10 Mindset Finansial yang Harus Kamu Miliki Untuk Keuangan Lebih Sehat

408
mindset finansial

Siapa di antara kamu yang tidak ingin punya keuangan yang sehat? Tentu tidak ada, bukan? Dengan kondisi finansial sehat, maka kehidupanmu akan berjalan lebih baik juga. Tetapi hal itu tidak datang begitu saja lho. Keuangan yang sehat datang dari mindset finansial yang tepat.

Mindset atau pola pikirmu terhadap uang sangat mempengaruhi kegagalan atau kesuksesanmu secara finansial. Inti dari pola pikir finansial adalah tentang bagaimana peranan uang dalam kehidupanmu dan bagaimana kamu mengelolanya.

Yuk, simak mindset finansial seperti apa yang harus kamu miliki agar kamu sukses dalam keuanganmu!

1. Uang adalah alat, bukan tujuan finansial

mindset finansial

Ini dia yang pola pikir pertama yang harus dimiliki. Banyak orang yang memiliki pandangan keliru yaitu dengan menjadikan uang sebagai tujuan mereka. Padahal uang harus diperlakukan selayaknya kendaraan yang akan mengantarmu ke tujuan finansial yang sesungguhnya.

Inilah mengapa punya tujuan finansial adalah hal yang sangat penting. Saat kamu sudah punya tujuan yang jelas akan lebih mudah untuk kamu menentukan cara-cara apa saja yang harus ditempuh untuk cepat sampai ke sana.

Kuncinya ada pada mengelola uang dengan baik, tahu bagaimana menyusun prioritas keuangan, dan selalu berjaga-jaga untuk kondisi darurat yang tidak diinginkan.

2. Pengalaman lebih baik dari materi

Setelah kamu memenuhi kewajiban seperti menabung, membayar utang, bahkan berhasil menambah pendapatan, kamu boleh sedikit “bersenang-senang”. Dalam hal ini bukan sesuatu yang berbentuk materi, namun pengalaman yang tidak bisa dibeli dengan uang.

Jangan ketinggalan tips dan inspirasi bisnis, finansial, serta investasi dari Satu Tumbuh Seribu

Misalnya kamu memilih bersenang-senang dengan liburan ke tempat impianmu. Atau kamu memilih menjenguk orang tua dan keluargamu yang tinggal berjauhan. Kedua hal ini memberikan sebuah kepuasan yang tidak akan pernah kamu temukan dan dapatkan dari materi.

Baca juga : Pentingnya Literasi Keuangan & Cara Agar Perempuan Bisa Menuju Financial Freedom

3. Berpikir jangka panjang dan besar

Bicara soal uang, jangan hanya berpikir sampai besok atau bulan depan saja. Apa yang kamu lakukan dengan uangmu hari ini akan berdampak besar pada kehidupanmu bertahun-tahun mendatang.

Jadi, jangan hanya berpikir untuk hari esok, tapi berpikirlah untuk jangka panjang dan berpikir untuk sesuatu yang lebih besar. Hal-hal seperti bagaimana kehidupan yang ingin kamu berikan pada keluargamu, apakah kamu ingin terjebak dalam utang, hingga bagaimana kamu ingin menjalani masa tuamu adalah segala sesuatu yang harus kamu pikirkan mulai hari ini.

4. Semua harus berinvestasi

Kini kamu harus mulai memikirkan bagaimana caranya uangmu bekerja untukmu, sehingga kamu tidak harus terus bekerja untuk mendapatkan uang. Cara untuk meraihnya adalah dengan berinvestasi.

Teknologi yang semakin canggih memudahkan kamu untuk melakukan investasi dengan berbagai macam cara. Jika kamu belum punya pengalaman investasi sama sekali, ada banyak cara untuk mempelajarinya. Tidak ada alasan untuk tidak berinvestasi mulai dari sekarang.

Semakin awal kamu memulai investasi, maka semakin panjang waktu yang kamu miliki dan semakin besar pula potensimu untuk sukses dalam berinvestasi.

5. Setiap orang punya kondisi finansial berbeda

Di era internet dimana orang bisa mengekspos kehidupan pribadi mereka, akan sangat mudah untuk bagimu membandingkan kehidupanmu dengan kehidupan mereka. Seringkali kamu akan merasa bahwa kehidupan orang lain lebih baik darimu.

