Tingkatkan Financial Health untuk Masa Depan yang Lebih Baik dengan ke-7 Cara Ini

108
financial health

Financial health atau kesehatan finansial memang menjadi topik yang selalu menarik untuk dibahas. Ini karena uang merupakan bagian yang sangat penting dari kehidupan manusia. Memiliki kondisi finansial yang sehat akan berdampak pada kehidupan yang lebih baik juga.

Tapi, apakah kamu sudah memahami konsep dari financial health itu sendiri?

Sebelum membahas lebih jauh tentang financial health dan apa saja yang bisa kamu lakukan untuk meningkatkannya, perlu untuk mengetahui apa yang dimaksud dengan financial health.

Baca juga: Pentingnya Literasi Keuangan & Cara Agar Perempuan Bisa Menuju Financial Freedom

Christina Klenotic, seorang wakil presiden senior dan kepala merek dan kemitraan strategi dari Laurel Road berkata bahwa mencapai kesehatan finansial tidak sama dengan menjadi kaya. Kadang inilah yang sering tidak dipahami oleh banyak orang.

Memiliki finansial yang sehat tidak sama dengan menjadi kaya. Yuk, pahami lebih dalam tentang financial health dan bagaimana cara untuk meningkatkannya.

Apa Itu Financial Health?

financial health

Financial health adalah hubungan yang kamu miliki dengan uangmu, dimana keduanya bisa bekerja sama dengan baik. Kamu dikatakan sudah mencapai kesehatan finansial jika uang bekerja untukmu, bukan menjadi beban untukmu.

Jangan ketinggalan tips dan inspirasi bisnis, finansial, serta investasi dari Satu Tumbuh Seribu

Jadi kuncinya ada pada interaksi antara dirimu dan uang yang kamu miliki. Misalnya dengan menentukan apa tujuan finansialmu dalam hidup dan berapa banyak uang yang kamu butuhkan untuk mencapai tujuan tersebut.

Selain itu, financial health juga mencakup bagaimana kamu memahami peranan uang dalam hidupmu dan bagaimana uang mempengaruhi hubunganmu dengan orang lain, pekerjaan, hingga kebahagiaanmu.

Yang lebih penting lagi, financial health adalah bagaimana kamu bisa mengendalikan keuangan pribadi dan mengambil peran aktif untuk membangun masa depan dan mendekatkanmu pada financial freedom.

Cara Meningkatkan Financial Health

financial health

Kondisi finansialmu akan terus berubah karena pengaruh dari berbagai macam faktor yang ada. Lakukan beberapa cara berikut ini untuk meningkatkan kondisi kesehatan finansialmu.

1. Meningkatkan literasi finansial

Literasi finansial adalah modal pengetahuan yang sangat penting. Dengan pengetahuan ini, kamu bisa memahami bagaimana cara kerja uang, dan yang lebih penting lagi adalah bagaimana cara menerapkan pengetahuan tersebut.

Pengetahuan yang harus kamu miliki meliputi bagaimana cara mengelola utang, berinvestasi, menabung, dan membelanjakan uang. Dengan memiliki literasi finansial yang cukup, kamu akan tahu bagaimana menjadi konsumen yang bijak dalam membelanjakan uangmu.

Literasi finansial tidak sekedar memahami istilah-istilah finansial saja, tetapi lebih kepada memahami pengelolaan uang dan menghindari kesalahan-kesalahan yang mungkin kamu lakukan dalam keuangan.

Baca juga: Checklist Finansial agar Keuangan Kamu Tetap Kuat Hadapi Pandemi

2. Tentukan tujuan finansial

Setiap orang harus punya tujuan finansial, karena ini salah satu motivasi terbesar untuk mencapai financial health. Dalam menentukan tujuan finansial, kamu harus tetap realistis. Artinya, tujuan tersebut bisa kamu capai dalam beberapa tahun ke depan.

Jika kamu tidak tahu bagaimana cara menentukan tujuan finansial, kamu bisa memulainya dengan menanyakan beberapa hal berikut pada dirimu:

  • Apa yang kamu ingin uangmu lakukan untukmu?
  • Apa saja yang termasuk prioritas finansialmu?
  • Kamu ingin menggunakan tabunganmu untuk apa? Liburan, membeli mobil baru, atau rumah?
  • Apakah kamu menabung untuk jangka panjang, misalnya untuk persiapan masa pensiun?

