasi yang gampang dicairkan

Salah satu investasi yang disarankan karena gampang cair adalah emas.

Jangan ketinggalan tips dan inspirasi bisnis, finansial, serta investasi dari Satu Tumbuh Seribu

Selama memungkinkan, kamu bisa membeli emas secara rutin untuk disimpan. Sehingga ketika kamu membutuhkan uang, kamu tinggal menjual emas itu, tentu saja dengan harga yang biasanya lebih tinggi.

Kalau membeli emas, disarankan dengan ragam berat yang berbeda, sehingga saat menjualnya bisa sesuai kebutuhan.

Lebih baik lagi membeli emas dalam bentuk batangan ketimbang perhiasan, karena ongkos pembuatan lebih murah.

Hindari berutang

Tundalah berutang untuk sementara. Kalau pun memang harus berutang, kamu bisa meminjam dari orang-orang dekat karena pastinya tidak dikenakan bunga yang membuat utangmu berlipat.

Justru saat ini kamu harus fokus menyelesaikan utang yang sudah duluan ada sehingga tidak gagal bayar dan didenda.

Bila kamu memutuskan mengambil kredit, itu artinya kamu punya konsekuensi membayarnya dengan disiplin, sementara kondisi keuangan global saja belum bisa menjamin kalau keuangan dunia akan tetap stabil.

Perbanyak dana darurat persiapan krisis ekonomi

krisis ekonomi

Buat kamu yang belum paham apa itu dana darurat, definisi sederhananya adalah dana yang dipersiapkan untuk keperluan tak terduga. Dana ini berbeda dengan tabungan, meskipun sama-sama disisihkan setiap bulan.

Kalau kamu memiliki dana darurat yang cukup, kamu tidak perlu mengganggu dana tabungan.

Nah, untuk menghadapi krisis, mulailah untuk memiliki dana darurat. Dana ini akan membantu saat kamu sakit, mobil masuk bengkel, dan lain-lain.

Baca juga: Arungi Masa Kritis, Bijak Gunakan Dana Darurat

Miliki asuransi kesehatan

Kalau sebelumnya kamu menyepelekan pentingnya asuransi, ini saat yang tepat untuk mulai mengasuransikan diri. Asuransi akan membantu saat kamu sakit dan membutuhkan dana yang banyak.

Saat ini makin mudah mengakses asuransi, terutama asuransi kesehatan. Semua bisa dilakukan secara online dengan dana yang terjangkau alias tidak membuat kocek menjadi bolong.

Memiliki asuransi juga menjadi pengaman saat krisis ekonomi tiba. Minimal kamu tidak perlu mengeluarkan biaya bila sakit. Selain itu, kamu juga terlindungi bila sakit di saat pandemi Covid-19 ini.

Persiapan mental

Krisis bukan harus dihadapi dengan kesiapan keuangan saja, melainkan juga kesiapan mental. Jangan sampai kamu malah stres dan panik sehingga akan berimbas pada kesehatan fisik dan imunitas.

Idealnya kamu harus mempersiapkan diri untuk lebih tenang. Baik juga mulai memberi pengertian pada keluarga tentang krisis sehingga mereka juga dapat menerapkan pola hidup yang lebih irit.

Baca juga: Aset Safe Haven, Penyelamat Krisis yang Diburu Investor

Krisis ekonomi memang sudah di depan mata. Namun bukan berarti kamu tidak punya waktu mempersiapkan diri. Dengan persiapan yang matang, kamu tidak akan khawatir dan lebih tenang menghadapi segala kemungkinan, termasuk kemungkinan terburuk.

Jangan ketinggalan tips dan inspirasi bisnis, finansial, serta investasi dari Satu Tumbuh Seribu