Pola pikir inilah yang harus kamu ubah. Berhentilah untuk membandingkan dirimu dengan orang lain karena kondisi finansial setiap orang tidak sama. Daripada terus-terusan mengkhawatirkan hal-hal semacam itu, sebaiknya kamu fokus pada tujuan finansialmu sendiri dan bagaimana cara membuat keuanganmu jadi lebih baik.

Baca juga : Tingkatkan Financial Health untuk Masa Depan yang Lebih Baik dengan ke-7 Cara Ini

6. Ciptakan dan jalani kebiasaan baik

mindset finansial

Tujuan finansial hanya bisa dicapai dengan kebiasaan yang baik. Setiap orang pasti punya kebiasaan finansial yang berbeda. Coba deh kamu evaluasi bagaimana kebiasaanmu terhadap uang selama ini.

Jika kamu merasa kamu belum menjalani kebiasaan baik, maka ciptakan kebiasaan baru mulai sekarang. Yang tidak kalah penting, kamu harus serius dalam menjalaninya. Luangkan waktu beberapa jam dalam sehari untuk mengelola uang yang kamu miliki.

Misalnya dengan mencatat pendapatan dan pengeluaran pada hari itu, kemudian melihat lagi pengeluaranmu bulan sebelumnya. Agar lebih mudah, kamu bisa menentukan jam tertentu setiap hari. Misalnya kamu harus mengecek keuanganmu di malam hari setelah kamu selesai beraktivitas.

Tapi ingat ya, bagian terberat dari kebiasaan yang baik adalah menjalankannya dengan penuh komitmen. Meskipun di tengah-tengah nanti terasa berat, kamu tidak boleh menyerah dan harus terus mempertahankan kebiasaan baik ini.

7. Bersyukur di semua keadaan

Rasa syukur yang kamu miliki atas kondisi finansialmu adalah mindset dan kebiasaan yang harus dimiliki setiap orang. Terlepas dari apapun kondisimu saat ini, afirmasi positif dan bersyukur akan membuat energi positif datang padamu.

Mulailah dengan menuliskan satu hal yang kamu syukuri secara finansial dan personal setiap harinya. Tuangkan semua perasaanmu dalam diari finansial tersebut, termasuk saat kamu merasa sedih dan kecewa dengan keuanganmu atau segala situasi yang terjadi dalam hidupmu.

8. Berbuat kesalahan adalah hal wajar

Rasanya tidak ada seorangpun di dunia ini yang tidak pernah membuat keputusan buruk dalam keuangan mereka. Bahkan seorang miliarder yang kaya raya sekalipun pasti pernah berbuat kesalahan. Berbuat kesalahan adalah hal yang wajar.

Yang terpenting kamu bisa belajar dari kesalahan tersebut dan memastikan kamu tidak akan pernah mengulanginya lagi di masa depan. Jangan terlalu lama menyesali kesalahan yang pernah kamu buat. Fokuslah pada tujuan dan terus melangkah ke depan.

9. Uang harus dikelola dengan baik

Kamu harus aktif dalam mengelola keuanganmu. Meski kini kamu sudah dimudahkan dengan banyaknya pembayaran otomatis, kamu harus tetap meninjau kembali semua aspek dalam keuanganmu. Bandingkan pengeluaran bulan ini dengan bulan sebelumnya, lalu cari tahu perubahan yang terjadi dan apakah kamu perlu memperbaikinya.

Baca juga : Memaksimalkan Investasi Reksa Dana Saham

10. Jangan lupa kebahagiaan diri sendiri

Ini dia yang kadang dilupakan banyak orang. Mereka terlalu fokus dalam mendapatkan uang dan meraih tujuan finansial, namun melupakan kebahagiaan mereka sendiri. Dalam proses menuju kemerdekaan secara finansial, dirimu tetap harus bahagia. Misalnya, kamu harus menikmati proses yang kamu jalani dalam mendapatkan uang dan tidak memaksakan diri di dalam suatu keadaan yang membuat dirimu tertekan.

Membentuk mindset finansial bukan perkara mudah lho. Diperlukan komitmen yang tinggi untuk kamu bisa menjalankannya. Tetapi tidak ada hal baik yang datang dengan cara yang mudah bukan? Terus semangat dan optimistis demi finansial yang lebih baik!

Jangan ketinggalan tips dan inspirasi bisnis, finansial, serta investasi dari Satu Tumbuh Seribu