Tujuan finansial biasanya lebih dari satu. Tentukan tujuan jangka pendek (1-2 tahun mendatang), jangka menengah (3-5 tahun mendatang), dan jangka panjang. Jika kamu sudah punya pasangan, maka libatkan juga pasanganmu dalam penyusunan rencana tersebut.

3. Tinjau lagi anggaran bulanan yang sudah dibuat

Membuat anggaran pengeluaran bulanan adalah cara untuk memastikan keuanganmu tetap sehat. Ini adalah langkah awal yang sangat baik, namun jangan hanya berpatokan pada anggaran yang sama sepanjang tahun.

Kamu harus meninjau kembali anggaran yang sudah kamu buat setiap bulan (atau bahkan setiap minggu, sesuai kebutuhan). Dengan melihat kembali pengeluaran dan anggaranmu pada bulan sebelumnya, kamu bisa melakukan penghematan untuk segera mencapai tujuan finansial.

Meninjau lagi anggaran yang sudah ada akan sangat membantu, terutama jika keuanganmu sedang bermasalah dan kamu harus memangkas pengeluaran.

4. Bebaskan diri dari utang secara perlahan

Kalau kamu sedang punya utang atau cicilan, maka melunasi semua utang yang kamu miliki adalah prioritas utama untuk mencapai financial health. Bentuk utang ada banyak lho. Misalnya cicilan mobil atau rumah, cicilan kartu kredit, dan masih banyak lagi.

Jika utang tersebut nilainya besar, seperti cicilan rumah, mungkin kamu butuh waktu sedikit lama untuk melunasinya. Kamu harus bisa mengukur kemampuanmu dalam membayar utang yang kamu miliki dan memprediksi kapan utang tersebut lunas.

Melunasi utang harus diutamakan daripada investasi atau menabung. Kamu bisa melakukannya secara bersamaan, namun membayar cicilan utang tepat waktu harus jadi prioritas utama yang tidak bisa ditawar.

5. Mulailah berinvestasi

Setelah kamu merasa kondisi keuanganmu cukup stabil, kamu boleh mulai berinvestasi. Ukuran stabil untuk setiap orang berbeda. Namun, jika kamu sudah memiliki cukup tabungan, tidak terlilit utang yang membebani, dan bisa membiayai hidup sehari-hari dengan lancar, maka bisa dikatakan keuanganmu sudah stabil.

Saat itu kamu sudah bisa mulai investasi. Sebagai persiapan, kamu boleh belajar tentang berbagai macam instrumen investasi yang ada, sehingga ketika kamu sudah punya cukup uang nanti, kamu tahu harus memulai investasi dari mana.

Baca juga: Seberapa Paham Anda Tentang Investasi Saham?

6. Identifikasi financial gap

Financial gap dalam hal ini bisa diartikan sebagai hal-hal yang belum kamu persiapkan dalam keuanganmu. Misalnya tentang dana pensiun yang belum siap, dan lain sebagainya.

Mampu mengidentifikasi financial gap adalah langkah penting dalam meningkatkan financial health. Kenali masalah apa saja yang kamu hadapi dalam keuanganmu, sehingga kamu bisa memprioritaskan mereka sebagai sesuatu yang harus segera diselesaikan.

7. Konsultasi pada financial advisor

Jika kamu merasa kesulitan untuk mengatur keuanganmu, termasuk menabung, membayar utang, hingga investasi, jangan segan untuk meminta bantuan pada ahlinya. Kamu bisa menggunakan jasa financial advisor yang akan menganalisis keuanganmu dan membantumu menemukan solusi terbaik. Tentu saja kamu juga harus menyiapkan budget khusus untuk jasa mereka.

Itu dia konsep tentang financial health dan hal-hal apa saja yang bisa kamu lakukan untuk meningkatkannya. Mencapai kondisi finansial yang sehat bukanlah sesuatu yang mudah, sehingga kamu memerlukan usaha yang lebih untuk bisa sampai di sana. Jangan berhenti untuk terus belajar mengenai pengelolaan finansial, dan yang tidak kalah penting adalah memahami kondisi keuanganmu sendiri.

Jangan ketinggalan tips dan inspirasi bisnis, finansial, serta investasi dari Satu Tumbuh Seribu