Cukupkah Asuransi Kendaraan untuk Para Pemiliknya?

143
Asuransi kendaraan

Asuransi tentu sangat berguna untuk membantu kita mengatasi risiko finansial yang muncul akibat sebuah peristiwa dalam hidup. Risiko yang dimaksud bisa berupa kehilangan aset, kecelakaan, hingga meninggal dunia.

Seorang pemilik kendaraan sudah sebaiknya memiliki asuransi untuk melindungi aset motor yang ia miliki maupun dirinya sendiri dari setiap risiko yang terjadi.

Mari simak berbagai hal penting yang harus diperhatikan seputar kepemilikan asuransi kendaraan bermotor, asuransi kecelakaan diri, dan asuransi jiwa yang mungkin saja diabaikan oleh para pemilik kendaraan selama ini.

Baca juga: Tips Memilih Asuransi Kendaraan Terbaik

Asuransi kendaraan lindungi pengeluaran

Pernahkah membayangkan, berapa Rupiah uang yang harus Anda keluarkan apabila kendaraan kesayangan Anda harus menjalani reparasi total karena kecelakaan? Tentu saja Anda akan keluar biaya yang luar biasa besar untuk hal ini.

Selain risiko kerusakan, pemilik kendaraan juga berpotensi mengalami risiko pencurian kendaraan bermotor.

Ketika kendaraan Anda hilang, maka uang dalam jumlah besar yang sudah dikumpulkan bertahun-tahun untuk membeli aset itupun lenyap tak tersisa.

Dengan memiliki asuransi kendaraan, perusahaan asuransi akan memberikan uang penggantian untuk kita sesuai dengan harga mobil atau motor Anda saat ini. Risiko finansial yang Anda alami karena kehilangan atau kerusakan total motor Anda, akan dipindahkan atau dibagi ke perusahaan asuransi.

Jangan ketinggalan tips dan inspirasi bisnis, finansial, serta investasi dari Satu Tumbuh Seribu

Baca juga: Checklist: Seberapa Paham Anda Mengenal Asuransi?

Ketahui pula dengan baik, terdapat dua jenis asuransi kendaraan yaitu asuransi all risk dan total loss only (TLO). All risk akan memberikan manfaat atas segala risiko yang terjadi, seperti mogok, rusak, tabrakan atau sekedar lecet.

Asuransi kendaraan

Berbeda dengan jenis lainnya, TLO hanya menanggung jika kendaraan hilang dicuri, atau mengalami kerusakan melebihi 75% dari harga kendaraan tertanggung di pasaran.

Terkait asuransi ini, umumnya beberapa asuransi hanya berlaku untuk motor dengan penggunaan sehari-hari dalam artian bukan untuk keperluan bisnis/niaga atau transportasi online.

Bila memang Anda berniat menggunakan kendaraan Anda untuk menjadi armada transportasi online, pastikan Anda telah memberitahu pihak asuransi terkait.

Apabila mengalami kecelakaan saat berkendara, Anda akan keluar dana yang juga besar

Bukan hanya kendaraan yang rusak ketika kita mengalami kecelakaan, nyawa dan keselamatan kita pun bisa terancam.

Pengendara terpaksa mengeluarkan biaya yang cukup besar untuk pengobatan atau perawatan rumah sakit. Dan, yang lebih parah dari itu adalah pengendara dapat mengalami cacat, atau meninggal dunia karena peristiwa ini.

Saat si pengendara menderita cacat total atau meninggal dunia, dan dia adalah seorang pencari nafkah dalam keluarga, maka keluarga yang ditinggalkannya akan kehilangan pendapatan bulanan. Pahami pula dengan baik bahwasannya, bukan hanya harta yang menjadi warisan si pencari nafkah, melainkan juga utang tertunggak.

Oleh karena itu, wajib sekali bagi pemilik kendaraan yang juga merupakan pencari nafkah untuk memiliki asuransi jiwa yang disertai dengan manfaat perlindungan kecelakaan (personal accident).

Asuransi kecelakaan adalah produk asuransi yang memberikan uang santunan jika tertanggung mengalami kecelakaan yang menyebabkan meninggal dunia, cacat tetap, atau perawatan medis.

asuransi kendaraan

Kecelakaan yang dimaksud adalah kejadian yang disebabkan oleh cedera fisik dan terjadi secara langsung. Bisa berupa kecelakaan lalu lintas, kecelakaan kerja, atau hanya sebatas seperti terpeleset di kamar mandi saja.

Manfaat yang didapat para pemilik asuransi kecelakaan bisa berupa penggantian biaya pengobatan, santunan ketika tertanggung mengalami cacat tetap, hingga meninggal dunia.

Baca juga: Mari Kenali Apa Saja Jenis Asuransi Yang Bisa Dipilih?

Santunan yang diberikan perusahaan asuransi ke keluarga tertanggung tentu sangat bermanfaat sebagai biaya hidup, maupun dana untuk balik nama aset dan lain sebagainya.

Pada intinya, asuransi akan menjadi sebuah proteksi akan potensi kecelakaan yang dapat mengganggu stabilitas keuangan dan proses tujuan finansial. Meski demikian pandangan bahwa  kendaraan sebagai salah satu aset berharga membuat proteksi akan aset menjadi salah satu hal yang sangat penting untuk dilakukan sedari dini.

Itulah hal yang patut Anda ketahui seputar kepemilikan asuransi kendaraan dan kecelakaan serta jiwa. Pastikan saja bahwa selain kendaraan terlindungi, Anda pun juga harus terlindungi.

Jangan ketinggalan tips dan inspirasi bisnis, finansial, serta investasi dari Satu Tumbuh Seribu